in

Fan Meeting Sehun EXO Kacau, Netizen Murka dan Kritik Whitelab Selaku Penyelenggara Acara

Acara fan meeting Sehun EXO yang seharusnya berlangsung dengan penuh kebahagiaan, malah menuai kekecewaan para fans. Acara tersebut diselenggarakan di Mall Central Park, Jakarta Barat (6/11).

Acara yang diberi tajuk #ScientistGanteng ini, menggandeng Sehun yang datang sebagai salah satu Brand Ambassador produk skincare lokal, White Lab. Namun acara yang diselenggarakan di mal tersebut dinilai tak berjalan dengan lancar. Niat awal para penggemar datang untuk bertemu dengan idola mereka, justru dibubarkan oleh pihak berwajib.

Fans yang datang melebihi kapasitas mal

Fan meeting ini dijadwalkan dimulai pukul 13.00 WIB dan terbuka untuk umum. Hal ini sudah disambut sangat meriah oleh para fans. Bahkan, ada yang sejak pagi sudah datang ke mal tersebut demi bertemu dengan idola mereka. Melansir CNN Indonesia, jumlah penggemar yang hadir lebih dari 20 ribu orang.

Suasana Fan Meeting Sehun [sumber gambar]
Tak hanya berada di dalam mal saja, antrean masih mengular sampai di luar mal. Jumlah fans yang membludak inilah yang membuat pihak berwajib mempersingkat acara tersebut, demi kebaikan bersama dan menghindari kekacauan karena situasi yang tidak kondusif. Alhasil, acara fan meeting tersebut tidak berlangsung seperti harapan. Pasalnya, Sehun hanya berada di panggung selama kurang lebih 10 menit.

Kinerja penyelenggara acara dan staf yang dikritik habis-habisan

Atas fan meeting yang tidak berjalan sesuai rencana ini, pihak penyelenggara acara mendapat banyak kritik dari para fans. Mereka menilai bahwa kinerja penyelenggara kurang maksimal. Beberapa tindakan staf penyelenggara pun sempat menjadi bahan pembicaraan netizen. Salah satunya adalah buket bunga yang tidak sampai ke tangan Sehun, tetapi digunakan sebagai properti foto oleh para staf dan diunggah ke media sosial pribadi.

Fan meet yang berlangsung hanya selama 10 menit [sumber gambar]

Padahal, bunga tersebut diberikan oleh fan base @OhSehunGlobal untuk sang idola, melalui admin penyelenggara acara. Tak hanya itu, unggahan staf yang lain juga tak kalah membuat geram para fans. Akun dengan nama @ignatiusjasonn mengunggah foto Sehun lengkap dengan caption “yg kaya begini bukannya di PIK banyak ya?…”

Pemindahan venue khusus untuk para pemenang photocard bertanda tangan

Dari 20 ribu lebih para fans yang datang ke venue awal, 100 di antaranya adalah pemegang tiket VIP (golden ticket) yang memenangkan photocard. Pihak penyelenggara memberikan kompensasi kepada 100 peserta tersebut, untuk datang ke ke tempat lain dan bertemu Sehun. Terkait pemindahan ini, peserta baru diberitahu pada pukul 5 sore, acara berakhir jam 6 sore.

Akibat dari pemindahan venue ini, ada banyak pemilik tiket VIP yang tidak sempat datang, dikarenakan waktu yang sangat mepet. Tak hanya itu, kompensasi ini awalnya hanya diberikan kepada pemilik tiket VIP saja, namun kenyataannya di lapangan ada banyak fans non-VIP yang juga mendapatkan photocard. Akibatnya, photocard yang dibagikan tersebut kurang.

Tanggapan dari pihak Whitelab yang meminta maaf

Atas semua ketidaknyamanan tersebut, pihak penyelenggara akhirnya buka suara dan meminta maaf melalui akun Twitter dan Instagram resmi @whitelab_id. Adapun beberapa komentar yang kurang pantas disebut datang dari tim outsource mereka, hal tersebut sudah ditindak secara tegas oleh penyelenggara, staf yang membuat tidak nyaman tersebut sudah diberhentikan.

Mereka juga menyebut bahwa hal yang terjadi ini bisa menjadi pembelajaran ke depannya. Akan tetapi, beberapa netizen masih membanjiri permohonan maaf ini dengan rasa kesal. “jujur masih sakit hati sama ketikan staffnya”. Selain permintaan maaf ini, pihak penyelenggara juga memberikan kompensasi/refund untuk pemilik golden ticket.

Tanda tangan Sehun yang dianggap palsu

Selain acara fan meeting yang kacau, setelah acara tersebut muncul rumor tentang tanda tangan yang ada di photocard. Dalam live Instagramnya, Sehun mengatakan bahwa ia sempat mendengar kabar, ada netizen yang mengatakan bahwa tanda tangan tersebut palsu.

Sehun klarifikasi tentang tanda tangannya [sumber gambar]
Sehun kemudian memberikan klarifikasi bahwa tanda tangan tersebut asli, adapun tanda tangan yang terlihat berbeda memang karena Sehun mengganti tanda tangannya. Ia juga mengucapkan permintaan maaf, karena tanda tangan yang baru tersebut ternyata menimbulkan salah paham di kalangan para fans.

BACA JUGA: Wow! 4 Artis Ini Pernah Kolaborasi dengan Idol Korea, Bikin Fans K-Pop Iri Berat

Fan meeting ini bisa menjadi pelajaran untuk temu fans ke depannya. Bahwa yang paling penting adalah kenyamanan bersama, fans dan juga tamu yang diundang. Panitia penyelenggara juga bisa mempertimbangkan venue dan tempat pertemuan yang memadai, jika memang akan mengadakan acara besar-besaran yang melibatkan puluhan ribu orang. Apalagi, untuk acara yang diselenggarakan secara gratis, karena pasti banyak yang bersemangat untuk bertemu dengan idola mereka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

TV Analog Pindah ke TV Digital

Sudah Pindah ke Saluran Digital, Kini TV Analog di Jabodetabek Resmi Dimatikan

Oknum polisi serang RS Bandung

8 Oknum Polisi Diduga Menyekap Perawat dan Menyerang Rumah Sakit Bandung