Sebagian besar orang di penjuru dunia mungkin mendambakan bisa menjadi seorang idol. Terlebih, makin berkembangnya boyband dan girlband Korea di jagat musik dunia membuat profesi tersebut makin digilai. Memiliki banyak penggemar dan terkenal, mungkin terlihat sangat menyenangkan.

Namun, apa yang terlihat tak selamanya sesuai dengan kenyataan. Begitu pun dengan dunia idol, tentu saja tak selamanya berisi kesenangan. Bahkan, ada beberapa fakta miris di balik gemerlapnya dunia idol. Berikut ini adalah ulasannya.

Nggak memiliki kebebasan

Menjadi idola, itu berarti harus siap dengan segala macam peraturan yang ada. Salah satu contohnya adalah grup idol JKT48. Semua member anggota grup turunan Jepang ini dilarang untuk berpacaran. Padahal, semua member dari girlband ini memiliki usia di mana mereka sedang masa-masanya jatuh cinta. Selayaknya remaja lainnya, mereka pastilah ingin punya pacar.

Member JKT48 [image source]
Namun, harapan tersebut tentu nggak mungkin kesampaian mengingat kontrak kerja mereka yang tidak mengizinkan. Berbeda denga remaja lain yang bisa dengan leluasa menjalin hubungan dengan orang yang mereka cinta. Member idol group justru sudah diklaim milik para fans, mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan pengemar daripada dunia pribadi mereka sendiri.

Hidup penuh tekanan

Kata siapa jadi idola itu enak? Punya banyak penggemar, itu artinya harus siap kehilangan privasi. Kesibukan mereka dengan pekerjaan juga kadang membuat depresi. Bukan bagi mereka para member idol saja, bahkan orang yang bekerja di balik layar juga terkadang merasakan tekanan yang nggak kalah hebat. Seperti kasus yang baru terjadi pada Jiro Inao, seorang general manager dari JKT48 yang ditemukan tewas bunuh diri di kamar mandi kediamannya pada hari Selasa kemarin.

ilustrasi gantung diri [image source]
Jiro merupakan salah satu orang yang memiliki peran penting dalam mengangkat grup JKT48 di belantika tanah air. Berada di posisi general manager memang bukan hal yang mudah, itu berarti dia yang mengurus segala kegiatan mulai dari on air dan off air. Menjalani hidup monoton dengan tekanan pekerjaan memang membuat siapapun merasa tertekan.

Selalu sibuk, tiap hari harus siap kerja

Menjadi idol group, itu artinya sudah terikat kontrak yang nggak bisa dilanggar begitu saja. Karena adanya kontrak tersebut, para member juga harus siap kerja tiap dibutuhkan. Ngerinya lagi para member boyband dan girlband Korea, sebagian dari mereka bahkan dipekerjakan secara nggak manusiawi.

idol group lagi manggung [image source]
Mereka harus kerja tiap hari dengan jam istirahat yang tipis. Sebagai manusia biasa, nggak heran jika banyak member idol yang memutuskan untuk keluar, dan justru menuntut pihak rumah produksi.

Pasti diterjang gosip

Menjadi public figure memang nggak bisa dipisahkan dengan yang namanya gosip. Terlebih jika gosip yang muncul bermuatan negatif, bukan sang idol saja yang ditimpa masalah, namun juga pihak keluarga atau teman. Mungkin beberapa kasus member idol asal Jepang AKB48 bisa jadi salah satu contohnya, di mana Minami Minegishi dibully para penggemarnya karena fotonya bersama seorang laki-laki beredar di dunia maya.

Penampilan Minami sebelum dan setelah tersandung skandal [image source]
Ia pun dikabarkan telah melakukan hubungan seks dengan Alan Shirahama yang merupakan member boyband Generation. Skandal tersebut membuatnya Minami merasa ketakutan, bahkan dia juga menggunduli rambutnya agar tak dipecat jadi member.

Harus latihan gila-gilaan

Rumah produksi Korea Selatan biasanya merekrut anak-anak usia dini untuk digembleng dengan beragam keterampilan, dari menari, bermain musik hingga bernyanyi. Hal itu agar mereka siap dipasarkan ketika memasuki usia 20an. Setelah debut pun, latihan mereka nggak dianggap selesai. Bahkan harus berlatih lebih keras lagi agar penampilan mereka sempurna saat disaksikan oleh jutaan penggemarnya.

Member idol group harus menjalani latihan berat [image source]
Makanya, untuk menjadi seorang member idola selain berbakat juga harus memiliki fisik yang kuat, sebab mereka harus menjalani latihan yang berat. Sebagian bahkan ada yang melakukan sit up ratusan kali hanya untuk pemanasan. Adanya latihan tersebut juga salah satu cara untuk menjaga penampilan, member idol harusnya memang tetap memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Itulah lima fakta dibalik gemerlapnya dunia idol group. Setalah tahu beberapa fakta itu, masih ngerasa jadi idola itu enak? Yah, tentu semua profesi memiliki plus minusnya sendiri.