in

10 Desa Unik yang Hanya Bisa Kamu Lihat di Indonesia

Soal tempat-tempat unik, Indonesia sangat susah dikalahkan oleh negara mana pun. Alasannya apalagi kalau bukan karena begitu banyak tempat di republik ini yang memang unik-unik. Entah itu pantai, bangunan-bangunan, atau pun region alias kawasan macam desa. Soal desa, serius nih, Indonesia memang punya begitu banyak dusun-dusun yang unik luar biasa.

Di Indonesia setidaknya ada 74 ribu desa lebih yang tersebar dari ujung barat ke timur Nusantara. Nah, dari jumlah sebanyak ini, tentu semuanya tidak sama persis dan punya ciri khasnya masing-masing. Entah kultur, kebiasaan, atau pun masyarakatnya sendiri.

Tentu bakal jadi ulasan yang panjang sekali nih kalau kita deskripsikan satu-satu keunikan desa-desa yang ada di Indonesia. Makanya, untuk mewakili keunikan desa-desa yang ada di Indonesia kami sajikan 10 dusun paling unik yang ada di republik ini. Oh iya, semua desa ini hanya ada di Indonesia saja lho. Kamu nggak bakal menemukannya di luar negeri sana.

1. Desa Ratenggaro dengan Budayanya yang Tak Lekang Waktu

Desa Ratenggaro [Image Source]
Desa Ratenggaro [Image Source]
Desa unik yang ada di Sumba ini menawarkan hal yang berbeda dari tempat lain. Hal tersebut tak lain adalah adatnya yang masih menganut sistem zaman prasejarah. Hal ini bisa kita lihat dari bangunan-bangunan di desa ini yang luar biasa unik. Misalnya kubur batu atau monumen-monumen lainnya yang konon merupakan warisan budaya prasejarah. Cobalah ke sini kamu bakal terpana luar biasa.

2. Menengok Masa Lalu Lewat Desa Bena

Desa Bena [Image Source]
Desa Bena [Image Source]

Selain Desa Ratenggaro yang menganut sistem budaya dan kemasyarakatan ala zaman prasejarah, ada juga Desa Bana yang juga memiliki kekhasan yang sama. Di desa yang terletak di Flores ini, masyarakatnya masih memegang teguh kebiasaan zaman prasejarah. Bahkan bangunan-bangunan peninggalan nenek moyang di zaman batu juga masih dipakai sesuai fungsinya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah Sungai-Sungai yang Kerap Menghasilkan Banjir Bandang Terparah di Indonesia

Ngerinya Bangkawan, Tradisi Pembangunan ‘Rumah Tengkorak’ Suku Dayak di Kalimantan Utara