in

6 Fakta Unik Leonardo Da Vinci, Si Seniman dan Penemu yang Cerdas Luar Biasa

Sudah 496 tahun lamanya sejak kematian Leonardo Da Vinci di tahun 1519. Meskipun demikian, namanya masih sering dibicarakan hingga sekarang. Bagaimana tidak, semasa hidupnya dulu ia dikenal sebagai sosok cerdas luar biasa. Tak hanya soal seni, tapi juga inovasi yang bagi orang zaman dulu mungkin mustahil, namun sangat bermanfaat di era kekinian.

Meskipun sangat terkenal, bahkan oleh anak SD sekalipun, namun tidak semua tahu fakta-fakta unik tentang si pemikir cerdas ini. Nah, kali ini Boombastis akan mengulas hal-hal unik apa saja dari sosok ini. Siap-siap terkejut karena ada begitu banyak kenyataan tentang Da Vinci yang akan membuatmu terhenyak. Berikut ulasannya.

1. Terkenal Kidal, Tapi Sebenarnya Ia Mahir Menggunakan Dua Tangannya

Leo sering diceritakan banyak media akan ketangkasannya menggunakan tangan kiri. Bahkan namanya disandingkan dengan para kidal terkenal di dunia, seperti Oprah Winfrey atau Obama. Memang tak dipungkiri jika Da Vinci memang kidal, tapi pada kenyataannya ia bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baiknya.

Tangan satunya menulis, satunya lagi melukis, cuma Da Vinci yang bisa melakukannya [Image Source]
Tangan satunya menulis, satunya lagi melukis, cuma Da Vinci yang bisa melakukannya [Image Source]
Pernah menonton film Bollywood berjudul Three Idiot? Di sana kamu akan melihat seorang profesor yang mampu menulis bersamaan dengan kedua tangannya. Nah, Da Vinci juga sama, tapi ia lebih gila. Konon katanya, pria ini biasa menulis dan menggambar sekaligus. Jadi, satu tangannya digunakan untuk memang pena, dan satunya lagi memegang kuas. Hmm, orang paling cerdas sekalipun mungkin tak kan bisa meniru kelakuan unik Da Vinci ini.

2. Da Vinci Bukan Anak Sekolahan yang Pintar

Kalau dicermati baik-baik, beberapa tokoh besar pengubah dunia rata-rata tidak mendapatkan pendidikan formal yang cukup. Entah karena suatu hal, gara-gara dianggap idiot, dikeluarkan, atau tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah formal. Da Vinci ternyata juga salah satu tokoh dengan latar belakang seperti ini.

Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu belajar di rumah dari pada sekolah, namun Da Vinci tetap jadi orang hebat [Image Source]
Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu belajar di rumah dari pada sekolah, namun Da Vinci tetap jadi orang hebat [Image Source]
Yup, diceritakan jika sang maestro ini lebih banyak belajar di rumah daripada pendidikan formal seperti sekolah. Meskipun demikian, tapi ia adalah pencipta deretan ide-ide inovasi dan mahakarya seni luar biasa. Walaupun kenyataannya seperti ini, jangan lantas menganggap sekolah dan pendidikan formal tak penting. Da Vinci mungkin punya alasan tersendiri kenapa sampai tak melakukan hal tersebut. Mungkin karena ia memang tak mampu, mengingat ia lahir dari keluarga petani miskin.

3. Ilmuan Paling Jahil yang Pernah Ada

Mengingat image Da Vinci yang seorang pemikir jenius itu, sangat mustahil untuk mengaitkannya dengan hal-hal konyol. Misalnya seperti mengejai orang-orang. Namun siapa yang menyangka jika Leo memang adalah orang yang jahilnya luar biasa. Namun, sebagai manusia yang berotak encer tentu becandaannya sangat unik dan tidak mainstream.

Kadang Da Vinci suka melakukan lelucon yang sukses mengerjai banyak orang [Image Source]
Kadang Da Vinci suka melakukan lelucon yang sukses mengerjai banyak orang [Image Source]
Suatu ketika orang-orang Vatikan pernah heboh luar biasa. Gara-garanya mereka melihat sebuah makhluk berbentuk naga berukuran kecil. Kejadian ini pun akhirnya dikaitkan dengan berbagai hal yang aneh-aneh termasuk mistis. Ya, berhubung sub judulnya sudah tertulis seperti itu, maka kamu sudah tahu siapa biang onar di balik kekacauan ini. Da Vinci tentu bukan menciptakan naga kecil tersebut, ia hanya memberikan sayap dan tanduk buatan kepada seekor kadal dan kemudian sukses menakuti banyak orang.

