Era 90an adalah masa di mana trend musik kita adalah bergenre pop yang kental banget. Kalau mau dirunut, di zaman itu begitu banyak musisi-musisi yang membawakan lagu-lagu bertema ini, mulai dari Nike Ardike, Nicky Astria, sampai Anggun. Nggak hanya dari Indonesia, musisi Malaysia pun juga menggaungkan trend yang sama. Nama-namanya pun pasti kita kenal, termasuk salah satunya yang bernama Iklim.

Iklim bisa dibilang salah satu musisi paling laris di negaranya bahkan di Indonesia. Lagu-lagunya pun juga familiar diputar di acara musik sampai kawinan. Untuk fakta yang terakhir itu, dulu memang adalah nggak afdol kalau pernikahan tidak memutar lagu-lagu macam Suci Dalam Debu sampai Sampai Tinggal Penderitaan. Sekian waktu berlalu Iklim sekarang jauh berubah, nggak hanya karena usia namun karena berbagai hal. Dan berikut ini adalah fakta-fakta Iklim yang mungkin tak pernah kamu ketahui.

Sering Bergonta Ganti Personil

personel iklim [Image Source]
Dari awal didirikan hingga tahun 2016, tercatat sudah ada 9 kali pergantian personil dalam tubuh Iklim. Formasi awal band ini adalah lima orang yang terdiri dari Saleem (Vokalis), Umarul (gitar elektrik dan akustik), Salim (gitar bass), Fadhil (gitar kedua) dan Kama (drum). Namun di tahun-tahun berikutnya Iklim mulai mengalami perombakan. Terakhir di tahu 2016, band ini hanya terdiri dari 4 orang saja yaitu Umarul, Halim, Kama dan Huzali. Saleem sang vokalis tak bisa lagi bergabung karena harus menjalani rehabilitasi.

Tiga Album Besar jadi capaian Iklim

Album Iklim [Image Source]
Album yang mereka telurkan sangat banyak jumlahnya, tetapi terbagi dalam tiga album besar. Diantara tiga album tersebut ada lagu Suci Dalam Debu yang membuat nama Iklim melejit. Tiga album besar tersebut terdiri dari Album Studio dari tahun 1990-2007, Album Koleksi antara tahun 1993-1997 dan Album Kompilasi dari tahun 1998-2007. Meskipun punya banyak lagu, tapi yang familiar di telinga masyarakat Indonesia cuma beberapa saja.

Mendapatkan Penghargaan Hampir Tiap tahun di Era 90an

Iklim sering mendapatkan penghargaan [Image Source]
Melihat popularitas Iklim yang luar biasa adalah hal yang mustahil kalau grup band ini tak memiliki penghargaan. Ya, di masa jayanya si band asal Trengganu ini sukses menyabet banyak sekali award. Misalnya Anugerah Cakera Platinum Berkembaar Tiga tahun 1991, Anugerah Industri Muzik Pertama Album Dunia Iklim Collection, Best Vokal Group in album tahun 1993, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di zamannya Iklim memang seperti Peterpan zaman dulu yang juga punya begitu banyak award dan populer luar biasa.

Lagu Populer Milik Iklim yang Masih Diputar di Indonesia

Lagu Iklim masih populer [Image Source]
Untuk yang satu ini rasanya nggak perlu banyak bukti ya. Faktanya, lagu-lagu dari Iklim memang masih terngiang bahkan sampai sekarang. Nggak cuma nangkring di playlist-playlist HP atau MP3, lagu-lagu Saleem dkk masih diputar di acara kawinan. Tapi, makin ke sini lagu-lagu Malaysia termasuk Iklim mulai agak ditinggalkan. Berganti Jaran Goyangnya Nella Kharisma atau Sayang nya Via Vallen.

Vokalis Iklim Dua Kali Terjerat Obat-Obatan Terlarang

kondisi Saleem

Seperti kata pepatah, makin tinggi pohon semakin kencang anginnya, hal ini juga terjadi pada Iklim. Ada banyak ujian yang harus mereka hadapi mulai dari gonta ganti personel sampai yang paling krusial adalah skandal yang dilakukan sang vokalis. Ya, diketahui Saleem terpengaruh obat-obatan terlarang sampai akhirnya harus berurusan dengan hukum. Tak cukup sekali, setelah usai masalah yang pertama selang waktu kemudian Saleem kembali mengulangi kesalahannya. Kabar terakhir, Saleem dirujuk ke rumah sakit karena keadaannya drop, tapi ia dikatakan berangsur membaik.

Apa pun yang terjadi dengan band ini, yang jelas mereka pernah membawa dunia yang penuh kenangan. Lagu-lagunya juga inspiratif meskipun liriknya super galau. Harapan untuk Iklim adalah mereka bisa kembali tampil dan terus berkarya. Pasti menyenangkan ya kalau tetiba nuansa dunia musik kita kembali ke ala 90an.