Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngowot di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, belakangan menjadi pembicaraan hangat lantaran nisan yang ada dicat berwarna-warni. Alhasil, kompleks pemakaman yang biasanya terlihat menyeramkan itu berubah menjadi semarak.

Bukan tanpa sebab, nisan yang dicat berwarna-warni itu ternyata baru saja diikutkan lomba kebersihan makam yang digelar Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun. Alhasil, warna-warna mencolok yang ada pun menarik perhatian masyarakat. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Lokasi pemakaman yang kemudian menjadi ajang selfie

Warna-warna tegas dan mencolok yang terdapat pada nisan kuburan, justru membuat TPU Ngowot menjadi ajang selfie pengunjung. Foto-fotonya yang banyak beredar di media sosial pun viral hingga membuat banyak orang tertarik dan penasaran untuk berkunjung. Kesan angker dan menyeramkan pun hilang lantaran TPU menjadi obyek untuk berfoto.

Diikutkan lomba kebersihan makam dan keluar sebagai juara

Pewarnaan yang habiskan 50 liter cat [sumber gambar]
Pengecatan makam dengan cat warna-warni tersebut ternyata berkaitan dengan ajang yang diikuti, yakni Lomba Kebersihan Makam Tingkat Kota Madiun. Untuk mempercantik makam, warga menghabiskan sebanyak 50 liter cat dengan waktu pengerjaan selama sebulan. Beruntung, ide kreatif tersebut membuat TPU Ngowot keluar sebagai juara pertama.

Suasana pemakaman yang sempat terkesan seram dan langganan banjir

Pintu masuk area makam [sumber gambar]
Sebelum dicat warna-warni dan viral di media sosial, TPU Ngowot layaknya pemakaman umum kebanyakan yang terkesan suram dan angker. Bahkan, kompleks pekuburan itu juga langganan banjir. Namun berkat kreativitas berupa pengecatan dan dihias sedemikian rupa, kesan tersebut kini telah hilang sama sekali dari TPU Ngowot.

Warga ikhlas meski hadiah lomba tak sepadan dengan biaya pengecatan

Salah satu sudut makam yang tampak berwarna-warni [sumber gambar]
Di balik viralnya TPU Ngowot, ada sebuah kisah yang tak banyak diketahui khalayak umum. Di mana hadiah yang didapat setelah menang lomba tak sepadan dengan biaya pengecatan. “Total ya ada sekitar Rp10 juta. Hadiahnya kemarin cuma Rp5 juta. Warga alhamdulillah ikhlas karena sudah diniati. Mungkin ini berkah jadi ramai makam buat tempat selfie,” ucap Penasehat Pengurus makam, Gunawan, yang dikutip dari Detik.com (27/06/2020).

Lokasi makam warna-warni lainnya di Indonesia

Makam yang tampal dicat warna-warni [sumber gambar]
Selain TPU Nguwot Madiun, beberapa kompleks pemakaman yang dicat warna-warni juga ada di beberapa tempat di Indonesia, yakni TPU Angsanah di Pamekasan, Madura, TPU dan Dusun Puspan, Jawa Tengah. Karena telah dipercantik sedemikian rupa, masyarakat pun kerap mengunjungi lokasi tersebut untuk sekedar berekreasi.

BACA JUGA: 4 Fakta Kuburan yang Dicat Warna-warni dan Dijadikan Nongkrong yang Sempat Bikin Heboh

Selain TPU Nguwot di atas, cat warna-warna juga bisa ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Bukan di pemakaman, melainkan perkampungan yang dicat hingga menarik dan menjadi destinasi wisata. Salah satu yang terkenal adalah Kampung Warna-warni Jodipan di Malang, Jawa Timur. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?