in

5 Kejadian Menghebohkan Karena Durian, Salah Satunya yang Ada di Pesawat Seberat 2 Ton

Siapa sih yang enggak tau dengan buah satu ini? Ya, Durian yang disebut sebagai raja buah ini memang hanya ada di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Walaupun jadi favorit di tanah air, bagi orang asing durian malah merupakan makanan yang aneh dan terlihat menjijikkan. Mengapa bisa begitu? Tekstur dan rasa durian yang lembut membuat banyak orang negara lain tak menyukainya.

Nah, ngomong-ngomong tentang Durian, baru-baru ini ada kejadian menghebohkan yang membuat orang satu pesawat protes. Pasalnya, salah satu dari penumpang ada yang membawa durian dalam jumlah banyak. Selain insiden tersebut, berikut kejadian super heboh yang pernah terjadi karena Durian, cekidot!

Durian yang dibawa oleh pesawat Sriwijaya Air seberat 2 ton

Yang paling anyar adalah sebuah video yang diunggah oleh Amir Zidane di facebook. Dalam video tersebut, nampak penumpang yang turun dari pesawat rute Bengkulu-Jakarta karena mereka protes terkait bau durian yang merebak. Sebelumnya, sempat terjadi perdebatan antara para penumpang dan para awak kabin, hingga berakhir dengan penurunan muatan durian seberat 2 ton tersebut.

Sebenarnya salah enggak sih membawa durian dalam pesawat? Menurut penjelasan dari Retri Maya, Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group, hal tersebut sudah sesuai SOP, asalkan cara mengemasnya baik dan benar. Mengenai kronologi lengkap perihal durian di pesawat ini, bisa Sahabat Boombastis simak dalam artikel Ada 3 Ton Durian di Pesawat, Para Penumpang Ngamuk Minta Diturunkan.

Satu perpustakaan dievakuasi di Australia karena Durian

Insiden karena durian yang tak kalah membuat heboh adalah pada April 2018 lalu. Sebuah perpustakaan di Melbourne, Australia pernah mengevakuasi hampir ratusan pengunjung karena adanya bau menyengat yang diperkirakan berasal dari gas karena pipa bocor. Semua pengunjung yang kebanyakan siswa ketika itu dikawal oleh polisi lengkap menggunakan masker oksigen.

Ilustrasi evakuasi [Sumber gambar]
Hal tersebut dilakukan sementara menunggu kedatangan para pemadam kebakaran. Namun, setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata tak ada kebocoran gas di sana. Adapun bau menyengat seperti gas tersebut merupakan durian busuk yang berasal dari dalam lemari dan menyebar karena pendingin udara.

Tragedi pesawat Mandala Airliness yang dikaitkan lagi dengan durian

Pada tahun 2005 silam, Mandala Airliness pernah mengalami kecelakaan hebat yang membuat burung besi tersebut terbakar sesaat setelah take off dari Bandara Polonia, Medan. Ada banyak kerugian dari kecelakaan ini, yaitu 144 orang tewas, 16 rumah, 12 mobil dan 20 kendaraan lainnya hancur. Penumpang yang menumpang sempat menyinggung soal kecelakaan pesawat Mandala tersebut karena membawa beban durian juga.

Kecelakaan Mandala Airliness [Sumber gambar]
Dilansir dari detik.com, berdasarkan arsip berita, sempat ada warga yang melihat durian berceceran di sekitar lokasi kecelakaan. Namun, data yang diperoleh dari pihak KNKT mengatakan bahwa kecelakaan Mandala Airliness sama sekali bukan disebabkan oleh Durian.

Petani di Thailand terkena tuduhan pembunuhan

Kejadian kali ini dialami oleh seorang petani di Thailand bernama Sukhon Sutthirak. Pada Juli 2018 lalu, dirinya ditahan pihak kepolisian karena diduga telah membunuh seorang yang disebut sebagai pencuri durian. Dilansir dari Liputan6.com dari BBC, Sukhon sempat terlibat perdebatan dengan sang pencuri sebelum akhirnya ia menembak mati korban.

Petani durian tertuduh membunuh karena durian [Sumber gambar]
Kepada pihak kepolisian sendiri, Sukhon mengatakan bahwa dirinya telah mengalami perampokan durian sehingga hal tersebut membuat ia kalap. Hal lain yang membuat ia nekat membunuh adalah Durian yang dikenal sangat berharga di Negara Gajah Putih ini.

Durian yang hampir merenggut nyawa

Benarlah kata pepatah ‘setiap sesuatu itu tidak boleh dimakan secara berlebihan’. Kejadian ini pernah menimpa seorang wanita asal Tiongkok.  Sesaat sebelum memasuki kereta bawah tanah, ia dihentikan oleh petugas karena membawa buah berbau tajam tersebut. Karena kesal mendapat larangan dari pihak berwajib, akhirnya ia nekat menghabiskan 5 Kg durian yang ia bawa tersebut. Namun, entah kenapa saat memasuki kereta dan belum tiba di tujuan, wanita ini mengalami mimisan hebat.

Pegawai malaysia keracunan kopi putih durian [Sumber gambar]
Selain itu, pengalaman serupa juga pernah dirasa oleh sejumlah pegawai pabrik produsen minuman  kopi instan di Malaysia. Karena meminum kopi berperisa durian, sebanyak 5 orang langsung terkapar sehingga harus mendapatkan perawatan medis.

Itulah 5 kejadian yang sempat membuat heboh dunia karena masalah durian. Mengenai aturan bagaimana membawa buah ini di pesawat, bisa kalian baca di artikel Boombastis di sini. Buah yang dijuluki sebagai ‘raja’ ini sebenarnya memang nikmat dan berharga mahal. Namun, jika dimakan dalam jumlah banyak juga bisa membahayakan loh Sahabat.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Ada 3 Ton Durian di Pesawat, Para Penumpang Ngamuk Minta Diturunkan

5 Hal Inilah yang Membuat Banser Sebagai Ormas yang Lekat dengan Sosok TNI