Inovasi China di bidang sains dan teknologi memang luar biasa pesatnya. Seperti yang dilakukan baru-baru ini, ilmuwan negeri Tirai Bambu itu berupaya untuk membangkitkan orang mati lewat serangkaian penelitian di laboratorium mereka. Metodenya serupa dengan film-film modern futuristic, yakni dengan cara dibekukan.

Di dunia sains, metode ini dikenal luas sebagai teknik cryogenic. Di mana badan manusia dibekukan hingga tiba saatnya teknologi yang super canggih dapat membangkitkan mereka kembali. Hal inilah yang tengah didalami oleh Shandong Yinfeng Life Science Research Institute yang berlokasi di Jinan, China.

Cara kerja teknologi cryogenic yang tengah diteliti dan dikembangkan

Ilustrasi proses pembekuan metode cyrogenic [sumber gambar]
Teknologi cryogenic bekerja dengan cara menyimpan jenazah manusia di dalam kontainer stainless steel yang mengandung nitrogen cair super dingin. Harapannya, tubuh tersebut bisa awet hingga siap untuk proses ‘kebangkitan’ sebagai tahapan selanjutnya. Teknologi inilah yang tengah dikembangkan oleh Shandong Yinfeng Life Science Research Institute yang berlokasi di Jinan, China.

Proyek besar yang ingin dikembangkan di semua ranah medis

Para peneliti di Shandong Yinfeng Life Science Research Institute [sumber gambar]
Yinfeng Life tak sendirian dalam proyek cryogenic. Pihaknya diketahui bekerjasama dengan rumah sakit dan universitas di China yang dipimpin oleh Aaron Drake selaku direktur. Menurut Aaron yang pernah bekerja untuk perusahaan cryogenic Alcor, pemerintah China tidak ingin proyek tersebut hanya sebatas membekukan tubuh, tapi juga dikembangkan ke ranah medis lainnya yang lebih luas.

Target ingin ‘membangkitkan’ manusia dengan peminat yang terus bertambah

Ilustrasi membangkitkan manusia lewat proses Cyrogenic [sumber gambar]
Sebelum dikembangkan ke ranah medis lainnya, laboratorium Yinfeng Life tengah berusaha menyimpan badan manusia dengan cara yang lebih efektif dengan harapan bisa ‘dibangkitkan’ ke depannya. Bahkan menurut Aaron, seperti yang dikutip dari South China Morning Post, Kamis (1/10/2020), ada 60 orang yang telah menjadi anggota dan siap melaksanakan proses cryogenics.

Optimis menjadi salah satu teknologi yang diperhitungkan di masa depan

Ilustrasi metode cyrogenic di masa depan [sumber gambar]
Cryogenic memang merupakan teknologi baru yang hingga kini masih dianggap mustahil dilakukan karena membangkitkan manusia. Meski demikian, kalangan saintis seperti Aaron dan rekan-rekannya yakin bahwa metode tersebut bakal diperhitungkan di masa depan. Hal ini tak lepas dari pesatnya perkembangan penelitian modern di bidang medis yang terus menerus menghasilkan hal yang baru.

Negara-negara dunia yang juga meneliti metode cryogenic

Tabung pendingin milik perusahaan Cryonic [sumber gambar]
Selain Cina yang kini getol melakukan penelitian tentang metode cryogenic, beberapa negara seperti Amerika Serikat (Cryonics Institute dan Alcor Life Extension Foundation) dan Rusia (KrioRus) juga melakukan hal serupa. Hanya saja, China diprediski bakal selangkah lebih maju dalam melakukan pengembangan karena dilebarkan ke ranah medis dari sekedar proyek membekukan tubuh manusia.

BACA JUGA: 5 Teknologi China yang Bikin Negara Tersebut Seolah Menjadi ‘Tuhan’ Baru di Dunia

Apa yang dilakukan China lewat penelitiannya terhadap teknologi cryogenic dinilai melampaui negara-negara lain di dunia, termasuk Amerika Serikat. Pasalnya, budaya negeri Tirai Bambu itu dinilai lebih ramah menerima hal tersebut karena kurang menempatkan sisi religius dibanding negara barat. Kelebihannya lainnya adalah teknologi cryogenic nantinya bakal dikembangkan ke berbagai aspek medis.