Ketika berbicara soal senjata paling mematikan di dunia, maka mayoritas orang akan berkata ‘AK47’. Tentu bukan tanpa alasan kenapa senjata ini selalu dikenal dengan label tersebut. Kalau dilihat dari banyak aspek, AK47 ini memang sangat luar biasa. Ia adalah senjata mematikan dengan harga murah, sangat berkualitas, anti macet, bisa dimodifikasi, serta mampu dipakai di lumpur dan kedalaman air. Meski secara spesifikasi bukan yang paling mematikan, tapi kalau dilihat dari pengalaman dan sejarah, AK47 takkan bisa dikalahkan.

AK47 sendiri bukanlah senjata yang tercipta secara kebetulan atau asal-asalan, melainkan benar-benar dipikirkan segala sisinya. Dan kalau kamu bertanya siapa orang yang ada di balik eksistensi senjata ini, maka dia adalah Mikhail Kalashnikov. Ya, pria yang sudah berpulang di tahun 2013 lalu ini adalah orang yang menciptakan AK47. Bagi Mikhail sangat tidak mudah untuk membuat senjata satu ini. Butuh banyak perjuangan luar biasa, termasuk cedera fisik yang dialaminya.

Sudah ada banyak bahasan tentang AK47, namun tidak dengan kreatornya. Makanya, kali ini kami akan menyajikan hal-hal yang lebih mendalam soal Mikhail Kalashnikov. Lalu, seperti apa pria ini dan bagaimana perjuangannya menciptakan si senjata mematikan itu? Simak ulasannya berikut.

Mikhail Kalashnikov Awalnya Bukan Kreator Senjata

Bisa menciptakan sebuah senjata yang dipakai oleh seratus juta orang, tentu kita berpikir jika seorang Mikhail Kalashnikov adalah sosok kreator senjata yang hebat. Kesannya mungkin seperti itu, namun nyatanya Mikhail awalnya bukanlah seorang pembuat senjata. Ia memang berasal dari kemiliteran, namun posisinya adalah sebagai tentara.

Mikhail Kalashnikov muda [Image Source]
Mikhail Kalashnikov muda [Image Source]
Alasan kenapa ia bisa bikin AK47, tak lain berawal dari kesukaannya terhadap hal-hal yang berbau mekanis. Dulu, ketika masih jadi komandan tank Tentara Merah, Mikhail banyak melakukan observasi mendalam soal mesin-mesin dan mekanisme. Makin lama skill teknik Mikhail semakin berkembang. Dan dari sinilah kemampuan membuat senjatanya berawal.

Terluka Parah dan Curhatan Tentang Senjata

Pada tahun 1941, Mikhail mendapatkan tugas untuk memimpin satu peleton tank di pertempuran Bryansk. Ketika itu ia berjibaku dengan hebat tapi sayangnya terluka cukup berat. Mikhail sangat menyesali ini, tapi ia tak pernah menyangka jika tragedi ini akan membawanya ke salah satu kreasi terbesar miliknya.

Mikhail Kalashnikov mulai merancang desain AK [Image Source]
Mikhail Kalashnikov mulai merancang desain AK [Image Source]
Mikhail yang terluka berat terbaring dalam rumah sakit bersama dengan para tentara lain yang bernasib serupa. Di momen ini kemudian tercipta banyak obrolan-obrolan, salah satunya adalah soal senjata. Para tentara ini mengeluhkan senjata mereka yang kalah saing dari Nazi sehingga berdampak buruk. Mikhail yang mendengar ini pun tertegun lalu bertekad untuk membuatkan Soviet sebuah senjata hebat. Di sini juga ia mulai memikirkan konsep AK47, dibantu lewat buku-buku di perpustakaan serta para mekanik-mekanik di sana.

Kisah AK47 yang Kalah Saing

Setelah berkutat dengan buku dan orang-orang mesin, akhirnya Mikhail berhasil menciptakan AK47 muda. Dan pas sekali ketika itu (tahun 1942) Tentara Merah juga sedang membuat semacam perlombaan untuk senjata baru Soviet. Tak pakai pikir, Mikhail langsung mengikutsertakan rancangannya ini.

AK47 sempat kalah saing [Image Source]
AK47 sempat kalah saing [Image Source]
Dengan melihat segala kehebatan AK47 sekarang, tentu kita berpikir kalau dalam perlombaan ini Mikhail akan menang telak. Namun, nyatanya tidak seperti itu. Ia justru kalah oleh seorang pria bernama Aleksei Ivanovich Sudayev yang senjatanya dinilai lebih greget. Mikhail tidak kecewa dan terus memperbaiki diri.

AK47 Diapresiasi Pemerintah Soviet

Meskipun kalah, namun bukan berarti passion dan hasrat Mikhail untuk membuat senjata punah. Justru ia makin banyak berbenah. Sampai akhirnya ia dipanggil oleh seorang Jenderal bernama Anatoly yang mengaku tertarik dengan desain AK yang dibuatnya. Singkat cerita, Anatoly kemudian memberikan kesempatan kepada Mikhail untuk mengembangkan senjata rancangannya itu.

AK47 diapresasi pemerintah [Image Source]
AK47 diapresasi pemerintah [Image Source]
Pada tahun 1947, senjata otomatis ini kelar dan langsung diterima dengan sangat baik. Kemudian dimulailah produksi-produksi AK47 ini sampai berjumlah jutaan. Di tahun-tahun berikutnya AK47 semakin dikembangkan dan memunculkan model-model baru, namun namanya masih tetap yang lama. Dari sini pula kemudian AK47 mendunia dan dipakai oleh jutaan manusia.

Penghargaan Luar Biasa yang Diterima Mikhail Kalashnikov

Sama seperti James Watt yang namanya jadi tenar karena sukses bikin mesin uap, Mikhail Kalashnikov pun juga mengalami hal tersebut. Hanya saja ia dikenal sebagai pembuat senjata hebat. Tak hanya soal pamor, Mikhail juga mendapatkan begitu banyak penghargaan atas jasanya menciptakan sang AK47.

Mikhail Kalashnikov dan AK47-nya [Image Source]
Mikhail Kalashnikov dan AK47-nya [Image Source]
Beberapa di antaranya adalah pangkat kehormatan Mayor Jenderal yang kemudian dinaikkan lagi jadi Letnan Jenderal. Lalu ia juga diberi gelar pahlawan nasional serta mendapatkan status doktor kehormatan di bidang teknik. Soviet dan mungkin dunia memang patut berterima kasih untuk apa yang sudah dilakukan pria kelahiran 10 November 1919 ini.

Bagi Mikhail Kalashnikov populernya AK47 sampai hari ini adalah kebanggaan tersendiri. Bisa dibayangkan sendiri rasanya ketika hasil karya kita digunakan lebih dari 100 juta orang. Kira-kira seperti itu juga yang dirasakan Mikhail. Tapi, di lain sisi, pria ini juga sangat menyayangkan kenapa senjata ini digunakan pula untuk berbagai kejahatan yang menewaskan banyak orang.