5 Fakta Kelam Peternakan Selandia Baru ini Bisa Membuatmu Anti Susu Sapi

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Dec 5, 2015

Selandia Baru adalah surga bagi produk-produk peternakan seperti susu, daging, hingga keju. Alam yang indah dengan bentangan padang rumput subur membuat Selandia Baru menjadi salah satu penghasil produk sapi terbesar di dunia. Banyak sekali produk susu olahan yang dari Indonesia berasal dari peternakan yang ada di Selandia Baru.

Sayangnya, banyak sekali peternakan yang justru memperlakukan sapi-sapinya dengan sangat buruk. Bahkan bisa dibilang super kejam hingga banyak pihak mengecamnya. Inilah lima fakta kelam peternakan Selandia Baru yang bisa membuatmu anti susu sapi.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Sapi Harus Melahirkan Setahun Sekali

Satu hal yang harus anda tahu tentang peternakan sapi di Selandia Baru. Satu ekor sapi paling tidak harus melahirkan satu anakan dalam setahun. Hal ini dilakukan agar produksi susu tetap banyak dan tidak terjadi hambatan.

Sapi harus melahirkan setiap tahun
Sapi harus melahirkan setiap tahun

Akhirnya pihak peternakan akan melakukan inseminasi buatan agar sapi jadi hamil lalu melahirkan setiap tahunnya. Metode ini sebenarnya dilarang karena membuat sapi menjadi mesin penghasil susu, bukan sebagai hewan ternak yang setidaknya diperlakukan dengan baik.

2. Bayi Sapi yang Lahir Langsung Diambil dari Indukannya

Setelah sapi betina melahirkan, selang beberapa menit saja, anak sapi langsung diambil dari induknya. Hal ini dilakukan agar susu yang ada pada sapi tidak diminum oleh anaknya. Susu itu nanti akan diambil untuk produksi olahan susu seperti susu segar kemasan dan keju.

Sapi diambil dari indukannya
Sapi diambil dari indukannya

Saat bayi sapi diambil, biasanya indukan akan berlarian mengikutinya. Peternak tidak memedulikan hal ini meski induk sapi pasti akan mengalami stres selama beberapa hari karena anaknya yang baru lahir diambil..

3. Bayi Sapi Jantan Selalu Menemui Ajal

Jika bayi sapi yang nantinya lahir adalah jantan, maka ia akan berakhir di jagal, atau dibiarkan mati di kandang karena tidak diberi makan dan minum. Pihak peternakan hanya akan menggunakan anakan sapi betina untuk dibesarkan dan nantinya diambil susunya.

Sapi dibantai dengan keji
Sapi dibantai dengan keji

Sapi jantan kecil biasanya akan dilempar-lempar dari kandang, lalu dipukul kepalanya hingga meninggal dengan cepat. Jika penjagal malas melakukannya, mereka akan membiarkan mereka mati dengan sendirinya di luar karena tak diberi makan.

Setelah meninggal, sapi-sapi ini akan dikumpulkan dalam sebuah wadah dan dibuang begitu saja tanpa dikubur dengan baik. Sapi jantan kecil atau sapi yang tak sehat lainnya dianggap hama yang akan merugikan pihak peternakan. Mati dianggap jalan yang terbaik.

4. Lebih dari 2 Juta Bayi Sapi Dibantai

Setidaknya ada sekitar 2 juta bayi sapi yang baru lahir harus menerima ajalnya dengan cepat. Biasanya jika dalam empat hari mereka tidak menunjukkan kekuatan pada fisik. Pihak peternakan akan langsung menganggapnya sebagai sampah.

Diperlakukan seperti sampah
Diperlakukan seperti sampah

Mereka akan diangkat, ditendang, dipukul, hingga ditusuk dengan pisau agar cepat mati. Kekejaman inilah yang membuat banyak pihak di Selandia Baru geram. Setidaknya untuk produk yang buruk sapi bisa diperlakukan dengan lebih baik. Mereka adalah hewan yang tahu rasa sakit dan mampu menyimpan sebuah memori kehidupan.

5. Sapi Tidak Dianggap Hewan tapi Benda

Rata-rata satu ekor sapi bisa hidup hingga 25 tahun dengan masa produktif 10 tahun. Di Selandia Baru, sapi yang telah berusia 5 tahun harus memasuki masa afkir dan siap untuk dijagal. Mereka melakukan ini untuk menjaga banyaknya susu yang dihasilkan oleh sapi produktif.

Tidak diperlakukan sebagai hewan
Tidak diperlakukan sebagai hewan [image source]
Sapi yang dianggap produksi susunya menurun akan langsung dipisahkan lalu diperlakukan dengan sangat kejam. Tak jarang para penjagal menyiksa sapi terlebih dahulu sebelum mengakhiri pengabdiannya selama ini.

Itulah lima fakta kelam dari peternakan di Selandia Baru. Sapi-sapi yang menghasilkan sapi ternyata diperlakukan dengan sangat buruk. Seperti video di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=YOg2JbHCjgo

Susu memang produk yang banyak gizinya. Namun jika perlakuan terhadap sapi yang menghasilkannya begitu buruk, maka coba bayangkan: “segelas susu yang kita teguk setiap hari menyimpan penderitaan jutaan sapi yang dipukul hingga dijagal tanpa belas kasihan“. Jadi masih doyan susu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA