Nama Coki Pardede pasti sudah tak asing lagi di telinga, terutama untuk para penikmat stand-up comedy. Pria bernama lengkap Reza Pardede ini merupakan seorang komedian yang terkenal berkat kolaborasinya bersama Tretan Muslim –serta beberapa teman lain—dalam mendirikan Majelis Lucu Indonesia (MLI).

Meski berbeda keyakinan, Muslim dan Coki tetap menjadi panutan banyak netizen dalam segi toleransi beragama. Namun, keduanya pernah tersandung kasus yang membuat mereka dianggap melecehkan agama. Baru-baru ini, Coki Pardede kembali menghebohkan netizen karena cuitannya di Twitter.

Di tengah banjir Jakarta, Coki mengeluarkan guyonan bahwa hal tersebut boleh jadi karena azab dari perayaan tahun baru. Statemen ini dianggap sebagai hal yang tidak lucu oleh netizen. Terbukti dari banyaknya komentar negative di post Twitternya. Namun, lagi-lagi, Bang Coki pastinya udah kebal dengan segala hujatan itu~

Dianggap tak sensitive terhadap bencana

Komentar untuk Coki Pardede [sumber gambar]
Dari pengamatan penulis, kebanyakan netizen yang melayangkan komentar tak setuju adalah mereka yang menganggap bahwa Coki tidak peka terhadap bencana banjir yang sedang melanda Jakarta. Alih-alih membuat twit yang memberikan support, ia malah mengaitkan hal tersebut dengan azab. Tapi, bagi para deadwood (umat MLI) hal tersebut mah biasa, karena netizen Indonesia memang sering mengaitkan bencana dengan segala macam jenis azab dan teguran Tuhan.

Cuitan yang berbau toleransi dan agama

Komentar untuk Coki [sumber gambar]
Setiap orang memang punya pendapat masing-masing sih dalam berkomedi. Cuitan Coki Pardede mungkin memang bisa dianggap biasa saja, dark joke, satir, atau tak ada niat untuk membawa hal yang berbau agama. Namun, di satu sisi, pasti akan ada netizen yang menganggap hal tersebut frontal, karena membawa-bawa maksiat, zina, dan azab. Apakah toleransi dan agama memang dagangan untuk Coki? Nah, penulis juga mana tau~~

Bisa membuat kembali tersandung masalah?

Komentar untuk Coki [sumber gambar]
Coki Pardede dan Tretan Muslim pernah dipersekusi oleh banyak orang –termasuk para ahli agama—dalam episode masak daging babi dan kurma. Bahkan, netizen membawa serta keluarga serta ancaman pembunuhan. Selanjutnya, keduanya memang lebih selective memilih tema untuk melucu, namun terkadang juga sering membawakan topik-topik yang ‘mengundang’. Akankah kali ini Coki kembali tersandung kasus?

Berbagai tanggapan positive dan negative dari netizen

Komentar untuk Coki [sumber gambar]
Ya, joke seperti ini sudah pasti mendapat tanggapan macam-macam dari netizen. Bahkan, Anji pun ikut bersuara bahwa guyonan Coki kali ini sama sekali enggak lucu, lebih bahaya dari joke masak babi campur kurma menurutnya. “Cok, kayaknya jokes yang ini enggak banget deh. Ini jauh lebih berbahaya dari jokes babi,” balas Anji. Namun, tetap ada yang bilang bahwa joke ini hanya cara Coki mengkritisi mereka yang kalau ada musibah bilangnya azab dari Tuhan.

BACA JUGA: Disebut Komika Kontroversial, Begini Perjuangan Muslim dan Coki di Dunia Hiburan Indonesia

Yang pastinya, kalau sedang dalam keadaan penuh musibah gini, kurang tepat saja memberikan joke seperti yang Coki cuitkan, meskipun sekali lagi niatnya hanya sebagai sentilan kepada mereka yang sering mengaitkan bencana dengan azab. Daripada ngejoke yang bikin emosi memuncak, kan lebih baik menolong dan menonjolkan toleransi yang selama ini dikoarkan. Hiyahiyahiya~~~