in

Begini Cara Melindungi Diri dari Corona yang kini Dikabarkan Bisa Menular Lewat Udara

Jika selama ini menjaga jarak hingga memakai masker dianggap sebagai bentuk pencegahan terhadap penularan Covid-19 atau virus corona, kali ini mungkin ada sedikit tambahan teknis guna menangkal penyebaran wabah tersebut. Bukan apa-apa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini mengakui adanya bukti-bukti penyebaran virus corona di udara atau airborne, seperti yang dikutip dari Kompas (10/07/2020).

WHO sendiri secara resmi mengeluarkan pernyataan virus corona dapat bertahan lama di udara dalam ruang tertutup pada Kamis (9/7/2020). Meski sempat diragukan, adanya bukti ilmiah yang terjadi menunjukkan Covid-19 bisa menular melalui udara. Lantas, bagaimana cara pencegahannya agar tidak terpapar?

Menjaga jarak aman tetap menjadi hal utama

Ilustrasi menjaga jarak antar masyarakat [sumber gambar]
Tetap menjaga jarak terutama saat berada di dalam sebuah ruangan menjadi hal pertama yang bisa diterapkan. Tak hanya itu, masyarakat juga sebisa mungkin menghindari ruangan yang dipadati dengan banyak orang. Peraturan ini juga merupakan standar protokol kesehatan yang sebelumnya telah dilakukan.

Mengusahakan agar sirkulasi udara di dalam ruangan berada dalam kondisi yang baik

Ilustrasi memasang kipas untuk membersihkan sirkulasi udara [sumber gambar]
Karena menyebar lewat udara, ada baiknya jika mulai memeriksa kondisi ventilasi atau sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan. Usahakan agar keadaan di sana mendapat cukup sinar matahari dan memiliki suhu yang baik. Bisa juga dengan memasang HEPA filter guna menyaring udara kotor maupun droplet yang berterbangan.

Tetap mencuci tangan dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan

Mencuci tangan cegah penularan Covid-19 [sumber gambar]
Penggunaan masker tetap menjadi protokol kesehatan standar yang tak bisa ditinggalkan. Hal ini efektif saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum yang dikunjungi oleh banyak orang. Terlebih dengan adanya potensi penularan lewat udara, pemakaian masker juga bisa diimbangi dengan membersihkan tangan dengan hand sanitizer usai memegang benda di ruang publik.

Membersihkan benda-benda yang ada di dalam ruangan

Ilustrasi membersihkan benda [sumber gambar]
Langkah pencegahan penularan juga bisa dengan cara membersihkan permukaan benda-benda yang ada di dalam ruangan secara rutin. Droplet virus yang terbang di udara bisa saja menempel di permukaan benda. Penggunaan cairan disinfektan untuk bersih-bersih bisa mencegah kemungkinan penularan Covid-19.

Berhati-hati saat berada di dalam transportasi umum yang berisiko penularan secara airborne

Ilustrasi berhati-hati di dalam transportasi umum [sumber gambar]
Terakhir, usahakan menghindar dari keramaian di dalam ruangan tertutup secara bersamaan. Salah satunya adalah mewaspadai risiko penularan secara airborne yang terjadi di angkutan umum. Menurut Ketua Umum PDPI DR. Dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR, mengatakan, pengusaha transportasi disarankan untuk mulai memikirkan tentang risiko penularan lewat udara yang kini tengah menjadi sorotan.

BACA JUGA: Daripada Nunggu Pemerintah, Hal Sederhana Ini Bisa Dilakukan Masyarakat untuk Cegah Corona

Kelima cara di atas merupakan imbauan dari juru bicara Gugus Tugas, Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa 14 Juli 2020. Di luar itu, tentu saja semua kembali pada pribadi masyarakat masing-masing. Apakah masih melaksanakan protokol kesehatan atau justru abai dengan peringatan yang diberikan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Perjalanan Karir Omaswati yang Kini Tutup Usia, dari Lenong hingga jadi Artis Ternama

Pesugihan Bangku Kosong, Terkesan Konyol tapi Bisa Bikin Korbannya Mati Seketika