Pada awal tahun 2018 lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar gugatan cerai yang dilayangkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada istrinya, Veronica Tan. Mayoritas publik tidak percaya akan hal itu, pasalnya selama ini Ahok dan Vero selalu tampak mesra dan harmonis. Namun, setelah melalui beberapa kali sidang, akhirnya gugatan Ahok pun dikabulkan oleh Majelis Hakim.

Rupanya benar, dugaan Ahok terhadap good friend Vero alias orang ketiga memang benar merupakan penyebab keretakan rumah tangga yang telah dibangun dari tahun 1997. Veronica pun mengakuinya dengan sepucuk surat bahwa selama ini ia kerap berhubungan dengan sosok Julianto Tio. Sahabat Boombastis (Saboom) pasti bertanya-tanya, siapa sebenarnya Julianto Tio? Dalam ulasan berikut, kalian bisa menemukan 6 fakta tentang dirinya.

1. Disebut-sebut sebagai kader Partai Gerindra

Pertama kali isu ini muncul, banyak orang yang mencari-cari siapa Julianto Tio itu sebenarnya. Bahkan, nama Julianto Tio pun menjadi kata kunci teratas ketika kita menuliskan “Julianto” di mesin pencarian Google. Jelas saja, semua orang penasaran dengannya. Sosok yang juga keturunan Tionghoa ini berusia lebih muda daripada Ahok.

Julianto Tio Katanya Kader Gerindra [sumber gambar]
Lalu, beredar kabar bahwa dirinya merupakan seorang politisi dari Partai Gerindra. Namun, ketika dikonfirmasi, banyak petinggi-petinggi partai Gerindra yang tidak mengakuinya. Bahkan, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Fadli Zon, mengaku tidak pernah kenal dengan Julianto Tio, seperti yang diwartakan idntimes.com.

2. Konglomerat kaya, pendiri PT Tio Niaga Jaya Lestari

Bukan hanya sekedar keturunan Tionghoa saja, ternyata Julianto Tio juga seorang pebisnis andal. Menyebutnya konglomerat kaya, masih sah-sah saja, bukan? Perusahaan yang bergerak di bidang pangan ini didirikan oleh Julianto Tio pada tahun 2005. Namun, pada awal tahun 2018 perusahaan ini sudah tak beroperasi.

Kantor PT Tio Niaga Jaya Lestari [sumber gambar]
Belum ada yang tahu apa sebab kantor PT Tio Niaga Jaya Lestari sudah tak berpenghuni. Namun, di sisi lain para karyawan memiliki pendapatnya masing-masing. Ada yang menilai bahwa sang pendiri sering berperilaku kasar pada karyawan dan menjadi seorang yang pemarah. Mungkin karena isu-isu tak sedap itulah PT Tio Niaga Jaya Lestari berhenti beroperasi sementara.

3. Sudah memiliki istri dan anak

Jika memang benar Julianto Tio terlibat romansa dengan Vero, maka bukan hanya rumah tangga Ahok saja yang hancur, tapi juga keadaan istri dan anak Julianto Tio. Ya, pria yang menjadi orang ketiga dalam keretakan rumah tangga Ahok-Vero ini rupanya sudah beristri dan memiliki anak. Bahkan, Ahok sudah pernah bertemu dengannya, loh.

Julianto Tio dan Keluarganya [sumber gambar]
Ketika Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia dan putra pertamanya—Nicholas Sean Purnama, mendatangi sebuah rumah sakit di mana Julianto Tio sedang menunggui istrinya bersalin. Kala itu, Ahok dan Sean memohon pada Julianto Tio untuk berhenti menghubungi Vero demi utuhnya rumah tangga masing-masing. Namun, Julianto Tio menolak dan bersikeras ingin tetap menjaga komunikasi dengan istri Ahok.

4. Kontak Julianto Tio di handphone Vero disamarkan agar tak ketahuan Ahok

Pantas saja perselingkuhan Vero dengan Julianto Tio baru tercium Ahok setelah 7 tahun lamanya. Hal tersebut dikarenakan, Vero selalu menyebut Julianto Tio sebagai teman perempuannya. Bahkan, di kontak Vero nama Julianto Tio diganti dengan “Bunga.” Ia pun lebih sering pergi ke luar rumah tanpa memberi tahu Ahok.

Julianto Tio Disebut Medan Elang [sumber gambar]
Mencium ada gelagat aneh, Ahok hanya berkali-kali memperingatkan Vero. Ketika sudah ketahuan dirinya bermain belakang dengan Julianto Tio, Vero mengganti lagi kontaknya menjadi “Medan Elang.” Ahok pun semakin curiga, apalagi setelah ia mendekam di Mako Brimob. Vero semakin berani pergi berdua dengan orang ketiga. Bahkan, pada November 2017 kemarin, Vero kepergok pergi ke Singapura bersama Julianto Tio.

5. Selalu berkomunikasi menggunakan Bahasa Hokkien dengan Vero

Meskipun Ahok, Vero, dan Julianto Tio sama-sama keturunan Tionghoa, rupanya ada satu perbedaan yang hanya bisa dimengerti oleh Vero dan Julianto Tio. Hal tersebut adalah bahasa. Vero menyatakan Ahok tak begitu lancar dan mengerti Bahasa Hokkien, sehingga hal tersebut membuat Vero semakin lancar berkomunikasi dengan Julianto Tio.

Ahok-Vero [sumber gambar]
Terkadang, ketika Ahok bertanya apa arti dari percakapannya dengan “Medan Elang,” Vero tak menjawab. Hingga akhirnya Ahok menemukan sendiri artinya, Vero hanya bisa meminta maaf dan berjanji tak akan mengulanginya lagi. Namun, hal ini terus saja terjadi karena Julianto Tio menolak untuk tak berhubungan dengan Vero.

6. Pernah video call Vero di depan Ahok

Kebangetan! Itulah satu kata yang mungkin akan diucapkan oleh para pengikut akun gossip @lambe_turah. Beberapa saat lagi juga Julianto Tio akan dianugerahi gelar Pebinor alias Perebut Bini Orang dari mereka. Hal ini dikarenakan, sikap yang dilakukan Julianto Tio sudah terlewat batas.

Ahok Veronica Tinggal Kenangan [sumber gambar]
Entah apa yang dipikirkannya, sehingga tak mengkonsiderasikan kondisi dua rumah tangga yang akan hancur gara-gara ulahnya. Pada waktu Vero mengunjungi Ahok di Mako Brimob, Julianto Tio masih sempat-sempatnya melakukan video call. Vero pun tak segan mengangkatnya di depan sang suami, hingga Ahok akhirnya naik darah dan menegur keduanya.

Selama ini, Ahok memang mengira bahwa Julianto Tio alias Ahwa memang hanya sebatas good friend dengan Vero. Namun tak sangka, akhirnya ialah yang menyebabkan keretakan rumah tangga Ahok dan Vero. Para Saboom di manapun kalian berada, hati-hati, ya, pelakor dan pebinor kini sudah semakin marak!