Di masa pandemi ini, beragam rempah dilirik sebagai senjata pembangun imunitas bagi banyak orang. Pernah dengar bunga Saffron? Tumbuhan ini jadi salah satu herbal yang diincar bukan hanya khasiatnya, tapi juga peluang usahanya yang menjanjikan.

Hafiz dan pengusaha muda, Taqy Malik, menyebut diri sebagai #JuraganSaffron, karena memang rempah eksotis ini jadi salah satu bisnis andalannya. Dimulai dengan menjelaskan manfaat dari komponen bunga tersebut, kemudian mengajak banyak orang untuk mulai mencoba bisnisnya. Bahan baku per gram saffron saja harganya memang sampai ratusan ribu di pasaran.

Tapi agar tidak terjebak dengan keuntungan saja, ada baiknya mengenal si rempah sultan ini, Sobat Boombastis.

Asal muasal Saffron, si ’emas merah’

Saffron berasal dari bagian tanaman Crocus Sativus yang awalnya banyak dibudidaya di Yunani. Namun, kini sudah tersebar hingga ke daerah lain seperti Iran, India, Afganistan, Maroko, beberapa negara Eropa lain dan Amerika Serikat, Di Iran, sebagai salah satu penghasil terbesar Saffron, menyebutnya sebagai ‘emas merah’. Karena meski warna bunganya ungu, bagian yang mahal dan berharga saat dipanen adalah putik berwarna merah. Selain itu, ia juga menghasilkan warna emas yang alami untuk makanan maupun produk kesehatan.

Proses panen bunga Saffron [Sumber Gambar]
Masa kembang saffron cukup pendek dan memanennya perlu kehati-hatian. Belum lagi, prosesnya masih kerap kali dilakukan secara manual. Karena proses rumit inilah harganya jadi mahal. Belum lagi permintaannya yang cukup tinggi membuat nilai jual saffron jadi meroket.

Peluang bisnis si helai sultan

Harganya yang mahal membuat bahan baku bunga Saffron sendiri dijual per gram atau per beberapa helai secara eceran. Nah, helai-helai sultan ini saja harganya bisa puluhan sampai  ratusan ribu. Sedangkan jika sanggup beli dalam partai besar, satu kilonya saja bisa-bisa Rp 50an juta sampai milyaran rupiah lho, Sobat Boombastis.

Salah satu publik figur kita, Taqy Malik, dengan percaya diri menjalankan bisnis produk Saffron ini. Sebelumnya, ia sendiri mencoba dan merasakan khasiatnya. Setelah itu, ia mulai mengajak inner circle untuk merasakan dampak menyehatkan dan menjanjikan dari Saffron ini. Lama-lama, mulai banyak yang berminat, apalagi di kala pandemi seperti ini.

Bisnis Saffron yang menyehatkan dan menjanjikan [Sumber gambar]
Selain saffron, produk turunannya juga bakal punya nilai jual yang lumayan. Sebut saja minuman kesehatan, obat, atau produk kecantikan. Wewangian mahal masa kini juga banyak lho yang menggunakan wangi saffron dan digandrungi orang.

Bunga sejuta khasiat untuk kesehatan

Saffron memiliki kandungan antioksidan dengan khasiat dewa, yakni crocin, picrocrocin dan safranal. Kandungan ini membentengi kesehatan dari radikal bebas yang merusak syaraf dan menyebabkan penyakit kronis. Beberapa rujukan menyebutkan saffron dapat menunjang kondisi seperti kanker, Alzheimer, gangguan haid serta PMS, kolesterol hingga diabetes.

Saffron untuk bantu mengatasi masalah kolesterol hingga menjaga daya tahan tubuh [Sumber Gambar]
Tapi tidak ada klaim untuk menyembuhkan. Saffron memang layaknya superfood yang tinggi manfaat, namun karena termasuk jenis herbal, untuk menggunakannya tetap harus sesuai dosis yang dianjurkan atau melalui konsultasi dengan pakar  kesehatan terlebih dulu.

Manfaat yang dibutuhkan wanita atau pasangan yang ingin punya anak

Saffron juga termasuk holy grail dalam dunia kecantikan. Manfaat saffron yang sangat disukai perempuan adalah membuat wajah bebas masalah jerawat, lebih cerah bercahaya dan awet muda. Saat ini cukup banyak yang menjual saffron eceran sebagai perawatan kulit, maupun dalam bentuk produk jadi seperti face mist.

Saffron untuk pasutri yang ingin punya anak [Sumber Gambar]
Bagi pasangan yang sedang ingin memiliki anak, saffron disebut bisa memperbaiki kesuburan pria dan wanita. Hal ini karena sifat afrosidiak yang mampu memperbaiki suasana hati, vitalitas dan meningkatkan hasrat di antara pasangan suami istri.

BACA JUGA: Kenitu, Buah Khas Indonesia yang Enak dan Kaya Manfaat tapi Kini Sulit Didapat

Nah, sekarang silakan menentukan sendiri. Ingin mencoba konsumsi atau sekaligus menjadikan saffron sebagai peluang usaha yang menghasilkan cuan. Perlu digarisbawahi bahwa saffron tidak diklaim sebagai penyembuh ya, Sobat Boombastis. Namun setidaknya bisa menjadi salah satu alternatif produk kesehatan alami daaaan memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan.