5 Fakta Unik Tentang Perkawinan Penduduk Iran yang Bakal Bikin Kamu Ngiri

oleh Rizal
09:32 AM on Feb 29, 2016

Seumpama diberi satu tiket gratis untuk mengunjungi sebuah negara, pasti nama Iran takkan pernah terpikirkan olehmu. Alasannya sudah bisa ditebak pasti masalah stigma yang sudah kadung melekat di negara mantan musuh Irak ini. Entah nuklir atau hal-hal yang berkaitan dengan tokoh-tokohnya, misalnya Ahmadinejad atau Khomeini. Iran bukanlah negara yang buruk aslinya, bahkan boleh dibilang tempat ini pas buatmu yang ingin mencari jodoh.

Ya, di sini konon katanya mencari jodoh amatlah mudah. Tak perlu banyak hal-hal yang ribet, kalau sudah saling suka dan cocok, silahkan langsung ijab kabul. Tak hanya tentang mudahnya mencari pasangan, banyak pula aturan-aturan lain tentang perkawinan yang bisa dibilang sangat membahagiakan para pria.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Nah, berikut adalah hal-hal unik tentang perkawinan orang-orang Iran yang pasti bakal bikin kamu ngiri berat.

1. Modal Kawin Sedikit? Negara Bakal Bantu

Menikah itu sebenarnya murah, cuma butuh mahar, saksi dan ijab kabul saja. Di Indonesia memang se-simple itu, namun di Iran, biaya menikah itu luar biasa mahal. Ada berbagai tradisi perkawinan yang membuat segala sesuatunya menjadi berat di ongkos.

Nikah massal di Iran [Image Source]
Nikah massal di Iran [Image Source]
Namun, enaknya jadi warga Iran adalah kita tak perlu memusingkan hal ini. Ya, negara akan membantu masyarakatkanya yang ingin menikah dengan memberikan bantuan-bantuan biaya. Caranya macam-macam, salah satunya adalah nikah massal. Pemerintah Iran sangat mendukung perkawinan, terutama kepada para muda-mudi.

2. Les Kontrasepsi Dulu Sebelum Diberikan Surat Nikah

Salah satu teknik kontrol kehamilan adalah dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi. Biasanya pengetahuan tentang hal ini baru akan diketahui atau dicari tahu setelah pasangan menikah. Jika kebanyakan pasangan seperti ini, tapi di Iran sama sekali berbeda.

Alat kontrasepsi [Image Source]
Alat kontrasepsi [Image Source]
Ya, hampir semua pasangan yang akan menikah pasti sudah ahli tentang hal-hal ini. Bagaimana tidak, semua pasangan di Iran akan diberikan les khusus untuk itu sebelum mereka mendapatkan surat nikah. Memang hanya satu jam sih, tapi itu sudah lebih dari cukup untuk pengetahuan dasar. Sepertinya yang begini cuma ada di Iran.

3. Sigheh, Praktik Menikah Berdasarkan Waktu

Kalau yang ini mungkin agak kontroversial, tapi jujur saja pria pasti menyukainya, apalagi yang doyan gonta-ganti pasangan. Sigheh adalah perkawinan yang berbatas waktu. Jadi, sebelum menikah seseorang akan menyodorkan semacam kontrak yang biasanya berisi waktu aktif menikah.

Wanita Iran [Image Source]
Wanita Iran [Image Source]
Waktunya sendiri tidak ada aturan khusus, suka-suka saja dan sesuai kesepakatan. Bisa setahun dua tahun, atau bahkan hanya beberapa jam saja. Jika demikian, maka tak heran kalau seorang pria bisa menikah belasan kali dalam waktu tertentu. Cuma di Iran.

4. Poligami Adalah Sesuatu yang Legal

Tak hanya dibikin enak dengan adanya Sigheh, pria-pria di negara musuh bebuyutan Israel ini juga diberikan keleluasaan untuk menikah lebih dari satu, alias poligami. Di Iran, poligami adalah hal legal. Banyak pria di sana memiliki hingga empat istri sekaligus.

Poligami di Iran [Image Source]
Poligami di Iran [Image Source]
Soal pasangan poligami, si pria tidak harus dibebankan syarat-syarat khusus. Asalkan sama-sama setuju dan suka, siapa pun bisa dijadikan pasangan. Termasuk gadis-gadis belasan tahun yang belum pernah menikah sama sekali.

5. Mendapatkan Perawan Adalah Hal yang Mudah

Percaya tidak percaya, mencari gadis perawan di Indonesia sama susahnya seperti kita menginginkan mangga di musim rambutan. Sangat jarang dan langka. Faktanya memang demikian, jujur saja. Sehingga, gara-gara ini sampai muncul ungkapan kalau sangat mustahil bisa mendapatkan gadis perawan untuk dinikahi di waktu-waktu seperti sekarang.

Gadis Iran [Image Source]
Gadis Iran [Image Source]
Berbeda dari Indonesia, di Iran mencari gadis perawan untuk dinikahi sama mudahnya seperti mengambil air dengan gayung di bak mandi penuh air. Alasan kenapa di sini begitu mudah adalah karena gadis-gadis di sana sudah bisa dinikahi sejak momen pertama menstruasi mereka. Terlepas berapa umurnya, jika seorang gadis sudah mengalami PMS, maka ia boleh dinikahi.

Memang agak ekstrem ya aturan pernikahan di sana. Tapi, jujur saja bagi pria semua aturan ini sangatlah menyenangkan. Sigheh, poligami, perawan gampang, siapa yang tidak tertarik dengan ini? Hal-hal seperti itu takkan pernah kita dapatkan di Indonesia. Terlepas dari segala macam kontroversial yang ada, semuanya dikembalikan lagi kepada satu hal. Ya, pada akhirnya setiap negara pasti punya aturannya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA