Bukan hanya wanita, kini kaum priapun sering memakai make up. Baik karena profesi ataupun karena tuntutan tampilan agar lebih percaya diri. Dan negara Korea Selatan ternyata menjadi negara dengan jumlah konsumsi kosmetik pria tertinggi lho. Laporan menyebutkan jika di tahun 2014 pria Korea Selatan menghabiskan $495 juta untuk perawatan wajah dan kulitnya.

Tapi mengapa para pria Korea Selatan gemar memakai make up? Tentu ini sedikit mengusik pikiran kalian. Budaya ini memang sedang booming di negara Korea Selatan. Make up untuk kaum pria disana sudah dianggap lumrah dan biasa saja di masyarakat. Dan berikut fakta-fakta mengenai pria di Korea Selatan dengan make upnya.

1. Penampilan Jadi Hal Penting di Korea

Lebih dari di negara lain, di Korea Selatan masyarakat menilai penampilan sebagai hal yang sangat penting. Dan kompetisi mendapatkan pekerjaan di Korea benar-benar sangat ketat. Di sana kalian harus mendapatkan kualifikasi terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus dan penampilanpun dilihat dari sana.

Artikel Lainnya
Mengenal Pria Belanda yang jadi Penyebab Indonesia Dijajah Hingga Ratusan Tahun
4 Fakta Video Pria ‘Bangkit dari Kubur’ yang Sempat Bikin Geger Warga Pontianak
Penampilan Jadi Hal Penting di Korea (c) wikipedia
Penampilan Jadi Hal Penting di Korea (c) wikipedia

Dengan banyaknya bintang-bintang tampan dengan kulit mulus yang tampil di layar televisi juga menjadi pemicu meningkatnya penilaian penampilan di negara ini. Bahkan para pria disana suka dengan ‘rating ketampanan’, oleh sebab itu untuk mendapat wajah yang tampan make up menjadi pilihan untuk meng-cover kekurangan di wajah mereka.

2. Ada Aturan Make up Bagi Pria

Make up untuk kaum pria tentunya sangat berbeda dengan aturan make up bagi wanita, yaitu tidak boleh terlalu tebal dan neko-neko. Mereka hanya memoles sedikit saja di bagian yang perlu ditutupi, seperti bekas jerawat, kerutan bahkan noda hitam yang ada di wajah mereka.

Aturan Make up  (c) pixgood
Aturan Make up (c) pixgood

Dan untuk itu para pria lebih banyak memilih perawatan wajah dan make up ringan setiap hari. Para pria yang awalnya tidak peduli dengan tampilan muka mereka, sedikit demi sedikit mulai sadar akan pentingnya tampilan yang sempurna terutama tampilan wajah.

3. Untuk Membangun Percaya Diri

Para pria Korea Selatan mengaku jika memakai sedikit make up di wajah mereka akan membangun kepercayaan diri saat berada di luar. Dengan polesan BB Krim dan sedikit lip balm memang cukup mengubah banyak tampilan wajah ya. Selain tampak bersih, wajah akan tampak lebih cerah dan segar.

Membangun Percaya Diri (c) belajarpsikologi
Membangun Percaya Diri (c) belajarpsikologi

Di Korea Selatan beberapa pria bahkan sangat menyadari pentingnya kesehatan kulit sebagai investasi masa depan. Jadi tidak heran jika banyak para pria yang mengantri di klinik kecantikan dan rumah sakit bedah plastik hanya untuk membuat tampilan mereka lebih sempurna.

4. Produk Yang Kerap Dibeli

BB Krim dan lip balm adalah produk terlaris untuk make up para pria di negara ini. Selain karena teksturnya yang ringan BB krim banyak dipilih karena mampu meng-cover kekurangan pada wajah dan tidak menimbulkan kesan tebal atau menor. BB Krim memang produk yang komplit selain sebagai foundation, produk ini sudah bisa berfungsi sebagai sun block untuk mencegah noda hitam karena sinar matahari.

Via SCForm

Beberapa pria ada juga yang memilih make up transparan untuk polesan wajah mereka. Seperti eyeliner dan pensil alis, ini untuk menimbulkan kesan natural dan fresh di wajah mereka. Dan untuk bibir lip balm jadi pilihan, selain mencegah bibir kering lip balm juga memberi efek cerah dan bersih pada bibir. Setidaknya bagi perokok ini bisa membantu bibir mereka lebih terlihat menarik.

5. Pemikiran Wanita Korea Pada Pria Bermake up

Para wanita memang mengapresiasi tampilan wajah sempurna dari pria yang mereka temui. Beberapa mengaku tidak masalah dengan hal tersebut, asalkan aturan make upnya tidak menor dan neko-neko. Hanya sewajarnya saja.

Via Flickr

Namun untuk make up tebal mereka berpikir tidak cocok untuk diaplikasikan pada pria. Apalagi jika sampai meniru gaya anime Jepang dengan eyeliner tebal, itu terlihat cukup mengerikan untuk ditampilkan sehari-hari.

Nah itu tadi 5 fakta dari make up pria di Korea Selatan. Gaya hidup yang berbeda dan makin modern mengubah banyak paradigma tentang pria dulu dengan sekarang. Jadi tidak hanya artis saja yang memakai sentuhan make up di sana, pria biasapun sudah mulai menerapkan hal ini sebagai kebiasaan. Jadi para pria? Kalian ingin menerapkannya juga?