Siapa yang tak kenal perusahaan pertambangan terkemuka, PT Freeport Indonesia? Pasti semua masyarakat sudah sering mendengar namanya dan mencari tahu tentang tempat yang  puluhan tahun bekerjasama dengan Indonesia ini. Bukan rahasia lagi bahwa ada banyak sekali orang Indonesia yang mendambakan bisa menjadi bagian dari PT ini.

Freeport sendiri saat ini menjadi sebuah perusahaan publikdi  bidang tembaga dan menjadi yang terbesar di dunia. Statusnya sebagai perusahaan terbesar pastinya sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para fresh graduate sampai profesional. Ditambah lagi banyaknya testimoni tentang betapa asiknya berkarir di Freeport ini yang membuat nilai jualnya semakin tinggi. Di bawah ini diuraikan beberapa alasan mengapa Freeport jadi tempat kerja dambaan banyak orang dan apa yang membuat karyawannya bertahan sampai bertahun-tahun di sana.

Karyawan tidak membutuhkan uang yang banyak

Kita semua pasti tahu bahwa Freeport mampu memberikan gaji yang sangat besar untuk karyawannya. Menurut penuturan beberapa orang, untuk lulusan S1 engineer saja gaji yang diterima berkisar 10 juta. Nominal yang sepertinya sulit didapatkan di tempat lainnya ya. Belum lagi tambahan benefit yang diberikan.

Gaji [image source]
Sumber lain juga menyebutkan bahwa untuk karyawan yang sudah memiliki istri, semua gajinya akan ditransfer ke rekening istri karena Freeport sudah menanggung kebutuhan karyawannya. Bayangkan saja kalau semua hal seperti transportasi antar jemput, seragam, sampai makan minum juga sudah diurus oleh perusahaan. Jadi untuk apa lagi gaji mereka bila tidak langsung dikirim ke istri?

Ada banyak jenis tunjangan yang diterima

PT Freeport Indonesia juga memberikan pegawainya aneka jenis tunjangan yang tidak main-main. Perusahaan ini menyediakan bermacam fasilitas gratis yang berkualitas di tempat terpencil seperti Papua, antara lain tempat olahraga, rumah sakit, tempat ibadah, perumahan, bahkan shopping center.

Ilustrasi shopping center [image source]
Untuk mobilisasi sendiri, pegawai Freeport tak perlu khawatir karena perusahaan juga memiliki armada transportasi yang memadai seperti bus, pesawat, dan chopper. Sangat wah sekali ya. Untuk mereka yang sudah berkeluarga, Freeport juga akan memberikan jaminan kesehatan untuk pasangan dan juga anak. Belum lagi dengan adanya bantuan pendidikan untuk anak karyawan yang membuat pegawainya tak perlu bingung bila ingin menyekolahkan anak setinggi mungkin.

Sarana pengembangan karyawan yang ditawarkan

Selain dalam bentuk materi, pegawai Freeport juga akan diberikan fasilitas berupa sarana pengembangan diri. PT Freeport Indonesia menyediakan beasiswa bagi karyawan, anak karyawan, ataupun anak dari mantan pegawai untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri atau dalam negeri. Selain itu, akan ada pelatihan rutin diberikan kepada karyawan untuk mengasah keahlian mereka.

Karyawan [image source]
Misalnya saja ada Fresh Graduate Program yang membantu para sarjana muda untuk mengembangkan diri melalui pelatihan maupun aplikasi dari proyek-proyek yang ditawarkan sesuai latar belakang pendidikan yang dimiliki. Program ini terbukti dapat mencetak profesional muda baru dan mampu bersaing. Menurut para fresh graduate, Freeport mampu mengubah mereka from nothing to something.

Kesempatan belajar hal di luar perkara teknis

Perusahaan sebesar ini pastinya memiliki karyawan dengan latar belakang yang berbeda, entah itu pendidikan, kebiasaan, agama, sampai budaya. Bayangkan saja kalian bekerja di satu tempat yang mana karyawannya berasal dari daerah yang berbeda, tentu saja hal itu akan membuat kita belajar cara beradaptasi dan bagaimana menghadapi orang-orang yang berbeda latar tadi.

Karyawan [image source]
Hal tersebut juga dapat membantu kita membangun relasi atau networking baik itu dengan sesama orang di internal perusahaan maupun dengan para partner yang ada di luar perusahaan. PT Freeport juga dikenal dapat menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, misalnya saja dengan menjaga ekosistem dan alam d spot tambang yang sudah tak terpakai.

Beban kerja tidak berat

Siapa sangka perusahaan yang bersentuhan dengan alat berat ini ternyata tidak memberikan beban pekerjaan yang berat untuk karyawannya. Menurut pengakuan para pegawai, pekerjaan yang diberikan di perusahaan besar ini cukup ringan dan mempermudah mereka untuk beradaptasi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak karyawannya merasa nyaman dan betah.

Beban kerja [image source]
Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Freeport jarang sekali memberi deadline untuk beberapa jenis pekerjaan, jadi para karyawan bisa lebih santai dalam menyelesaikan tugasnya. Ada juga testimoni yang menyebutkan bahwa bekerja di Freeport itu sangat santai layaknya pekerjaan para PNS. Wah, boleh dicoba nih.

Sebagai sebuah perusahaan yang sudah beroperasi puluhan tahun sepertinya Freeport memang masih menjadi idola ya. Siapa coba yang tidak tergiur dengan besarnya gaji yang diberikan dan aneka macam tunjangannya, belum lagi jaminan kesejahteraan yang diberikan untuk keluarga dan juga sarana pengembangan dirinya. Siapa yang bisa menolak godaan perusahaan ini?

Tapi di balik gaji besar dan fasilitas serba ada, ada tanggung jawab dan resiko besar menanti. Freeport mungkin bisa memakmurkan karyawannya, namun PR-nya juga banyak. Belum lagi imagenya yang dianggap mengeruk kekayaan bangsa ini.