in

Penginapan hingga Landasan Helikopter, Masjid Indonesia Ini Punya Fasilitas Mewah

Sebagai negara muslim terbesar di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dikenal memiliki sederet masjid megah dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari arsitektur dan desain yang indah, memiliki kubah bercorak tertentu, hingga memberikan fasilitas tertentu yang memanjakan pada jamaahnya.

Semua kelebihan tersebut menjadikan masjid-masjid tersebut tak hanya menjadi tempat beribadah yang nyaman, tapi juga memberikan kemudahan bagi pengunjung yang datang kesana. Soal fasilitas, beberapa dari masjid-masjid tersebut memiliki beragam hal yang menarik. Apa saja? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Fasilitas penginapan yang menjadi salah satu keistimewaan Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan Yogyakarta [sumber gambar]
Masjid Jogokariyan di Yogyakarta diketahui menyediakan fasilitas berupa penginapan bagi para pengunjung yang membutuhkan. Hal ini menjadikan masjid tak hanya sebagai tempat untuk beribadah, tapi juga penggerak perekonomian yang manfaatnya dirasakan bersama. Penginapan tersebut terdiri dari 10 kamar reguler dan satu kamar VIP, dengan biaya sewa masing-masing Rp 250 ribu dan Rp 150 ribu.

Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki fasilitas lengkap

Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki payung-payung layaknya Masjid Nabawi di Arab Saudi [sumber gambar]
Masjid Agung Jawa Tengah dikenal luas lantaran memiliki payung di pelatarannya yang mirip dengan Masjid Nabawi di Arab Saudi. Keunikan ini juga ditunjang dengan beragam fasilitas lengkap yang disediakan oleh pengelola masjid seperti penginapan. perpustakaan , museum kebudayaan Islam, kios souvenir, hingga area bermain anak. Tak salah bila Masjd Agung Jawa Tengah juga menjadi salah satu tujuan wisata religi.

Masjid Akbar Moedhar Arifin Gresik yang punya landasan helikopter

Tangkapan layar Masjid Moed’har Arifin [sumber gambar]
Bisa dibilang, Masjid Akbar Moedhar Arifin Gresik tak hanya terkenal dengan desain arsitekturnya yang menawan. Lebih dari itu, tempat ibadah ini bahkan menyediakan landasan helikopter. Belum cukup, kubahnya ternyata bisa membuka dan menutup secara otomatis ini dan kapasitas masjid mampu menampung 5000 orang jemaah.

Kulkas berisi air mineral gratis untuk jamaah di Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira di Lamongan [sumber gambar]
Masjid Namira di Lamongan tak hanya dikenal karena bangunannya yang megah, tapi juga beragam fasilitas yang memanjakan para jamaah ketika berkunjung kesana. Salah satunya adalah adanya kulkas untuk menampung air mineral botol yang disediakan khusus bagi jamaah. Tak hanya itu, Masjid Namira juga mengadakan “WARAS” atau Warung Shubuh Gratis, yang membagikan makanan untuk jamaah yang salat subuh di sana.

Fasilitas perpustakaan dan poliklinik ada di Masjid Al Akbar Surabaya

Perpustakaan Masjid Nasional Al Akbar Suarabaya [sumber gambar]
Sebagai salah satu masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya, Masjid Al Akbar menyediakan beragam fasilitas bagi para jamaah yang membutuhkan. Mulai dari perpustakaan yang ditunjang dengan layanan internet berbasis web, ruang baca, fotokopi dan Komputer, hingga poliklinik. Masjid Al Akbar juga menyediakan jasa pengobatan ala Rasulullah SAW, yakni bekam dan ruqyah.

BACA JUGA: 4 Masjid Berkubah Paling Megah di Indonesia yang Bikin Ibadah Makin Betah

Segala keunggulan yang dimiliki membuat masing- masing masjid di atas tak hanya sekedar menjadi tempat beribadah, tapi juga tujuan wisata religi yang populer. Salah satunya adalah adanya beragam fasilitas penunjang yang memudahkan sekaligus memberikan rasa nyaman pada para jamaah yang berkunjung.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Bangkitkan yang Mati hingga ‘Hidup Abadi’, Teknologi Cryogenic Cina Ini Hebohkan Dunia

Mengenal Sinovac, Perusahaan Cina yang Kirim Vaksin ke Indonesia untuk Perangi Covid-19