Peperangan antar satu negara dan negara lainnya sangat sering terjadi pada zaman dahulu kala. Pemicu terjadinya perang tersebut biasanya hanya karena masalah perbatasan wilayah negara, ancaman teror, agresi dari negara dengan militer terkuat, hingga alasan politis yang berujung pada kekuasaan dan kekayaan semata.

Di balik negara-negara yang sering terlibat konflik militer, baik di masa silam maupun saat ini, terdapat beberapa kawasan atau wilayah yang masih dalam status sengketa perbatasan, dan ini bisa menjadi penyebab terjadinya perang dunia III. Mulai dari konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel hingga ajang saling klaim atas kepemilikan sebuah laut. Lalu bagaimana kabarnya dengan Indonesia? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Konflik Timur Tengah antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza

Untuk meredam serangan dari pihak Palestina yang diwakili oleh HAMAS, otoritas pemerintah Israel telah membangun sejumlah penghalang yang terbuat dari beton di sepanjang jalur Gaza, suatu kawasan merah yang paling legendaris dalam sejarah konflik kedua negara. Pembangunan tersebut bahkan diperluas hingga terowongan bawah tanah.

Artikel Lainnya
Mengenal Delusion of Grandeur, Penyakit Langka yang Menyerang Ratu Kerajaan Ubur-ubur
Ganas di Lapangan, Pemain Ini Juga Tidak Lupakan Amalan Saat Hari Raya Idhul Adha

Jalur Gaza semakin membara [image source]
Masih hangat di diberitakan di media lokal maupun internasional, konflik antara rezim Zionis Israel dengan rakyat Palestina semakin memanas seiring dengan ucapan kontroversial dari presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota resmi Israel. Belum lagi upaya menutup akses muslim untuk beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa, membuat konflik tersebut kian meruncing. Para analis politik di dunia pun mengkhawatirkan perang dunia tiga bakal terjadi lewat kejadian tersebut.

2. Rebutan Wilayah Laut Cina Selatan yang Kaya akan Sumber Tambang Minyak Mentah

Konflik perbatasan yang dapat memicu tindakan militer tidak hanya terjadi di daratan. Salah satu contohnya adalah kawasan laut Cina Selatan yang dipermasalahkan oleh banyak negara benua Asia selama berpuluh-puluh tahun. Dalam hal ini, Tiongkok menjadi negara yang sering membuat “onar”, mengklaim secara sepihak wilayah tersebut dan memancing reaksi dari negara lainnya.

Laut pun jadi rebutan [image source]
Sayangnya, klaim sepihak negeri tirai bambu tersebut akhirnya dibatalkan oleh sidang Internasional di Den Haag, Belanda, yang memilih Filipina sebagai Negara yang berhak. Masalah kian rumit ketika banyak negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei ikut mengklaim laut tersebut. Hal ini diperparah oleh pihak Tiongkok yang seolah mengabaikan keputusan sidang mahkamah Internasional tersebut. Menurut para ahli sengketa di laut kaya ini juga bisa memicu gejolak-gejolak perang dunia ketiga.

3. Ribut-ribut Dua Negara Tetangga Satu Pulau, Korea Selatan dan Korea Utara

Di antara konflik wilayah di benua Asia, barangkali inilah kawasan sengketa yang paling sering membuat umat manusia harap-harap cemas. Bagaimana tidak, salah satu negara berhaluan Komunis yang dipimpin Kim Jong Un tersebut sering diberitakan melakukan uji coba rudal balistik dengan hulu ledak nuklir antar benua. Salah satunya pernah dilaporkan melanggar zona militer Korea Selatan dan negara-negara di sekitarnya.

Tetangga saling curiga [image source]
Tidak hanya pihak Korea Selatan yang berang, Jepang pun pernah di buat kelabakan bukan main soal ujicoba nuklir tersebut. Selain membuat cemas penduduk bumi, tingkah Korea Utara tersebut juga sukses membuat negeri Paman Sam emosi hingga pihaknya mengancam akan segera menjatuhkan sanksi militer kepada Korea Utara. Barangkali, perang dunia ketiga bisa juga dimulai dari peristiwa ini.

Berkaca pada masa lalu perang bisa terjadi hanya karena hal sepele. Maka tak heran kalau beberapa kejadian di atas pun bisa jadi pemicu. Apalagi peristiwanya cukup sensitif bahkan melanggar kedaulatan. Indonesia sejauh ini aman dari ketiga konflik di atas kecuali mungkin Laut Cina Selatan, tapi tentu harapan terbaik adalah jangan sampai terjadi perang dunia 3 yang dikabarkan sebagai akhir dunia.