Terancam Punah, Desa Khusus Wanita di Ngawi Jawa Timur Ini Nasibnya Semakin Mengenaskan

oleh Adi Nugroho
11:15 AM on Nov 17, 2016

Indonesia memiliki beberapa desa yang cukup aneh namun menarik untuk dilihat. Ada desa yang warganya tidak menggunakan kasur, ada desa yang membatasi jumlah KK-nya agar tidak terjadi kematian. Terakhir ada desa yang isinya hanya ada wanita sehingga praktis seluruh kegiatan yang ada desa dilakukan oleh mereka sendiri sejak puluhan tahun yang lalu.

Tidak adanya penduduk pria yang ada di desa ini ternyata dipengaruhi oleh mitos yang ada sejak dahulu kala. Penduduk dan sesepuh di sini percaya kalau pria harus keluar dari desa. Mereka diharuskan keluar dari desa secepat mungkin meski lahir dan besar di sini. Berikut kisah tentang Desa Wadon yang saat ini sudah terancam punah karena penduduknya semakin menipis.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Lokasi Desa Wadon yang Agak Terpencil

Desa Wadon terletak di kawasan yang cukup terpencil. Dikelilingi oleh hutan jati, desa ini tetap menjalankan semua kegiatannya dengan baik. Penduduk yang tinggal di desa ini memulai pagi dengan bekerja di kawasan sawah atau ladang. Mereka bekerja keras agar segala kebutuhannya bisa dicukupi karena tidak ada pria di dalam keluarganya yang tinggal di sana.

Lokasi Desa Wadon [image source]
Lokasi Desa Wadon [image source]
Terletak di kawasan Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pamor desa ini semakin meningkat karena keunikan ini. Banyak penduduk di sekitar Ngawi yang datang untuk menyaksikan kegiatan penduduk yang benar-benar hanya diisi oleh wanita. Kalau pun ada pria, mereka tinggal karena memiliki kekurangan seperti cacat sehingga harus dirawat oleh keluarganya.

Mitos Desa Wadon yang Terus Dipercaya

Penduduk yang ada di Desa Wadon ini percaya kalau ada pria yang tinggal di desa ini hanya akan membawa kesengsaraan. Pria yang menikah dengan gadis dari desa ini dan tidak segera pergi, hidupnya akan sengsara, bahkan bisa mati muda. Untuk menghindari hal ini, setelah menikah, pria itu akan pergi atau membuat rumah yang terletak di sekitar Dusun Wadon yang unik ini.

Mitos Desa Wadon [image source]
Mitos Desa Wadon [image source]
Mitos yang hadir sejak puluhan tahun yang lalu ini sangat ditakuti oleh warga setempat. Bahkan pria yang mau meminang gadis dari desa ini selalu diwanti-wanti agar tidak lama-lama tinggal di desa. Warga di desa beserta sesepuhnya tidak mau jika ada kesialan hingga menyebabkan kematian yang tidak diinginkan.

Penduduk Desa Wadon dan Pernikahan

Kehidupan penduduk yang ada di sini cukup membingungkan bagi beberapa orang. Anda mungkin akan bertanya, apakah penduduk di sini tidak menikah? Bagaimana mereka memperbanyak jumlahnya dan mempertahankan tradisi yang ada? Jawabannya: mereka tetap menikah dengan pria seperti layaknya wanita yang ada di desa lain yang ada di Ngawi. Hanya saja, mereka tinggal di sini dan akan kembali ke rumah satunya jika dibutuhkan.

Ilustrasi Penduduk Desa Wadon [image source]
Ilustrasi Penduduk Desa Wadon [image source]
Biasanya penduduk di sini memiliki dua rumah yang berbeda. Rumah pertama terletak di dalam Desa Wadon dan rumah kedua terletak di luar desa. Saat mereka memiliki anak, kalau anaknya laki-laki akan tinggal di rumah lain dan kalau perempuan akan disuruh memilih akan ikut dengan ibunya di Desa Wadon atau ikut dengan ayahnya yang berada di luar desa.

Kepunahan Desa Wadon yang Menunggu Waktu

Tradisi yang mulai dianggap aneh dan tidak masuk akal oleh generasi baru membuat desa ini terancam punah. Saat terjadi pernikahan, banyak wanita memilih meninggalkan desa secara permanen. Peran suami juga disinyalir membuat banyak wanita enggan kembali dan memilih untuk terus tinggal serumah daripada terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan seperti perceraian.

Kepunahan Desa Wadon [image source]
Kepunahan Desa Wadon [image source]
Banyaknya penduduk yang pergi dan semakin banyak yang meninggal membuat desa ini semakin diambang kepunahan. Kalau keadaan ini terus saja terjadi, bukan tidak mungkin, Desa Wadon yang sangat unik ini hanya akan tinggal cerita.

Inilah uraian tentang Desa Wadon yang hanya berpenduduk wanita saja. Meski mereka dianggap aneh, penduduk di sini tetap memegang tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang sejak puluhan tahun yang lalu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA