in

Edan! Diskon Gila-Gilaan Harbolnas Bikin Ngakak

Hari ini terlihat wajah-wajah cerah para buyer yang tengah cemas menunggu konfirmasi barang mereka datang. Bagaimana tidak cerah, pada Harbolnas kemarin diskon barangnya memang gila-gilaan, bahkan ada yang sampai 99 persen. Tapi, jangan buru-buru merasa beruntung, karena diskon yang luar biasa gede itu ternyata banyak yang diplintir.

Ya, kemarin heboh sekali para buyer mencerca para penyedia situs e-commerce Indonesia gara-gara memberikan diskon abal-abal yang bikin gregetan. Bahkan bisa dibilang tak masuk akal. Salah satu contohnya adalah Lazada. Situs belanja terbesar di Indonesia ini kemarin memajang produk popok bayi dengan harga Rp 93 ribuan, setelah sebelumnya kena diskon hampir 100 persen dari harga awalnya Rp 130 jutaan.

Ada semacam fitur atau bonus apartemen mungkin, sehingga harga asli popok ini begitu gila [Image Source]
Ada semacam fitur atau bonus apartemen mungkin, sehingga harga asli popok ini begitu gila [Image Source]
Pertanyaannya, popok macam apa yang harganya sampai Rp 130 juta itu. Netizen pun menanggapi fenomena ini dengan komentar lucu. Misalnya di Kaskus salah seorang user memberi komentar unik “Ya, mungkin popoknya bisa nyulap poop jadi emas kali gan”.

Faktanya memang ngawur, harga popok tersebut aslinya tidaklah gila seperti itu. Pada display yang lain, ditunjukkan jika popok ini ‘hanya’ dibanderol sekitar Rp 934 ribu. Tetap bikin geleng-geleng sih dengan harga popok polkadot yang hampir sejuta, tapi yang ini bolehlah dibilang agak logis.

Agak manusiawi sih harga aslinya, tapi tetap bikin geleng-geleng kepala [Image Source]
Agak manusiawi sih harga aslinya, tapi tetap bikin geleng-geleng kepala [Image Source]
Kesalahan Lazada tidak hanya popok ratusan juta tersebut, tapi sebuah smartphone LG Leon yang dibanderol dengan harga diskon Rp 1.8 jutaan. Penasaran dengan harga awalnya? Silakan kaget karena di display yang nampak adalah harga Rp 25 juta. Padahal LG Leon spesifikasinya termasuk rata-rata, yakni RAM 1 GB, memory internal 8 GB dan fitur standar lainnya. Banderol harga ini bahkan lebih mahal dari smartphone sekelas iPhone 6. Gila, kan?

Tak hanya popok, smartphone LG ini juga sama [Image Source]
Tak hanya popok, smartphone LG ini juga sama [Image Source]
Yang bikin emosi lagi, ternyata beberapa harga justru makin mahal setelah kena diskon gila-gilaan itu. Misalnya LG Leon tadi, setelah kena diskon tak masuk akal harganya menjadi Rp 1,8 jutaan. Padahal harga di gerai officialnya, LG Leon hanya dibanderol Rp 1,6 juta saja. Kasus ini pun sama seperti Buka Lapak yang mendiskon produk sepeda dengan harga akhir Rp 8,7 juta setelah sebelumnya dilabeli Rp 10 juta. Padahal di website resmi produk sepeda tersebut, harganya hanya Rp 8,4 saja.

Trik ini sebenarnya sudah lama jika kamu adalah pengamat fenomena diskon abal-abal. Pertama, harga asli dinaikkan segila mungkin kemudian didiskon bombastis agar kesannya sangat murah. Yang jelas ini adalah trik licik untuk menjual sebuah produk. Menurut ketua YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), Tulus Abadi, diskon tak masuk akal tersebut sangat tidak masuk akal, “Itu bohong, masa ada 90 persen, enggak logis,” ungkapnya.

Mengenai diskon gila tersebut akhirnya pihak manajemen Lazada pun angkat bicara. CEO Lazada, Magnus Ekbom, meminta maaf akan kejadian ini. Pihaknya mengaku lalai dalam melakukan kontrol sehingga banyak seller nakal yang berbuat demikian. “Kami memohon maaf untuk hal ini dan kami akan terus memastikan untuk meningkatkan proses kontrol kualitas,” ungkap Magnus.

Be smart buyer, jangan terkecoh dengan diskon gila tapi mendapatkan barang yang sebenarnya malah lebih mahal dari aslinya. Kroscek dengan harga toko asli sebelum memutuskan untuk membeli secara online di situs tertentu. Meskipun demikian, Harbolnas kemarin tidak semua isinya seller curang yang menaikkan harga dan kemudian mendiskonnya gila-gilaan, ada yang memang benar-benar memberikan potongan harga asli yang menggiurkan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Penyihir Paling Menyeramkan yang Dipercaya Masih Ada Sampai Sekarang, Lihat Kesaktiannya

7 Fakta Penting Umat Islam ini Jarang Sekali Dipublikasikan Oleh Media Negara Barat