Demo 20 Mei Diwarnai Dengan Aksi Membakar Ban Bekas

oleh Adys Disty
07:05 AM on May 21, 2015
Demo 20 Mei Diwarnai Dengan Aksi Membakar Ban Bekas via viva
Demo 20 Mei Diwarnai Dengan Aksi Membakar Ban Bekas via viva

Aksi demo yang dilakukan ribuan mahasiswa di depan Istana Negara hampir saja berujung ricuh. Mahasiswa mulai melakukan aksi membakar ban bekas ketika menggelar aksi unjuk rasa bersama dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Istana Negara, Rabu (20/5).  Petugas dengan alat lengkap penghalau massa mulai dikerahkan, mobil water cannon juga mulai disiagakan di depan Istana Negara.

Demontrasi tersebut diikuti oleh Mahasiswa Himpunan Islam (HMI), UBK, Stibang Islam. Aksi saling dorong mendorong tidak dapat dihindari ketika petugas berusaha memadamkan api dari pembakaran ban bekas. Ribuan mahasiswa dan aparat keamanan sempat saling dorong ketika massa mencoba menarik kawat berduri dan membakar ban bekas.

Baca Juga
Mulai Teror Bom Sampai Pembunuhan, Inilah 5 Ancaman yang Bikin Jokowi Susah Tidur
Advent Bangun, Sang Aktor Antagonis Gahar yang Kini Meringkuk Lemah Tak Berdaya

Agar aksi ini tidak berdampak pada pengguna jalan, petugas sudah melakukan penutupan secara total di Jalan Medan Merdeka karena massa mendekat ke depan gerbang Istana. Ada sebanyak 2.500 personel polisi gabungan dari Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya yang dikerahkan turun untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang menuntut Presiden  Joko Widodo untuk lengser dari jabatannya.

“Ada sekitar 2500 personil gabungan serta satu buah water canon dan dua buah kendaraan taktis telah disiagakan. Aksi pada hari ini direncanakan akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB. Sejauh ini masih aman, akan kita kawal sampai akhir aksi,” kata Hendro di depan Istana Negara, Rabu (20/5).

Namun sekitar pukul 14.00 WIB, ribuan mahasiswa tampak mulai terbawa suasana karena beberapa mahasiswa mulai membakar ban bekas. Polisi yang melihat aksi tersebut berusaha memadamkan ban tersebut. Namun mahasiswa tidak tinggal diam dan menghalang-halangi polisi. Sementara itu di depan kawat berduri, ribuan mahasiswa ini berusaha menyingkirkan penghalang tersebut namun upaya itu dapat digagalkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui
BACA JUGA