Jual beli motor, kini sudah tak lagi terjadi secara tatap muka. Sekarang, sudah banyak yang bertransaksi via online menggunakan facebook atau instagram. Tapi kebanyakan, transaksi seperti ini dilakukan oleh orang yang ingin menjual atau membeli motor bekas. Ya karena selain lebih mudah penjualannya, harga yang ditawarkan juga cukup murah.

Namun, di balik keuntungannya, ternyata ada kerugiannya juga Sahabat Boombastis. Seperti rawan terjadinya penipuan yang sudah mengakibatkan banyak korban. Nah, supaya kalian enggak jadi salah satu korban, coba tengok ciri-ciri penjual motor palsu di bawah ini.

Menawarkan motor dengan harga jauh lebih murah dari pasaran

Tanda pertama yang paling bisa kita lihat adalah dari harganya. Jika surat menyurat lengkap dan kondisinya mulus, rasa-rasanya sangat tidak mungkin kalau dijual dengan harga sangat murah. Ya karena si penjual bisa rugi bandar gengs kalau menawarkan dengan harga jauh di bawah pasaran. Paling tidak, penjual yang jujur akan menawarkan harga masuk akal dari kondisi motornya.

Jual motor dengan harga murah [Sumber Gambar]
Tapi, terkadang ini yang membuat si pembeli tidak berhati-hati. “Harga murah dengan spesifikasi yang mumpuni kapan lagi”, merupakan quote yang ada di otak mereka saat itu. Pada intinya, kalian kudu berhati-hati jika ada motor murah tapi kondisinya seperti baru. Jangan-jangan ada yang tak beres tuh…

Menulis keterangan kelengkapan motor dengan STNK Only

Sahabat Boombastis tentu pernah melihat akun jual beli motor yang menampilkan keterangan STNK Only. Nah, ini adalah salah satu ciri dari penjual motor palsu gengs. Sebab, bisa dipastikan kendaraan roda dua yang dijualnya tidak mempunyai kelengkapan apapun selain STNK. Artinya, bisa jadi itu adalah motor curian lho. Pasalnya, tidak mungkin kan motor milik sendiri tak ada kelengkapan surat sama sekali.

STNK only [Sumber Gambar]
Bahayanya kalau kalian membeli motor yang STNK Only, bisa ditangkap polisi karena dituduh sebagai penadah kendaraan roda dua. Ini sudah banyak terjadi lho gengs di mana-mana. Salah satunya Yudi asli Panakukkang yang ditangkap karena membeli motor STNK Only. Ia dituduh sebagai oknum pencurian motor karena kendaraannya tidak memiliki kelengkapan surat.

Tidak bisa kirimkan foto motor yang berdampingan dengan dirinya

Apabila kalian sudah tertarik dengan motornya dan ingin berkomunikasi dengan si penjual, jangan terburu-buru deal dulu ya. Ada hal yang perlu kalian lakukan sebelumnya yakni menanyakan foto motornya. Tapi, para pembaca jangan mudah percaya dulu dengan kiriman fotonya.

Tidak bisa kirim foto motor [Sumber Gambar]
Ada baiknya kalian menyuruh si penjual berfoto dengan kuda besi yang hendak dijualnya. Kalau ia menolaknya dengan beragam alasan, sudah pasti itu adalah penipu gengs. Lebih baik segera hentikan percakapannya dan cari penjual lainnya.

Tidak mau untuk diajak bertemu

Jurus penipu yang paling sering digunakan ialah tidak mau diajak untuk bertatap muka. Biasanya, mereka menolak dengan berbagai alasan sehingga membuat si pembeli iba. Tapi, kalian jangan percaya begitu saja lho. Para pembaca bisa mengetesnya dengan menolaknya dan tidak ingin membeli motornya.

Tidak mau COD [Sumber Gambar]
Kalau ia membalas dan ingin mengusahakan bertemu, maka itu adalah penjual yang jujur. Sedangkan jika ia tidak melakukan perlawanan sama sekali dan menghilang begitu saja, kemungkinan besar itu adalah penjual yang ingin menipumu.

BACA JUGA : Jangan Tertipu! Kenali Trik-trik Laknat yang Sering Digunakan Penjual Motor Bekas

Begitulah ciri dari para penjual motor yang berniat ingin mengambil uang kalian saja. Jadi, mulai sekarang, berhati-hati ketika ingin membeli motor. Alangkah lebih baiknya membeli di tempat yang terpercaya. Kalau tidak tahu, coba tanyakan kepada kerabat yang paham akan penjualan motor dengan harga murah dan kualitasnya bagus. Jangan sampai kalian menjadi korban penipuan yang selanjutnya ya.