Ngerinya Bangkawan, Tradisi Pembangunan ‘Rumah Tengkorak’ Suku Dayak di Kalimantan Utara

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Sep 22, 2016

Seperti halnya Suku Jawa, Suku Dayak juga memiliki banyak sekali rumpun yang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Dayak yang ada di Kalimantan Selatan akan berbeda dengan mereka yang ada di Kalimantan Tengah atau bahkan utara yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Setiap rumpun memiliki tradisi sendiri-sendiri mulai dari upacara adat hingga kebiasaan lain seperti berperang hingga ngayau atau berburu kepala manusia.

Dari berbagai rumpun Dayak, ada satu kelompok Dayak yang memiliki keunikan. Mereka dikenal memiliki kebiasaan membangun Bangkawan atau rumah tengkorak. Di dalam kota yang tidak terlalu besar ini, tengkorak manusia akan disimpan selama bertahun-tahun sebagai simbol keberuntungan. Berikut ulasan selengkapnya tentang Bangkawan.

Baca Juga
10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut

Letak Bangkawan di Kalimantan

Rumpun Dayak yang memiliki Bangkawan adalah Dayak Dusun. Letak mereka berada di Kalimantan bagian Utara dan juga Sabah, Malaysia. Setiap desa dari Dayak Dusun memiliki sebuah rumah-rumahan kecil di bagian depan. Di dalamnya terdapat beberapa tengkorak manusia yang oleh penduduk setempat sering disebut dengan ragas, kinoring, atau kinodou yang konon memiliki banyak sekali fungsi.

bangkawan [image source]
bangkawan [image source]
Tengkorak itu disimpan dalam rumah-rumahan yang terbuka di bagian depan. Siapa saja bisa melihat tengkorak yang menjadi simbol dari kehebatan pahlawan dari desa. Semakin banyak tengkorak, semakin kuat pula kekuatan dari desa karena bisa mengalahkan musuh dengan banyak. Bangkawan adalah simbol kehebatan yang harus dimiliki oleh banyak desa.

Asal Tengkorak yang Disimpan di Bangkawan

Tengkorak yang ada di dalam Bangkawan berasal dari kegiatan ngayau atau perang. Biasanya pahlawan atau petarung dari suku akan melakukan prosesi ini di medan perang. Musuh yang tidak berdaya akan dikalahkan dengan memenggal kepalanya. Setelah itu kepala akan dibawa kembali ke desa sebagai bukti kemenangan dari seorang pahlawan yang layak untuk dirayakan secara meriah.

penyimpanan tengkorak [image source]
penyimpanan tengkorak [image source]
Biasanya saat pahlawan atau kobilangan datang, paras gadis di desa akan menyambut mereka dengan suka cita. Setelah itu, para pahlawan akan diterima oleh kepala suku. Dari sini akan diadakan upacara pembersihan sial. Arwah atau makhluk jahat yang ada saat perang bisa diusir sehingga pahlawan akan masuk ke dalam desa dalam kondisi yang suci.

Simbol Keberkahan dan Keselamatan

Fungsi utama dari Bangkawan adalah untuk keberkahan dari desa. Tengkorak-tengkorak ini dianggap memiliki kekuatan yang sangat besar. Kekuatan ini akan membuat desa selalu aman dari gangguan para musuh. Apabila ada musuh yang mendekat, tengkorak ini akan menghadang dengan memberikan tipuan-tipuan berupa suara menyeramkan.

rumah dayak dusun [image source]
rumah dayak dusun [image source]
Selain keselamatan, pembangunan dari Bangkawan juga dianggap memberikan apa yang namanya keberkahan. Penduduk di desa akan tenteram, banyak rezeki, dan pertanian dari mereka bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya Bangkawan, panen bisa gagal dan terjadi bencana seperti penyakit yang menyebabkan kematian.

Semangat Berburu Kepala yang Harus Dijaga

Saat pulang dari perang atau berburu, semangat dari para pahlawan biasanya akan kendur. Hal ini terjadi karena kekalahan atau mereka terkena tempelan roh jahat. Untuk mengembalikan semangat biasanya mereka meminum darah dari musuh. Beberapa suku juga mengonsumsi otak dan jantung musuh untuk mengembalikan semangat berperang yang mulai kendur.

ilustrasi pahlawan [image source]
ilustrasi pahlawan [image source]
Oh ya, semangat dari pahlawan ini sangatlah penting bagi Dayak Dusun. Kalau semangat ini menurun atau para pahlawan merasa ngeri untuk berperang, kesialan akan datang bertubi-tubi. Itulah mengapa sesegera mungkin saat pahlawan pulang dari perang, dia akan segara disambut dengan ritual pembersihan agar semangatnya tetap terjaga untuk mengisi kepala di Bangkawan.

Inilah uraian singkat tentang Bangkawan yang meski ngeri tapi unik untuk disimak. Di masa sekarang, mungkin Bangkawan masih ada. Tapi, tradisi berperang dan berburu kepala mungkin sudah banyak berkurang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA