Poligami memang menjadi sesuatu yang kerap menuai pro dan kontra di masyarakat Indonesia. Ada yang menerima, tapi tak sedikit juga masih merasa keberatan dengan hal tersebut. Terutamanya adalah kaum perempuan. Namun baru-baru ini, muncul sebuah promosi mengenai pelatihan atau workshop poligami yang menjadi sorotan luas.

Postingan pelatihan poligami tersebut diunggah oleh akun Instagram Robbanian Family pada Rabu (10/06/2020), lengkap dengan deskripsi dan foto sang pelatih yang bernama Coach Hafidin. Dalam deskripsinya, pelatihan tersebut bertujuan ingin memberikan minsdet yang benar soal poligami.

View this post on Instagram

Ingin Mudah Mengamalkan Syari'at Poligami? Yuk Daftarkan Diri Anda Sekarang! • Poligami itu syariat Allah, sama dengan syariat Allah yang lainya. Namun, kenapa tidak semua orang yang mengamalkan poligami, melahirkan kebahagiaan dan berlipat-ganda manfaat dalam hidupnya. • Lalu, apa yang menyebabkan Poligami tidak bahagia? Kenapa poligami menimbulkan masalah besar dalam keluarga? • Pasti ada yang salah, atau ada yang keliru dalam sistem berfikir (Mindset) tentang poligami. Masih mau berada dalam jurang kesengsaraan akibat salah mindset dan salah praktek dalam poligami? • Efek Gagal Poligami: ❌ Rumah tangga Retak dan Perceraian ❌ Konflik keluarga berkepanjangan ❌ Fikiran kacau dan gangguan mental ❌ Harta Hilang dan bisnis bangkrut ❌ Visi Ukhrawi Pudar • Tentu setelah mengamalkan Poligami, anda ingin hidup anda lebih bahagia, lebih makmur dan lebih berkah. Untuk itu, anda wajib mengikuti pelatihan ini! • Insya Allah dalam pelatihan ini, Ilmu, Pengalaman dan Cara Sukses (How to) Poligami akan dikupas secara tuntas oleh trainer Nasional dan Praktisi puluhan tahun dalam keluarga besar poligami. • Berilmu dulu, baru beramal. Perbaiki ilmu, agar amal lebih baik. Belajar lagi agar kualitas hidup lebih Multi manfaat. • Manfaat yang Anda Dapatkan dari Pelatihan Ini: ✔️ Menata Mindset Bahagia ✔️ Kupas Tuntas Poligami ✔️ Mudah mengamalkan Syari'at Poligami ✔️ Istri tidak menolak dipoligami ✔️ Management keluarga bahagia ✔️ Hidup lebih berkah ✔️ 35% Teori, 65% Cara Sukses Poligami • 🔥 PROMO KHUSUS 10 PENDAFTAR TERCEPAT: ❌ Rp̶ ̶4̶.̶7̶4̶9̶.̶0̶0̶0̶ ✔️ Rp 3.799.000 • Investasi HANYA Sekali, anda akan mendapatkan bekal sukses dalam rumah tangga dan poligami anda. Sebab beramal tanpa ilmu akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar daripada manfaat. • 🔥 KUOTA TERBATAS, HANYA UNTUK 30 ORANG • Informasi, Konsultasi dan Konfirmasi: WhatsApp 0852-1001-1117 #poligami #seminarparenting #amalansunnah #seminaronline #pejuangsunnah #cintasunnah #seminarbisnis #sunnaheverywhere #seminarkitmurah #assunnah #keluargasakinah #keluargaku #seminarnasional #keluargabesar #resepkeluarga #ruangkeluarga #sunnahnabi #sunnahrasul #keluargabahagia #bisnisdigital

A post shared by Robbanian Family (@robbanianfamily) on

Dijelaskan pula dalam unggahan tersebut beberapa efek buruk yang berakibat dari kurang tertatanya poligami karena dilakukan secara asal-asalan. Yakni menghilangnya harta (bisnis bangkrut), perceraian dalam kehidupan rumah tangga, konflik keluarga yang berkepanjangan, gangguan secara mental, hingga pudarnya visi ukhrawi.

Pelatihan poligami tersebut diketahui juga mematok biaya yang cukup lumayan, yakni Rp Rp3.799.000. Tak hanya soal membenahi mindset tentang poligami, sang pelatih yang bernama coach Hafidin tersebut juga menyematkan informasi dirinya yang telah menikah dengan 4 istri dan memiliki 24 anak.

Ilustrasi poligami [sumber gambar]
Pelatihan poligami di atas merupakan sekian dari workshop pernikahan yang telah marak di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Sebelumnya, ada pula training serupa yang beredar di grup WhatsApp dan di media sosial hingga tak kalah membuat heboh. Uniknya lagi, tajuk yang digunakan seakan memanfaatkan situasi new normal yang mulai berjalan.

Biaya yang dikenakan juga cukup lumayan, yakni Rp3,5 juta untuk peserta laki-laki. Sementara untuk peserta perempuan sebesar Rp1,5 juta. “New normal? Poligami!” tulis poster tersebut. Informasi soal poligami tersebut juga diunggah oleh aku Instagram Lambe Turah pada Sabtu (06/06/2020), dan langsung diserbu beragam komentar oleh netizen.

Keterangan yang ditulis di dalam poster menjelaskan, kelas tersebut diselenggarakan pada Minggu, 28 Juni 2020, pada pukul 09.00-17.00 WIB. Peserta yang bisa mengikuti kelas hanya dibatasi untuk 20 pendaftar saja. Sementara dalam poster juga terpampang empat foto yang diduga sebagai pemateri.

Agar menarik perhatian, slogan pelatihan poligami itu juga dibubuhi slogan yang menjanjikan jaminan bisa mendapatkan empat orang istri sesuai syariat. “Cara Kilat Dapat Istri Empat Sesuai Syariat,” bunyi slogan dalam poster tersebut. Yang jelas, poligami di Indonesia memang masih mengundang pro dan kontra dari masyarakat.

Meski demikian, ada pula contoh sukses dari mereka yang mempraktikkan kehidupan berpoligami. Salah satunya adalah politikus Partai Nasdem, Lora Achmad Fadil Muzakki Syah. Saat dilantik sebagai anggota DPR RI, pria asal Jember, Jawa Timur itu membawa tiga istrinya sekaligus. Alhasil, dirinya pun sempat menjadi sorotan pada saat itu.

Rahasianya, Lora Fadil mengaku mampu mengerti seorang perempuan. Hal ini diutarakan oleh dirinya saat diwawancarai oleh Alvin Adam dalam acara Alvin & Friends di YouTube. “Saya seorang laki-laki yang bisa mengerti perempuan. Mereka ingin disayangi, dipuja, dan diberi surprise-surprise. Saya bisa melakukan itu”, ucap Lora Fadil dalam video tersebut

BACA JUGA: Inilah Ustadz-Ustadz yang Kontroversial dengan Keputusan Poligaminya

Mau poligami atau tidak, semua kembali pada diri masing-masing. Bagi mereka yang mampu dan bisa mengakomodir lebih dari satu istri dengan baik, semua sah saja dilakukan. Namun yang jadi masalah adalah mereka yang justru berpoligami tanpa disertai ilmu yang matang, tapi hanya dilandasi nafsu semata. Nah, gimana menurutmu Sahabat Boombastis?