Jika selama ini penyakit selalu dikaitkan dengan aktivitas seseorang yang menyalahi dari sisi medis, hal tersebut ternyata tak sepenuhnya benar di mata seorang dr H Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU). Meski datang dari kalangan medis, ia banyak dikenal karena ceramah motivasinya yang tergolong unik dan tak biasa. Ya, sosoknya viral setelah rekaman videonya tersebar di dunia maya.

Dengan gaya yang lugas ceplas-ceplos dan kadang ‘anti mainstream’, dr Agus sukses membuat membuat banyak orang terkesan. Salah satunya yang diunggah oleh akun YouTube PPBRI Surabaya, terlihat dr Agus tengah memberikan ceramah berupa motivasi kesehatan bagi para hadirin yang sebagian besar adalah pensiunan dari BRI. Dalam video tersebut, dirinya menekankan betapa pentingnya untuk berpikir secara positif.

Dalam ceramahnya, dr Agus kerap menjelaskan hal-hal medis yang mudah dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya contohnya adalah, bagaimana sebuah pola pikir yang ada ternyata bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Dengan rasa bahagia dan berpikir positif, permasalahan secara medis bisa diatasi tanpa harus bersusah payah mengobati.

Ada banyak pasien yang sering datang kepada dirinya, meminta saran soal penyakit yang diderita. Alih-alih memberikan batasan-batasan terhadap apa yang dikonsumsi, dokter berusia 55 tahun itu malah membolehkan pasiennya makan makanan yang diinginkan tanpa harus khawatir dengan penyakit yang diderita. “Sehat itu dari pikiran. Harus selalu fresh, harus bersyukur,” ujarnya yang dikutip dari Detik Health.

Dr Agus dalam sebuah acara [sumber gambar]

Hormon kortisol, merupakan komponen dalam tubuh yang kerap diulang-ulang oleh dr Agus dalam ceramahnya. Bukan apa-apa, ia menganggap bahwa hal itulah yang menjadi pemicu utama dari penyakit-penyakit kronis yang ada pada tubuh penderitanya. Ia juga memaparkan kunci sehat dengan cara menolong dan memudahkan orang lain. Tak jarang, ia juga kerap menyelipkan nasihat-nasihat berupa ayat-ayat yang diambil dari Al-Qur’an.
Poin utama ya pikiran, pikiran baik dan positif ya bahagia. Pikiran buruk dan negatif serta tidak bahagia ya diikuti sama sel sel dalam tubuh yang amburadul, akhirnya ya jatuh sakit,” pesan dr Agus yang dikutip dari Detik Health.

Saat ini, dr Agus bekerja sebagai Kepala Instalasi Paliatif RSU Dr Soetomo Surabaya. Ia bekerja sebagai dokter paliatif, yang artinya memberikan pendampingan pada pasien-pasien dengan penyakit kronis stadium lanjut. Tugasnya memberikan suntikan semangat pada para pasien agar hidupnya makin berkualitas. Bahkan, Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini berprinsip bahwa kunci utama hidup sehat adalah bahagia dengan mensyukuri nikmat kehidupan yang Allah berikan.

Hidup sehat ala dr Agus Ali Fauzi dengan senyum dan berpikir positif [sumber gambar]

BACA JUGA: 7 Hal Sepele Tapi Bikin Hidup Lebih Sehat dan Panjang Umur

Apa yang selama ini mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, ternyata menjadi kunci utama dari kesehatan yang ada di dalam diri kita. Berpikir positif dan senantiasa bersyukur, justru mampu memberikan kesehatan baik secara jasmani maupun rohani. Kalau sudah begini, penyakit pun enggan datang. Hayo, Ngaku deh kalau kamu udah tercerahkan sambil manggut-manggut setelah melihat video dr Agus di atas…wkwkwk