Hubungan yang erat antara Indonesia dan Palestina memang telah terjalin dengan baik sejak lama dan bertahan hingga saat ini. Ketika Israel dengan tentaranya mengobrak-abrik masyarakat Palestina, Indonesia berdiri tegak menentang hal tersebut. Tak heran jika tanah air mendapatkan tempat yang istimewa di hari masyarakat Palestina.

Rasa persahabatan itulah yang akan dibuktikan oleh salah seorang pria dengan cara menawarkan uang $100 pada masyarakat Palestina, asal mereka bersedia membakar bendera Indonesia yang dibawa oleh pria tersebut. Seperti apa eksperimen sosial tersebut? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Tantangan untuk bakar bendera Indonesia dengan imbalan $100

Eksperimen sosial bakar bendera Indonesia [sumber gambar]
Dalam tayangan video yang diunggah di channel YouTube Abdillah Onim Daily, tampak pembawa acara memberi pilihan pada seorang pria untuk membakar bendera Indonesia yang dibawanya. Tak main-main, imbalannya adalah uang sebesar $100. Sebelumnya, pria tersebut ditanya perihal bendera yang diserahkan pada dirinya dan dijawab sebagai bendera Indonesia.

Pilih bakar dolar Amerika Serikat daripada bendera Indonesia

Pilih bakar dolar AS daripada bendera Indonesia [sumber gambar]
Tak disangka, pria tersebut memilih yang dolar yang kemudian diberikan oleh sang pembawa acara. Bukan untuk disimpan, melainkan dibakar karena dirinya lebih memilih bendera Indonesia tersebut. “Sekarang saya siap untuk membakar 100 dolar dan saya tidak akan membakar bendera negara Islam. Saya pilih membakar 100 Dolar Amerika, tak mungkin membakar bendera Indonesia. Jumlah muslim terbesar di dunia,” kata sang pria.

Alasan tidak ingin bakar bendera Indonesia

Mustahil saya bakar bendera Indonesia [sumber gambar]
Di lain tempat, eksperimen sosial juga dilanjutkan pada seorang wanita tua yang tengah duduk santai di bawah pohon. Hal serupa juga ditawarkan oleh pembawa acara, yakni membakar bendera Indonesia dengan imbalan uang $100. Apa yang terjadi? Wanita tua itu menolak tawaran tersebut meski dirinya diberi uang $1 juta sekalipun. Pantang bagi dirinya membakar bendera sebuah negara dengan mayoritas muslim terbesar.

Merasa yakin bahwa Indonesia akan terus dukung kemerdekaan Palestina

Kepercayaan masyarakat Palestina terhadap Indonesia [sumber gambar]
Jika diperhatikan, mereka yang menjadi obyek pada eksperimen sosial di atas seluruhnya menolak membakar bendera Indonesia. Selain karena telah banyak dibantu dari berbagai macam bantuan, rata-rata masyarakat Palestina percaya bahwa Indonesia akan terus membela mereka hingga meraih kemerdekaan yang berdaulat dari Israel.

Bentuk lain kedekatan antara Indonesia dan Palestina

Salah satu mural ucapan HUT RI ke-75 dalam vlog Muhammad Husein Gaza [sumber gambar]
Ada banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat Palestina ketika Indonesia merayakan kemerdekaannya. Mulai dari ikut mengibarkan bendera merah putih, ikut upacara bersama dengan relawan asal Indonesia yang ada di Palestina, membuat mural (lukisan tembok) bertema HUT RI, hingga mengadakan perlombaan khas Agustusan di Indonesia seperti balap karung hingga tarik tambang.

BACA JUGA: Inilah 4 Fakta Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Bukti Kita Tidak Diam dalam Membela Palestina

Keyakinan dan rasa cinta masyarakat Palestina terhadap Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Begitu pula sebaliknya, di mana hal tersebut membuat hubungan kedua negara semakin erat. Mudah-mudahan, kedekatan ini kelak bisa membantu mencarikan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi oleh Palestina.