Sosok Budhi Sarwono mendadak menjadi sorotan di media sosial. Hal ini terjadi lantaran dirinya mengunggah besaran slip gajinya sebagai Bupati Banjarnegara senilai Rp 5,9 juta. Bukan apa-apa, ia melakukan hal tersebut dengan harapan agar dibaca oleh Presiden Joko Widoodo.

Menurut dirinya, rendahnya gaji kepala daerah menjadi salah satu potensi bupati untuk melakukan tindak pidana korupsi. Karena itu, unggahan tersebut seolah menyoal rendahnya gaji Kepala Daera jika dibandingkan dengan mereka yang ada di DRPD. Meski demikian, total harta budi ternyata diam-diam telah mencapai miliaran rupiah. Nah lho!

Berawal dari unggahan slip gaji yang dirasa ‘masih kurang’

Saat diunggah, besaran Rp 5,9 juta pada slip gaji milik Budhi masih dipersoalkan lantaran merasa kurang. Ia bahkan menegaskan, aksinya itu sebagai wujud keresahan terhadap gaji kepala daerah dan merupakan bentuk kepeduliannya terhadap para bupati lain. “Gaji yang kecil ini menjadi salah satu pemicu bupati korupsi” ujarnya yang dikutip dari Detik.

Diam-diam miliki total kekayaan mencapai miiliaran rupiah

Bupati Banjarnegara yang ternyata memiliki kekayaan miliaran rupiah [sumber gambar]
Niat agar slip gajinya yang berjumlah Rp 5,9 juta dibaca Presiden Joko Widodo, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono diam-diam memiliki harta mencapai miliaran rupiah. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bulan Maret 2019, jumlah kekayaannya ternyata mencapai Rp 19,1 miliar.

Mendapatkan tunjangan sebagaimana layaknya pejabat negara

Masih mendapatkan tunjangan yang lain [sumber gambar]
Sayangnya, ungggahan slip gaji milik Budhi tak dibarengi dengan rincian tunjangan yang diperoleh. Diketahui, fasilitas tersebut diperolehnya disamping pemasukan bulanan sebesar Rp 5,9 juta. Dilansir dari Detik, ia mendapat tunjangan operasional sebesar Rp 1 juta per hari. Di mana jumlah ini telah disesuaikan dengan besaran APBD Banjarnegara.

Sosoknya membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo [sumber gambar]
Viralnya slip gaji yang diunggah oleh Budhi, membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara. Bukannya kaget, ia bahkan memberikan jawaban yang cukup menohok. “Tidak ada yang tidak tahu gaji kepala daerah ya cuma segitu, maka jangan rebutan. Kalau tidak mau gaji segitu ya jangan jadi kepala daerah,” kata Ganjar yang dikutip dari Detik.

Rincian gaji Bupati Banjarnegara yang jumlahnya terbilang lumayan

Rincian gaji yang jumlahnya cukup lumayan [sumber gambar]
Berdasarkan slip gaji yang ada, jumlah Rp 5,9 juta yang menjadi pemasukan tetap bagi Budhi terbilang lumayan. Dilansir dari Detik, rinciannya adalah gaji pokok tercatat Rp 2,1 juta dengan tunjangan istri atau suami Rp 210 ribu, anak Rp 42 ribu, jabatan Rp 3,780.000, beras Rp 217.260, PPh Rp 34.463, BPJS Kesehatan Rp 70.560, JKK Rp 5.040, JKM Rp 15.120 dan pembulan Rp 40. Jumlah yang ada dikurangi dengan potongan Taspen, PPh, BPJS Kesehatan, Perumahan, JKK, JKM sebesar Rp 360.383. Total jumlah gaji bersih Rp 6.114.100 masih dikurangi zakat Rp 152.900 dan gaji yang diterima Rp 5.961.200.

BACA JUGA: 5 Fakta Para Anggota DPR dan DPD yang Dapat Tabungan Pensiun Rp 7,5 Miliar

Jika dipikir-pikir, gaji sebesar Rp 5,9 juta itu sejatinya merupakan jumlah yang besar bagi ukuran masyarakat Indonesia. Jika merasa masih kurang, ada baiknya jika mau melihat sejenak kondisi rakyat kita saat ini. Di mana masih banyak dari mereka yang justru bergaji lebih rendah dan bahkan mepet untuk kebutuhan hidupnya.