in

Inilah 4 Fakta Racun Kalajengking yang Ternyata Harganya Lebih Mahal Ketimbang Emas

Beberapa waktu yang lalu presiden Jokowi sempat mengungkapkan fakta baru mengenai usaha paling menjanjikan. Bukan emas atau pun minyak, siapa sangka sang presiden malah menawarkan untuk budidaya kalajengking. Tentu banyak dari netizen yang sempat dibuat melongo dengan pernyataan tersebut lantaran ngeri membayangkannya.

Bicara soal budidaya kalajengking, ternyata pernyataan sang presiden itu bukan tanpa alasan. Pasalnya memang di pasar Amerika sana kalajengkin memang jadi salah satu komoditi bahkan bisa laku ratusan miliar loh. Kok bisa begitu? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Fakta racun kalajengking yang ternyata lebih mahal dari pada logam mulia

Mungkin kita sering ngeri kalau lihat hewan berbisa sekaligus bercapit ini, namun siapa sangka kalau di balik tampilan menakutkannya ada menfaat luar biasa. Ya, pasalnya diketahui kalau bisa yang sering dianggap berbahaya itu ternyata laku mahal loh. Tak tanggung-tanggung bahkan satu liter dari binatang tak bertulang belakang ini bisa laku sampai Rp 143 Milliar di luar sana.

Ide pak Jokowi soal kalajengking [sumber gambar]
Jadi bukan aneh kalau bisa kalajengking saat ini dimasukan jadi benda paling mahal. Usut punya usut, tidak sembarangan penobatan bisa kalajengking ini jadi barang bikin tajir, pasalnya ada segudang manfaat yang menanti. Wah kalau begini banyak yang akan berburu bvisa kalajengking nih.

Benda berbahaya dengan ribuan manfaat di balik bisa kalajengking

Seperti yang diketahui kalau memang bisa kalajengking dihargai mahal di Amerika sana. Menurut Wired.co.uk mengatakan kalau bisa kalajengking juga berguna dalam pengobatan kangker. Hal ini ternyata serupa dengan penelitian Kanker Fred Hutchinson, Universitas Washington dimana bisa kelajengking ke depannya tidak hanya berguna untuk perawatan namun juga penyembuhan sel kanker itu sendiri.

Penyembuh kanker [sumber gambar]
Sedangkan penelitian dari Universitas Maryland pun berhasil memodifikasi jamur dalam racun kalajengking sehingga dapat menyerap sel malaria sekaligus obat penyembuh penyakit itu. Selain itu senyawa dalam racun ini juga bisa digunakan dalam penghilang rasa sakit dalam dunia kedokteran serta penyembuh penyakit tulang heumatoid arthritis dan osteoartritis.

Tantangan dalam membudidayakan kalajengkin yang makin maju

Alasan lain mahalnya racunb kalajengking ini adalah lantaran sedikitnya bisa yang dikeluarkan. Pasalnya satu kalajengkin biasanya hanya mengeluarkan racun sebanyak 5 mikroliter saja. Oleh sebab itu butuh ratusan mungkin ribuan ekor untuk dapat satu liter racun kalajengking. Belum lagi untuk mendapatkan racunnya juga bukan hal sembarangan, pasalnya resiko bahaya tetap saja menanti.

Mengambil racun kalajengkind [sumber gambar]
Namun demikian dengan teknologi yang makin maju ini sudah ditemukan berbagai inovasi baru semisal robot untuk mendapatkan racun kalajengking. Misalnya VES-4 salah satu robot khusus yang didesain untuk memerah racun kalajengking secara otomatis serta dalam jumlah banyak.

Beberapa permasalahan mengenai budidaya kalajengking yang bakal ditemui

Fakta mengenai mahalnya racun kalajengking memang benar adanya. Namun demikian bukan berarti tanpa masalah. Pasalnya banyak orang yang belum mengetahui ke mana harus menjual racun dari antropoda ini. Meskipun benar di Amerika sana mahal harganya, namun di daerah mana dan kepada siapa bisa itu dijual masih belum diketahui.

beternak kalajengking [sumber gambar]
Belum lagi masih banyak masyarakat awam yang tak mengetahui penanganan yang benar masalah mendapatkan bisa binatang yang satu ini. Takutnya bisa saja kita yang kena sengat atau kalajengkin mati lantaran bisanya diambil terlalu banyak. Seandainya ada budidaya kalajengking di Indonesia, umumnya hanya untuk peliharaan saja.

Langkah dari presiden Jokowi dalam mencari inovasi bisnis baru memang patut diacungi jempol. Apalagi idenya memang tidak jarang orang yang menyadarinya sehingga sangat profit. Namun demikian masih kurangnya pengetahuan akan pengolahan  racun kalajengking tentunya harus diselesaikan bersama agar ide usaha dapat segera direalisasikan.

 

 

 

 

 

 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Andi Hilmy, Pengusaha yang Bikin Banyak Preman Pensiun dan Punya Penghasilan Layak

Dipuji Bos NET TV Hingga Artis, Penampilan Via Vallen di ICA 5.0 Bikin Gebrakan Abad Ini