4. Tulisan Da Vinci Laku Terjual $30 Juta

Berhubung ketika itu masih belum ada teknologi video atau perekam suara, maka bukti otentik kecerdasan Da Vinci hanya bisa dinikmati dari lembaran-lembaran kertas. Nah, manuskrip ini kabarnya pernah dijual dengan harga yang sangat mahal yakni $30 juta. Pembelinya sendiri adalah si bos Microsoft, Bill Gates.

$30 juta untuk beberapa lembar kertas Da Vinci? Sangat layak! [Image Source]
$30 juta untuk beberapa lembar kertas Da Vinci? Sangat layak! [Image Source]
Jumlah uang ini termasuk sangat banyak, mengingat sang CEO membelinya di tahun 1994. Meskipun sangat mahal dan langka, namun Bill tidak pelit untuk menunjukkannya kepada masyarakat umum. Kamu bisa melihat beberapa lembar dari tulisan Da Vinci tersebut di salah satu screen saver Windows 95.

5. Monalisa dan Maknanya

Salah satu karya terbesar Da Vinci adalah Monalisa. Seperti yang kamu tahu, lukisan ini punya banyak sekali misteri yang menyelimutinya. Mungkin sudah puluhan analisa yang dilakukan, walaupun akhirnya lukisan ini tetap misterius. Sebenarnya Monalisa-nya sungguh biasa, namun gara-gara yang melukis adalah Da Vinci yang dikenal dengan berbagai kesan menakjubkan itu, lukisan ini pun jadi lebih bernilai.

Monalisa, salah satu karya terbesar Da Vinci yang bikin banyak orang binugung ketika menganalisanya [Image Source]
Monalisa, salah satu karya terbesar Da Vinci yang bikin banyak orang binugung ketika menganalisanya [Image Source]
Nah, salah satu yang paling unik dari lukisan ini adalah ekspresi wajah sang Monalisa. Banyak yang menduga-duga apakah sang obyek lukisan ini bersedih, bahagia dan sebagainya. Namun belakangan, ketika lukisan ini dipindai oleh semacam perangkat lunak Face Recognition maka hasilnya sudah bisa dipastikan. Menurut hasil software tersebut, wajah Monalisa 83 % bahagia, 9 % merasa jijik, 6 % takut, dan 2 % marah.

6. Pernah Tersangkut Kasus Berat Namun Berhasil Lolos

Hidup sebagai seniman dan pemikir sudah barang pasti hidupnya tak akan pernah mulus. Tak semua orang benar-benar menyukai Da Vinci, bahkan beberapa hasil pemikirannya kala itu mungkin membuat orang-orang tertawa gara-gara sangat mustahil. Walaupun akhirnya benar-benar tercipta di masa depan. Da Vinci sendiri pernah hampir menghabiskan sisa hidupnya di penjara gara-gara pernah tersangkut sebuah kasus.

Da Vinci juga pernah akan dihukum mati [Image Source]
Da Vinci juga pernah akan dihukum mati [Image Source]
Dulu ia pernah diduga melakukan perbuatan amoral kepada seorang laki-laki. Kala itu Da Vinci sudah akan diseret untuk diadili dan pasti dihukum mati. Namun lantaran tidak ada saksi mata yang menguatkan sangkaan tersebut, akhirnya sang seniman besar ini lolos. Hingga kini soal peristiwa buruk tersebut tak ada seorang pun yang mengetahui kebenarannya.

Da Vinci sendiri hidup dalam waktu yang tidak lama, hanya sekitar 67 tahun. Namun peninggalannya begitu luar biasa dan bahkan dipuji hingga beratus-ratus tahun kemudian. Tak hanya soal inovasi dan karya seni, Da Vinci ternyata juga dikenal sebagai musikus jenius. Sayangnya, hampir tidak ada satu pun not balok karyanya yang tertulis dalam kertas. Jika hal tersebut terjadi berkebalikan, mungkin saja namanya juga masuk ke dalam daftar komposer legendaris, seperti Bach, Mozar, atau Beethoven.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Tempat yang Terlarang bagi Wanita untuk Mendatanginya

Kejayaan Samudra Pasai, Pintu Gerbang Masuknya Islam ke Indonesia