in

10 Fakta dan Mitos Seputar Batu Akik yang Perlu Kamu Tahu

Dengan motifnya yang unik dan berwarna-warni maka tak mengherankan jika batu akik kini menjadi “kejadian luar biasa” di Indonesia. Di Indonesia sendiri tren batu akik sedang melanda seluruh kawasan negeri, namun sebenarnya tren serupa sudah pernah terjadi di tahun 90-an.

Jika menilik lebih jauh lagi, tren batu akik sebenarnya sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Di awali dengan penemuan batu akik pertama di Sisilia yang kemudian berkembang ke seluruh dunia. Di balik coraknya yang beragam, batu akik juga dipercaya memiliki daya magis yang kadang tidak bisa diterima nalar. Dilansir Boombastis dari Gemstone Buzz inilah 10 fakta dan mitos tentang batu akik.

1. Batu Akik Pertama Kali Ditemukan di Sisilia

Dalam bahasa Inggris batu akik disebut dengan agate. Nama agate sendiri diambil dari nama sungai yang paling terkenal di zaman kuno bernama Achates. Sungai ini berada di Sisilia dan mengalir sepanjang 54 kilometer.

Sungai Dirillo, Sisilia (c) Panoramio
Sungai Dirillo, Sisilia (c) Panoramio

Menurut risalah Theophrastus yang tertulis pada sebuah batu dengan tahun menunjukkan angka 315 sebelum masehi, nama Achates atau batu akik pertama kali ditemukan di sungai ini. Kini sungai yang fenomenal ini telah berubah nama menjadi sungai Dirillo.

2. Batu Akik Telah Digunakan Sejak Tahun 20.000 Sebelum Masehi

Jika merujuk pada risalah Theophrastus, batu akik baru ditemukan sekitar 315 tahun sebelum masehi, namun berdasarkan penelitian lebih lanjut didapatkan fakta yang mengejutkan. Ada bukti yang menunjukkan bahwa batu akik sudah digunakan sejak 20.000 tahun sebelum masehi.

Patung Theophrastus (c) wikimedia
Patung Theophrastus (c) wikimedia

Berdasarkan penelitian terhadap sejarah, didapatkanlah bukti bahwa kaum pria dari Eropa Utara pada masa zaman batu sudah menggunakan batu mulia ini sebagai perhiasan, dan pada tahun 400 sebelum masehi orang Yunani menggunakannya sebagai perhiasan dan manik-manik.

3. Akik Adalah Batu Permata Kuno yang Memiliki Daya Magis

Batu akik menjadi batu permata kuno yang paling berharga dan yang paling pertama dikenal oleh manusia sebelum mereka mengenal emas dan berlian seperti sekarang. Ini dikarenakan jenis batu mulia ini sangat keras dengan motif yang menarik dan berwarna-warni.

Batu Akik Memiliki Daya Magis (c) cdn.klimg.com
Batu Akik Memiliki Daya Magis (c) cdn.klimg.com

Pada zaman dahulu, siapa saja yang mengenakan batu akik diyakini bisa membuat pemakainya menjadi ramah, jujur dan berpengetahuan luas. Singkatnya, batu akik memiliki daya magis yang dapat memperluas perspektif kehidupan.

4. Batu Akik Bisa Menjadi Penolak Bala

Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang lain daerah lain pula mitos yang berkembang mengenai kemampuan batu akik. Sebagai contoh dalam budaya Persia, batu akik dianggap memiliki kekuatan untuk mencegah badai.

Batu Akik Galih Asem Tapak Jalak Bisa Menolak Bala (c) batumulialukula.com
Batu Akik Galih Asem Tapak Jalak Bisa Menolak Bala (c) batumulialukula.com

Orang Persia percaya bahwa batu akik memiliki kekauatan sebagai pelindung termasuk melindungi mereka dari amukan badai. Selain itu mereka juga percaya jika batu akik bisa meringankan pemakainya dari rasa haus. Di belahan dunia lain juga menganggap jika batu akik adalah batu permata yang protektif.

5. Batu Akik Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Bukan hanya pada zaman dahulu saja yang menyakini bahwa batu akik menyimpan energi yang bisa memberikan berbagai manfaat termasuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hingga kini pun kepercayaan akan daya magis sebuah batu akik masih terjaga dengan baik.

Insomnia konon dapat Sembuh jika Memakai Akik (c) www.clinicaomegazeta.com
Insomnia konon dapat Sembuh jika Memakai Akik (c) www.clinicaomegazeta.com

Batu akik yang sebenarnya adalah batuan alam yang memiliki corak berwarna-warni ini diasosiasikan dengan kemampuan menyembuhkan. Gangguan seperti insomnia, alergi, penyakit kulit, dan stres adalah beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan memakai batu akik. Selain itu masih banyak lagi penyakit yang konon bisa sembuh lantaran memakai batu akik.

