Akhir-akhir ini memang banyak orang percaya dengan karakter seseorang dilihat dari golongan darah. Tidak hanya di Indonesia, hal itu rupanya juga banyak ditemui di luar sana semisal Jepang dan Korea. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan kebenarannya, namun yang jelas hal ini banyak bikin orang jadi heboh.

Nah, bicara soal golongan darah ternyata ada loh yang disebut sebagai darah emas. Golongan darah ini dianggap paling unik dan paling langka di dunia. Bahkan banyak ahli medis yang engkau sangat kagum dengan mereka. Lalu sebenarnya apa keunikan darah ini? Simak ulasan berikut.

Darah langka yang beda dari yang lain

Ada yang unik dari darah emas ini, pasalnya disebut-sebut sebagai darah yang paling beda dari yang lainnya. Hal ini bukan tanpa alasan pasalnya Rh darah ini juga dibilang unik beda dengan golongan A, B, AB maupun O. Oleh sebab itu banyak orang yang menyebut golongan darah emas ini sebagai rhnull.

Ilustrasi darah emas [sumber gambar]
Selain itu, keunikan tersendiri dari darah emas ini adalah jumlah pemiliknya yang tak sampai 43 orang saja membuatnya ditetapkan sebagai yang paling langka. Bahkan dibanding pemilik darah O negatif, sangat sulit menemukan pemilik atau pendonor darah ini. Oleh sebab itu akan jadi hal yang sulit untuk mencari pendonor darah ini.

Apa yang membuatnya disebut darah istimewa

Seperti yang diketahui kalau setiap golongan darah mengekspresikan antigen tersendiri dalam tubuhnya. Namun ketika ditemukan pada tahun 1961, darah emas ini malah menunjukkan hal yang tak biasa. Pasalnya Rhnull, tidak memiliki tipe antigen paling umum sehingga tak bisa dimasukkan dalam golongan darah pada umumnya. Tidak ditemukannya 45 antigen umum, membuat darah ini disebut sebagai emas.

Darah istimewa [sumber gambar]
Namun uniknya darah ini bisa didonorkan para pemilik golongan darah yang berbeda. Fenotipe golongan darah ini dilaporkan terjadi pada satu dari enam juta orang. Tercatat ada 14 keluarga(43 orang)  yang memiliki darah jenis langka ini.

Suka duka jadi pemilik darah emas

Karena memiliki darah paling langka, tentunya ada sebuah suka duka tersendiri. Salah satunya berhubungan dengan keunikan darah ini yang memiliki tipe tidak biasa. Ya, pemilik darah emas ini dapat leluasa mendonorkan darahnya pada semua jenis golongan darah lainnya.

Donor darah [sumber gambar]
Oleh sebab itu, ditemukannya orang-orang dengan darah emas ini dianggap sebuah berkah di dunia medis. Pasalnya dengan darah mereka banyak orang yang memiliki golongan langka bisa diobati. Namun sebaliknya, hal itu juga jadi beban pasalnya pemilik darah emas hanya bisa menerima dari golongan yang sama. Alhasil ketika mereka butuh donor darah sering kewalahan.

Tak hanya emas, namun bombay juga langka

Selain golongan darah emas, ternyata ada lagi yang lain juga mirip kasusnya. Ya, darah bombay disebut juga salah satu yang paling langka di dunia. Mirip dengan darah emas, mereka sebenarnya dikategorikan darah O namun memiliki keunikan khusus.

Darah Bombay [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya adanya antigen H membuat golongan darah O yang sama tidak bisa dengan mudah mendonorkan darahnya pada mereka. Serupa dengan kasus darah emas, hanya pemilik darah Bombay sendiri yang bisa menyumbangkan darahnya. Golongan darah ini ditemukan oleh Dr. Y. M. Bhende  di India dan penelitiannya dipakai hingga sekarang. Di dunia ini satu dari empat juta orang saja yang memiliki golongan ini.

BACA JUGA: Bukan AB, Ternyata Ada Golongan Darah Paling Langka yang Hanya ada Dua Kasus di Dunia

Adanya pemilik darah tak biasa ini bisa jadi sebuah pengembangan di dunia medis. Semakin terbuka pengetahuan tentang darah yang nyatanya lebih beragam dari yang kita tahu. Di masa depan nanti tidak menutup kemungkinan bakal ditemukan jenis-jenis darah lainnya. Di satu sisi ini jadi bukti kekuasaan Tuhan yang sungguh luar biasa.