in ,

Inilah 4 Fakta Mengenai Kesurupan Massal yang Tidak Selamanya Lekat dengan Hal Mistis

Entah mengapa, hampir setiap tahunnya selalu terjadi kasus kesurupan massal di masyarakat. Misalnya akhir-akhir ini, puluhan pelajar di Tebas Kalimantan barat  tidak sadarkan diri dan bertingkah seolah jadi orang lain. Alhasil, kegiatan belajar mengajar harus dihentikan karena kesurupan masih berlanjut hingga hari berikutnya.

Lalu, apakah benar kesurupan yang sering terjadi itu merupakan ulah makhluk halus? Ternyata tidak semua benar, pasalnya kesurupan massal sekalipun dapat dijelaskan melalui kaca mata medis. Agar kamu lebih paham, berikut fakta mengenai kesurupan massal yang sering terjadi

Banyak yang mengaitkan dengan hal mistis

Umumnya kalau bicara mengenai kesurupan, entah mengapa yang tergambar dalam pikiran kita adalah mengenai hal-hal yang berbau mistis. Mulai kemasukan roh halus, hingga ilmu hitam dari seseorang yang berniat jahat. Itu bukan hal yang aneh kalau mengingat kalau masyarakat Indonesia masih sering percaya dengan hal-hal yang berbau klenik.

Kesurupan dan hal mistis [image source]
Selain itu, dalam beberapa keyakinan agama juga membenarkan hal tersebut. Mengingat memang ada makhluk lain tak kasat mata yang juga hidup berdampingan dengan manusia. Namun sayang, tidak semua kasus kesurupan selalu berhubungan dengan klenik ataupun agama, alias ada juga yang terjadi karena faktor lain yang dapat dijelaskan melalui ilmu psikis dan science.

Penjelasan ilmiah mengenai kesurupan

Ternyata baik secara ilmiah ataupun medis, ada penjelasan yang logis tentang terjadinya kesurupan ini. Ya, umumnya gejala ini disebut dengan Dissociative Trance Disorder, yaitu suatu kondisi di mana seseorang dalam keadaan mental tidak stabil dan mengalami perubahan identitas diri akibat berbagai faktor semisal tekanan.

keadan mental [image source]

Namun ada pula para ahli yang menghubungkannya dengan gangguan saraf yang ada pada otak manusia, terutama pengatur emosi yang mengakibatkan seseorang kehilangan kontrol diri dan mengamuk tidak karuan. Kebanyakan kasus kesurupan tidak berbahaya, namun sebagian ada yang sampai meregang nyawa.

Lalu bagaimana dengan kesurupan massal?

Terjadinya kesurupan massal biasanya dimulai dari salah satu siswa yang seolah menular pada siswa lainnya. Ternyata jika dipandang secara ilmiah, hal ini terjadi karena sebuah histeria dari siswa lain mengalami kesurupan. Yang seperti “latah”, siswa lain yang tidak bisa mengontrol ketakutan, kecemasannya saat melihat temannya kesurupan jadi ikut tidak sadarkan diri.

kesurupan siswa [image source]
Akhirnya peristiwa ini menjadi reaksi berantai pada orang lain mentalnya tidak terlalu kuat atau pun yang juga sedang ada tekanan. Jadi bukan hal yang aneh kalau ternyata tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri pun sebenarnya juga sering ditemui kejadian seperti kesurupan massal.

Kebanyakan kasus adalah para wanita dan remaja

Umumnya fenomena yang satu ini tidak sembarangan kalangan yang mengalaminya. Ya, dari beberapa kisah kesurupan massal yang terjadi di Indonesia, kebanyakan ditemui pada lingkungan sekolah ataupun pabrik yang pegawainya adalah perempuan. itu wajar mengingat wanita dan remaja kadang mentalnya tidak kuat ketika melihat kondisi kesurupan ataupun hal aneh lainnya.

yang rawan kesurupan [image source]
Bukan berarti pria tidak pernah mengalami kesurupan masal, pasalnya mereka yang keadaan mentalnya tidak stabil atau banyak tekanan pun juga bisa mengalaminya. Namun dari sejumlah kasus yang terjadi, para pria ini hanya menjadi pemicu atau orang pertama dari reaksi berantai kesurupan massal.

Dari fakta-fakta tersebut kita jadi tahu kalau ternyata kesurupan massal pun dapat dijelaskan secara ilmiah. Dengan adanya informasi tersebut paling tidak memberitahukan kita kalau tidak semua kesurupan adalah selalu berhubungan dengan dunia gaib, melainkan murni gangguan mental sementara karena tekanan yang ada.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Mulai Bentuk Pocong Hingga Kuyang, Inilah 4 Fakta Bantal Guling Model Hantu yang Viral di Thailand

Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”