in

Fakta Miris Militer Mongol, Dulu Ditakuti Kini Bukan Siapa-Siapa

Negara Tanpa Kekuatan Laut

Di satu sisi ada negara-negara yang jor-joran memperkuat armada laut mereka, namun di sisi lain ada pula yang tak memiliki kekuatan laut. Nah, untuk yang kedua itu, Mongol masuk ke dalam salah satunya. Ya, diketahui, negara ini tak memiliki satu pun Destroyer atau kapal apa pun alias tidak punya taji di lautan.

Mongol tak punya kekuatan laut [Image Source]
Hal ini cukup masuk akal sebenarnya karena posisi geografis Mongol yang landlocked alias dikepung daratan. Meskipun demikian, kalau melihat ke masa lalu, kekuatan laut Mongol ini luar biasa. Salah satu buktinya ya perang mereka di Jawa. Diketahui saat itu Jenghis Khan mengirimkan ratusan kapal berisi ratusan ribu pasukan untuk menyerang Jawa. Tapi, hari ini satu kapal tempur saja mereka tak punya.

Dari fakta-fakta di atas kita bisa simpulkan bahwa hebat di masa lalu tak mesti bakal tetap awet sampai sekarang. Mongol dulu begitu luar biasa dan tak karuan, hari ini jadi negara lemah yang mungkin bisa diinvasi hanya dengan sedikit pasukan. Sebenarnya kondisi macam begini tak hanya dialami oleh Mongol. Si mantan penjajah kita, Belanda, pun tak ada bedanya. Mereka kini terpaut sangat jauh dari Indonesia soal militer.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Digi, Kampung Tersembunyi Temuan TNI di Papua yang Belum Masuk dalam Peta Indonesia

Menguak Fakta Tentang Azhdarchid, Burung Purba Raksasa Menakutkan yang Jarang Diketahui