6. Dahulu Batu Akik Dibikin Mangkuk

Meski sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai batu permata yang digunakan untuk perhiasan, namun nyatanya fakta menunjukkan bahwa sebagian besar batu akik dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mangkuk ketimbang perhiasan.

Mangkuk dari Batu Akik (c) 1.bp.blogspot.com
Mangkuk dari Batu Akik (c) 1.bp.blogspot.com

Mangkuk yang terbuat dari batu akik ini sangat terkenal pada zaman dahulu hingga Mitharades, raja Pontus memiliki lebih dari 3.000 mangkuk dari batu mulia ini. Pada saat ini, Anda bisa melihatnya di museum-museum kerajaan.

7. Bangsa Sumeria Menggunakan Akik Sebagai Perhiasan

Lain halnya dengan bangsa Sumeria, mereka memiliki kredit tersendiri atas pemanfaatan batu mulia ini. Bangsa Sumeria menggunakan batu akik sebagai segel, manik-manik dan berbagai bentuk perhiasan lainnya.

Ilustrasi Bangsa Sumeria (c) csjh1.files.wordpress.com
Ilustrasi Bangsa Sumeria (c) csjh1.files.wordpress.com

Bangsa Sumeria sendiri adalah salah satu masyarakat perkotaan yang paling awal muncul di dunia. Mereka menghuni area sebelah selatan dari Mesopotamia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bangsa ini juga terkenal salah satu bangsa yang paling maju dalam hal tulis-menulis.

8. Orang Arab Memakai Batu Akik Agar terhindar dari Musibah

Pada zaman dahulu orang-orang Arab dan Persia memakai cincin batu akik di jari manis mereka. Uniknya batu akik tersebut diukir ayat-ayat tertentu yang diambil dari Al-Qur’an dan juga simbol-simbol tertentu.

Batu Akik Berukir Lafadz Allah (c) batam.tribunnews.com
Batu Akik Berukir Lafadz Allah (c) batam.tribunnews.com

Dengan memakai cincin batu akik yang seperti itu mereka semua percaya bahwa batu itu akan menyelamatkan mereka dari bahaya. Keyakinan yang seperti itu bahkan masih ada hingga kini. Masih banyak orang-orang yang percaya bahwa batu akik bisa menghindarkan seseorang dari musibah.

9. Batu Akik Buat Hadiah Pernikahan

Batu akik tampaknya memiliki beberapa makna khusus terkait dengan ulang tahun pernikahan ke-12 dan ke-14. Ulang tahun pada umur-umur tersebut dianggap sangat istimewa sehingga dikaitkan dengan batu akik yang juga memiliki variasi yang beragam indahnya.

Cincin Batu Akik Sepasang (c) www.slightshop.com
Cincin Batu Akik Sepasang (c) www.slightshop.com

Nah, buat pasangan yang juga sependapat dengan kepercayaan ini, biasanya mereka akan menghadiahi pasangan mereka cincin batu akik tepat di hari jadi pernikahan mereka yang ke-12 maupun ke-14. Hari-hari tersebut akan menjadi hari paling istimewa buat mereka.

10. Batu Akik Dapat Melindungi Bayi dalam Kandungan

Warna batu akik yang berbeda-beda tampaknya memiliki hubungan dengan berbagai sifat fisik dan mental manusia. Sehingga setiap orang akan memilih jenis-jenis tertentu dari batu akik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Batu Akik Dipercaya Dapat Melindungi Janin (c) batupermata9.files.wordpress.com
Batu Akik Dipercaya Dapat Melindungi Janin (c) batupermata9.files.wordpress.com

Yang unik adalah bahwa ada mitos yang mengatakan jika batu akik dianggap membawa hoki jika dipakai wanita hamil. Berdasarkan kepercayaan yang beredar, dengan kesaktian yang dimilikinya batu akik bisa melindungi ibu dan bayi yang sedang dikandungnya.

Itulah kesepuluh fakta dan mitos seputar batu akik. Jadi sekarang Anda tahu bahwa batu akik sudah terkenal sejak dahulu dan kesaktiannya juga sudah diakui oleh orang-orang sebelum kita.

Written by Alfry

Leave a Reply

10 Restoran di Seminyak Bali dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Meraup dolar dari adsense

Kurs Dollar Naik, Jenis-jenis Usaha Ini Meraup Banyak Untung