in

Lika-liku Seleb TikTok, Dulu Dianggap Norak Sekarang Bisa Hasilkan Uang Miliaran

Masih ingat dengan sosok Bowo Alpenliebe? Yap, remaja lelaki yang masih duduk di bangku SMP ini pernah viral karena melakukan meet and greet dengan para penggemarnya, berbayar 80 Ribu Rupiah. Bowo kala itu memegang jabatan sebagai seorang seleb TikTok yang punya banyak sekali penggemar.

Namun, saat ia viral, tak sedikit yang mengejek dan menganggap Bowo hanya cari sensasi dari kegiatan unfaedah yang ia lakukan. Belum lagi, penampilan wajah asli Bowo dianggap tidak sekece saat ia bermain dengan berbagai macam trik di TikTok. Setelah itu, Kominfo melakukan pembatasan umur untuk anak-anak yang ingin bermain TikTok, aplikasi ini kemudian sempat diblokir. Namun, untuk saat ini, semua orang menggemari TikTok, bahkan aplikasi ini sebenarnya bisa memberikan uang juga loh.

Dianggap kampungan dan norak

Sebelum TikTok marak dan dimainkan oleh para seleb Hollywood, aplikasi buatan Cina ini dipandang sebelah mata. Pasalnya, banyak netizen mengatakan kalau TikTok adalah aplikasi alay yang di dalamnya hanya berisi joged-joged tak jelas. Padahal, untuk membuat gerakan tertentu tersebut, dibutuhkan kreativitas yang tak mudah loh.

https://www.instagram.com/p/B9BqZdbHQQx/

Untuk satu video saja, pengguna TikTok bisa melakukan take berulang-ulang, apalagi kalau isinya sudah banyak. Yang jelas, kalau satu atau dua kali pengambilan gambar dan video saja, belum tentu bisa menghasilkan tayangan yang wow.

Seleb TikTok yang Go International

Bermain TikTok itu adalah menyoal kreativitas. Bukan hanya Bowo Alpenliebe saja yang bisa melakukan gerakan-gerakan yang susah ditiru, ada anak muda yang berhasil keluar negeri dan mewakili Indonesia di ajang pertemuan TikTok se-Asia Tenggara. Para pemain TikTok ini setara dengan pembuat konten creator.

Kelly Courtney [sumber gambar]
Salah satu yang pernah menjadi wakil Indonesia di Singapura adalah Kelly Courtney. Sebelum menjadi wakil sebagai konten creator dari Indonesia, Kelly sudah pernah memenangkan award dari TikTok untuk kategori The Best Rising Star. Enggak selalu buruk dan alay kan?

Bisa hasilkan uang miliaran Rupiah

Nah, ternyata bermain TikTok ini tak jauh bedanya dengan membuat video-video untuk kanal YouTube loh. Kalau creative dan menarik, video kamu bisa dibayar hingga miliaran oleh TikTok. Sebagai bukti nyata adalah seorang perempuan bernama Loren Gray asal Pennsylvania, Amerika Serikat yang menjadi seleb TikTok dengan jumlah pengikut lebih dari 38 juta. Menurut pengamat, dalam satu kali posting, Loren bisa mendapatkan penghasilan 197.000 dollar AS (Rp 2,7 miliar) untuk satu konten yang diunggah.

https://www.instagram.com/p/B6r8Re2h1aJ/

Selain Loren, ada pula Aashika Bhatia, aktris asal India yang kini eksis di dunia TikTok. Gadis berusia 19 tahun ini memiliki lebih dari 14 juta followers di akunnya. Dengan jumlah followers yang begitu banyak, Aashika bisa mendapatkan penghasilan 973.000 dollar AS (Rp 13,5 miliar) untuk satu postingan berbayar. Waw banget kan? Lebih dari YouTuber loh penghasilannya!

Menjadi trend yang dilakukan oleh siapapun juga

Sekarang, hampir semua orang punya satu akun TikTok, di mana mereka bisa membuat video dengan sesuka hati dan disebarkan ke publik. Sekarang, bermain TikTok bukan lagi menjadi aib dan alay seperti saat pertama kali nama Bowo Alpenliebe muncul ke publik ketika itu.

https://www.instagram.com/p/B6x1IEdJj_3/

Bahkan, TikTok ini disebut sudah jauh mengungguli instagram dari segi jumlah orang yang menginstall aps-nya. Hmmm, sekarang siapa sih yang enggak punya akun TikTok?

BACA JUGA: Kabar Terbaru Bowo Alpenliebe, Wajahnya Diblokir Tiktok Hingga ‘Sindir’ Netizen +62

Begitulah perjalanan panjang aplikasi TikTok dan para selebnya, yang dulu dianggap sebagai orang alay, sekarang malah dibayar mahal hingga miliaran. Mungkin, selain menyenangkan dan bisa hilangkan stress, faktor bayaran mahal adalah alasan mengapa TikTok menjadi aplikasi yang sangat banyak digunakan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Ini Loh Alasannya Mengapa Tidak Boleh Mencampur Makanan Laut dan Darat

Kejam! Begini Eksekusi Umat Kristen Mesir oleh ISIS yang Terkenang Sampai Kini