5 Lagu Lama yang Liriknya Bikin Geger Kalau Diperdengarkan di Zaman Sekarang

Dulu mungkin populer, tapi kalau di dengar di zaman ini pasti bakal ‘WOW’ banget

oleh Nikmatus Solikha
14:00 PM on Sep 22, 2017

Yang namanya musik emang nggak pernah bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Dari zaman kalian belum lahir, hingga era modern ini ada beragam genre musik yang diciptakan dan diproduksi. Kira-kira, lagu apa yang kini jadi favoritmu? Ya memang, masing-masing punya genre favorit . Namun, selera genre tersebut tentu tak lepas dari warisan para pendahulu.

Kalau ngebahas para penyanyi pendahulu, mungkin ada satu dua nama yang kalian favoritkan ya? Mungkin saja Nike Ardila atau Tommy J. Pisa? Lagu-lagu jadul emang begitu banyak yang enak dan bisa dinikmati hingga kini. Namun, ada juga beberapa lagu yang liriknya bakal bikin geger kalau didengarkan di jaman ini. Kira-kira, apa aja sih?

Baca Juga
24 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ yang Legendaris
Mimi Peri Versi Thailand, Kocaknya Kostum Madaew Pasti Selalu Sukses Bikin Netizen Ngakak

Caplang by Nicky Astria

Siapa yang nggak kenal nama Nicky Astria? Penyanyi wanita dengan genre rock ini disebut-sebut merupakan yang terbaik yang dimiliki Indonesia. Karier menyanyinya dimulai sejak tahun 1983, dan barangkali kamu juga nggak asing dengan salah satu lagunya yang berjudul ‘Panggung Sandiwara’ yang ngehits di tahun 90-an dulu. Tapi, kira-kira kalian tahu nggak sih kalau Nicky Astria juga pernah membawakan lagu dengan judul ‘Caplang’? Lagu tersebut jadi salah satu bagian dari album Dodo Zakaria yang berjudul ‘Malissa’.

Apa yang membuat lagu tersebut luar biasa? Tentu saja liriknya yang terkesan frontal, “Kuping caplang Congean Jago pasar Dari seberang Pala botak Penuh pitak Tidak suka sama perempuan iiih… Kuping caplang Congean Punya hobi bunuh orang Bulan lalu Kau tertangkap Hari ini kau menghadap hakim Yang sedang membaca hukuman Kau dihukum mati. Bisa dibayangin sendiri deh, lirik tersebut pasti bakal bikin geger banget kalau dinyanyikan di era modern ini.

Rada-Rada Gila by Ahmad Albar

Penyanyi terkenal yang aktif sejak tahun 1966 ini juga termasuk nggak pernah lekang oleh waktu. Namanya juga masih dikenal hingga kini. Nggak heran sih, penyanyi kelahiran Surabaya, 16 Juli 1946 ini memang fokus berkarya sejak usia 11 tahun. Kecintaannya pada dunia tarik suara membuat ayah kandung pesinetron Fahry Albar ini terus bernyanyi di usianya yang sudah 71 tahun.

Sudah banyak banget karyanya yang terkenal dan digemari. Sementara itu, di tahun 80-an, ayah dari lima orang anak ini juga sempat menyanyikan lagu yang cukup frontal dengan judul ‘Rada-Rada Gila’, dimulai dengan lirik, “Rada-rada gila, ocehanmu… kau maki diriku, KEBO! Katakan padaku kau cemburu, tapi jangan maki KEBO! Mulai dari Mirna, sampai Greta juga Sesy Nency dan Madona, semua hanya teman bobo saja.” Bukan cuma liriknya yang luar biasa, tapi maknanya juga nakal abisss!

Dodo Zakaria Kuku Kuku

Penyanyi yang sudah meninggal pada tahun 2007 ini dulu juga sempet terkenal banget sebagai penyanyi. Bukan cuma pelantun lagu, tapi ia merupakan pencipta juga. Begitu banyak karya-karyanya yang beken di tahun 80-90an. Lagu-lagunya dinyanyikan oleh penyanyi beken seperti Vina Panduwinata, Ahmad Albar, Nicky Astria, Gito Rollies dan masih banyak lagi.

Penyanyi yang juga piawai memainkan piano ini pernah juga menyanyikan lagu yang greget dengan judul “Kuku Kuku”, judulnya bisa jadi biasa saja, tapi liriknya aduhai… sangar nian! “Kuku-kukupmu nakal, garuk sana garuk sini. Kok kamu jadi gitu? Sungguh kentir sekali. Nakan senyummu, nakal matamu, nakal tanganmu, nakal deh kamu.“ Nggak kalah menggelitik dari lirik lagu sebelumnya, lagu ‘Kuku-kuku’ ini juga greget banget.

Lonteku by Iwan Fals

Salah satu musisi dan penyanyi yang sampai saat ini karyanya digandrungi segala kalangan. Pria bernama asli Virgiawan Listanto ini sudah aktif di dunia tarik suara sejak tahun 1975. Nggak seperti penyanyi lawas lain yang banyak tergeser oleh nama-nama baru, sosok Iwan Fals terus melahirkan karya-karya yang sesuai dengan selera pasar dan mengikuti tren, seperti lagu Palestina, satu project dan lain sebagainya.

Sepertihalnya penyanyi lawas di zaman dulu, Iwan Fals juga pernah membawakan lagu yang lumayan nakal dengan lirik yang pasti cukup bikin geger jika dipopulerkan di zaman ini, adalah ‘Lonteku’, lagu Iwan Fals yang dipopulerkan pada tahun 1986, bukan cuma judulnya yang terkesan ‘khusus dewasa’, tapi liriknya juga ena ena banget. “Lonteku… Terima kasih. Atas pertolonganmu di malam itu. Lonteku… Dekat padaku. Mari kita lanjutkan cerita hari esok”. Kalau liriknya begitu, tentu nggak bisa sembarang diputar, khawatir kalau ada yang dibawah umur, hehe…

Selebritis by Doel Sumbang

Penyanyi yang memiliki ciri khas karena menyanyikan lagu dengan bahasa campur Sunda ini memiliki nama asli Wachyoe Affandy, namun lebih beken dengan nama Doel Sumbang. Salah satu lagunya yang berjudul ‘Selebriti’ punya lirik yang bener-bener nyindir banget lho. Bahkan, karena lagunya tersebut dapat sebutan musisi ‘sinting’ yang tidak sinting. Bingung? Yah, meski liriknya nyindir dan cukup berani, tapi nggak bisa dipungkiri kalau lagu tersebut memang gambaran realita.

Dengan lirik berbunyi,“Selebritis Bandung Ramping-ramping menor-menor Modis-modis konon kaya Bari sibuk nyoo hape SMS-san jadi gawe Ngondang balad salevel Lanjut ka karoke Iuran papatungan Di karoke suka bungah Lalajo doger jelema Bugil…bugil…bugil…bugil…” Cukup nampar buat orang-orang yang suka berlagak, ya.

Lirik kaya dengan musik yang asik. Bukti kalau orang-orang zaman dulu juga super kreatif. Dan sepertinya lagu-lagu zaman dulu lebih lepas daripada era modern ini. Tapi beneran deh, kalau lagu didengar di zaman modern, pasti bakal bikin geger.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA