in

Asal Usul Dalgona Coffee yang Viral di TikTok, Udah Terkenal Duluan di India Ternyata

Pernah dengar Dalgona Coffee? Yap, kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan minuman yang satu ini kan? Dalgona Coffee ini merupakan minuman ala-ala kafe yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa kamu beli di warung. Namun, membuatnya ini yang sering menjadi keluhan banyak orang, kalau enggak memakai mixer, maka prosesnya lebih memakan waktu lama.

Proses inilah yang kemudian membuat Dalgona tambah viral, jadi banyak yang tertantang membuatnya. Ngomong-ngomong tentang Dalgona, kamu tau gak sih kalau sebelum viral di Indonesia, Dalgona ini sudah ada duluan di beberapa negara? Nah, untuk lebih jelasnya simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ini ya!

Popularitas Dalgona Coffee dimulai dari sebuah acara TV Korsel pada awal Januari lalu

Popularitas Dalgona ini dimulai dari sebuah acara TV Korea Selatan. Saat itu, aktor bernama Jung Il Woo pergi ke Makau dan minum susu dengan foam kopi di atasnya. Ia menyebut minuman ini sebagai Dalgona karena mirip dengan permen spons tradisional Korea yang juga bernama Dalgona. Dari sana, kemudian viral video TikTok di mana seseorang membuat minuman Dalgona ini. Dengan barang-barang yang murah, ada di sekitar kita, serta tampilannya yang instagramable membuat orang-orang tertarik membuatnya.

Dalgona Coffee sudah terkenal di India sejak lama

Phenti hui India [sumber gambar]
Karena sangat viral, Dalgona Coffee ini tampaknya tak hanya dibuat oleh orang-orang Indonesia saja, tetapi juga netizen dari berbagai penjuru dunia. Nah, kalau mau ditelusuri, Dalgona ini bukan jenis minuman yang baru banget kok. Sejak lama, ia sudah dinikmati oleh orang-orang yang ada di India, minuman ini dikenal dengan nama Phenti Hui Coffee. Bedanya dengan dalgona, Phenti hui coffee ini penyajiannya foam dulu baru setelahnya susu.

Hypenya Dalgona Coffe dan isolasi karena virus corona

Hype dan viralnya Dalgona Coffee ini berbarengan dengan karantina besar-besaran karena adanya virus corona. Sehingga, mereka yang tinggal di rumah punya waktu lebih banyak untuk mencoba berbagai resep masakan, termasuk Dalgona Coffee ini. Enggak heran kalau kemudian, Dalgona Coffee ini bermunculan di berbagai timeline media sosial.

Curhatan netizen yang gagal membuat Dalgona Coffee

Kalau mau cepat prosesnya, Dalgona Coffee ini dibuat menggunakan mixer. Namun, banyak pula yang menggunakan benda-benda simple seperti sendok atau garpu. Nah, yang menjadi masalah adalah proses mengaduknya yang butuh waktu –jika menggunakan sendok atau garpu. Sampai-sampai, Raisa saja bertanya di Twitter-nya terkait dengan Dalgona yang viral ini. Kalau kata netizen, ngaduk Dalgona ini bisa sampe lebaran enggak selesai-selesai gaes~

BACA JUGA: Sedapnya 8 Fakta Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Ini

Nah, kamu sudah mencoba belum jenis minuman yang paling hype ini? Sebagai saran, kalau mau membuat Dalgona Coffee, kamu bisa menggunakan mixer saja ya, jangan mengaduk manual, bisa-bisa langsung gede sebelah tangan kalian Sahabat Boombastis. Hehe.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

100 Hari Berlalu, Begini Kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang Baru

Kisah Pengusaha Asal Tiongkok yang Jadi Miliarder Gara-gara Wabah Corona, Kok Bisa Ya?