Kejadian-kejadian aneh yang terjadi di berbagai belahan bumi mulai bermunculan. Entah itu hewan unik yang belum pernah ada sebelumnya atau peristiwa alam yang nggak bisa masuk ke logika. Fenomena tersebut muncul begitu saja dan banyak yang belum terkuak apa penyebabnya.

Dari peristiwa yang ada, banyak orang mengaitkan hal ini dengan semakin dekatnya hari kiamat. Ya mungkin aja, tapi pasti ada penyebab di balik semua fenomena itu. Misalnya peristiwa yang muncul akhir-akhir ini yaitu Gurun Sahara diselimuti salju. Kira-kira kenapa ya? Dan fenomena apa aja yang membuat orang berfikir kiamat sudah dekat?

1. Keringnya Gurun Sahara akhirnya diselimuti oleh salju

Benar-benar nggak disangka aja, gurun yang terkenal tandus itu dituruni salju secara tiba-tiba. Peristiwa yang terjadi di tanggal 7 Januari 2018 ini menggegerkan warga yang tinggal dekat padang pasir tersebut. Suhu gurun yang tiba-tiba dingin menyebabkan salju turun dan mengendap cukup tebal di gundukan pasirnya.

Gurun Sahara yang diselimuti salju [image source]
Pemimpin daerah setempat mengatakan penyebab turunnya salju bukanlah hal yang nggak masuk akal. Ternyata itu adalah pengaruh dari Badai Eleanor yang terjadi beberapa minggu lalu di Eropa Barat. Sehingga angin yang berhembus bergerak dan melewati sebagian wilayah dari Gurun Sahara tersebut.

2. Gunung Es Antartika yang Kokoh menjadi cair

Berbagai negara di dunia sangat khawatir jika Gunung Es Antartika meleleh. Itu semua karena dampak yang ditimbulkan sangatlah besar. Beberapa daerah yang berdekatan dengan laut akan tenggelam, bahkan bisa aja menghilang. Dan ternyata hal ini telah terjadi pada akhir tahun 2017.

Gunung es Antartika yang mulai mencair [image source]
Penyebab terbesar dari Gunung Es yang mencair ini adalah pemanasan global. Peningkatan suhu bumi ini merupakan akibat dari ulah manusia juga. Rumah kaca yang berdiri di mana-mana dan polusi dari kendaraan adalah faktor utama terjadinya global warming. Yuk mulai sekarang sayangi bumimu.

3. Tiba-tiba muncul kebun bunga di tandusnya Gurun Atacama

Mungkin belum banyak yang tau dengan Gurun Atacama. Itu adalah padang pasir terkering yang berada di belahan utara Negara Chile, Amerika Selatan. Kalau tertandus, pasti kalian berfikir kalau ia nggak bisa ditumbuhi tanaman apapun. Tapi nyatanya Gurun ini ditumbuhi kurang lebih 200 spesies tanaman. Kok bisa?

Gurun Atacama berbunga untuk pertama kali [image source]
Ya, fenomena ini bernama desierto florido atau biasa disebut gurun yang berbunga. Kejadian unik tersebut terjadi setiap lima atau tujuh tahun sekali. Ini disebabkan hujan yang turun terus menerus sehingga bibit-bibit bunga yang ada di dalam tanah bisa tumbuh dengan subur. Karena padang tandus itu telah berubah menjadi taman bunga, nggak heran banyak pengunjung yang datang ke tempat itu sampai saat ini.

4. Gersangnya Gurun Arab dialiri sungai bercampur es

Daerah Timur Tengah terkenal dengan suhunya yang panas dan tanahnya yang kering. Jadi jangan ditanya kalau kita lebih banyak melihat gurun daripada sungai. Tetapi kalau kalian tiba-tiba melihat aliran sungai di tengah-tengah gurun bagaimana?

Ini benar-benar terjadi di tempat yang bernama Gurun Arab. Nggak hanya aliran air , tetapi bercampur dengan gumpalan es yang seukuran kelereng. Penduduk setempat meyakini bahwa ini terjadi karena akibat dari hujan deras selama beberapa minggu. Hujan tersebutlah yang menjadi pemicu dari sungai es yang mengalir di Gurun Arab.

5. Panasnya Kota Mekkah dan Madinah yang dituruni salju

Kejadian turunnya salju di Kota Mekkah dan Madinah membuat heboh seluruh dunia. Suhu yang panas di Kota suci itu sangat mustahil jika dituruni salju. Banyak orang yang tak percaya dan menganggap berita itu adalah hoax.

Mekkah yang tiba-tiba turun salju [image source]
Profesor Alfred Kroner berpendapat bahwa tidak ada yang aneh dari kejadian ini. Ia menganggap bahwa Era Salju Baru telah dimulai. Yang awalnya berasal dari Kutub Utara menjadi bergeser ke arah Semenanjung Arab. Salju yang menutupi dua kota tersebut akan memicu tumbuhnya tanaman. Sehingga jangan heran jika daerah Timur Tengah yang awalnya tandus menjadi padang rumput yang subur.

Fenomena unik yang ada sekarang ini memang menghebohkan banyak orang. Ada yang berfikir bahwa ini hanya kebetulan, ada juga yang berpendapat kalau kiamat sudah dekat. Meski ada beberapa keadaan alam yang siklusnya nggak normal, semua ada penjelasan ilmiahnya. Mudah-mudahan siklus alam kembali pada peredarannya lagi. Sehingga tidak terjadi keanehan-keanehan yang bikin panik.