Fakta Kontroversial PT. Freeport yang Menggali Emas Terbaik Dunia di Papua

oleh Centralismo
09:39 AM on Mar 5, 2015

PT. Freeport adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas dari sahamnya dimiliki oleh Freeport-MCMoRan Copper & Gold Inc, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Freeport sudah melakukan eksplorasi emas di Papua sejak tahun 1967 di tambang Erstberg dan pada 1988 di tambang Grasberg. Tambang tersebut berada di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Baca Juga: 5 Artis Ini Jadi Anggota DPR dan Tidak Paham Pekerjaannya Sendiri

Perusahaan ini berkembang menjadi perusahaan yang memiliki penghasilan “raksasa” yaitu sebesar 2,3 milyar dolar AS. Mereka juga pernah mencapai harga emas paling tinggi selama 25 tahun terakhir pada posisi 540 dolar per ons. Freeport sering menjadi kontroversial di antara masyarakat karena beberapa isu, antara lain isu eksploitasi yang meresahkan. Apa saja fakta dibalik perusahaan emas raksasa yang meraup keuntungan dari Indonesia ini?

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Menambang Emas Sejak 1967, Menyisakan Lubang Raksasa Mengerikan

Perusahaan ini sudah mendapat teguran keras dari Kementrian Lingkungan Hidup sejak tahun 1997. Perusahaan mereka dianggap telah melanggar aturan perundang-undangan lingkungan hidup. Menurut perkiraan, penambangan PT ini telah menghasilkan limbah sebanyak 6 miliar ton. Jumlah tersebut kira-kira dua kali lipat dari bahan bumi yang digunakan untuk membuat Terusan Panama.

Kebanyakan dari limbah tersebut dibuang ke sekitar lokasi penambangan. Sebagian dari limbah juga mengalir ke sungai-sungai yang mengaliri dataran rendah yang dekat dengan Taman Nasional Lorentz, sebuah daerah hutan hujan tropis yang telah diberkan status “khusus” oleh PPB. Masalah lingkungan hidup ini tampaknya diabaikan oleh PT. Freeport dan mereka terus saja melakukan eksploitasi sehingga gunung emas di Papua malah berbentuk seperti lubang raksasa yang mengerikan.

Selanjutnya: 2. Memiliki Pengamanan Super Ketat

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA