in

Beredar Busi Palsu di Pasaran, Ini Ciri-cirinya yang Patut Diperhatikan

Bagi pengguna motor, pasti tahu dengan pentingnya peran busi pada kendaraan. Jika salah memilih busi, maka akan berdampak buruk pada keadaan motor kalian. Misalnya si kuda besi sering mengalami mogok ataupun kinerja mesin tidak semaksimal biasanya.

Tapi kalau keduanya terjadi pada saat busi kalian baru saja diganti, perlu diwaspadai nih Sahabat Boombastis. Bisa saja busi yang baru kalian beli adalah palsu. Yap, kini banyak sekali pedagang yang menjual busi kualitas rendah untuk mendapatkan banyak keuntungan. Nah, supaya kalian tidak tertipu, ini dia ciri-ciri dari busi palsu.

Bagian ulir pada busi terlihat kasar

Ulir busi terlihat kasar [Sumber Gambar]
Pertama, kita bisa melihat dari bagian ulirnya Sahabat Boombastis. Jika ulir pada busi palsu akan terlihat kasar dan terkesan tidak rapi. Ya ini dikarenakan bukan buatan pabrik, sehingga bentuknya acak-acakan. Nah, ini tidak akan kita temui pada busi yang asli. Jika yang benar-benar asli, ulirnya halus dan pada bagian ujung terminal nut sangat rapi. Dari sini kalian pasti sudah bisa membedakan deh mana yang asli dan palsu.

Bentuk part number juga sangat berbeda antara asli dan yang palsu

Part number tidak rapi [Sumber Gambar]
Lalu, ciri yang bisa kalian lihat selanjutnya adalah bentuk dari part number-nya. Yap, part number pada busi asli biasanya tersusun rapi dan terlihat teratur. Maklum karena ini adalah buatan pabrik. Sedangkan pada busi palsu, part number akan terlihat berantakan. Pada umumnya, dilansir dari tribunnews.com, part number di busi palsu tulisannya berwarna hitam, tebal dan posisinya tidak rapi.

Nomor lot busi juga menentukan apakah busi tersebut asli atau palsu

Tidak ada nomor lot [Sumber Gambar]
Selanjutnya kalian bisa memperhatikan dari bagian nomor lot busi. Nomor ini wajib ada karena bisa dibilang ini merupakan kode produksi dari busi nih Sahabat Boombastis. Jika pada busi asli, kita akan melihat ada nomor pada bagian hexagonalnya. Sedangkan pada busi palsu, kalian tidak akan melihat ada nomor yang tercetak pada hexagonalnya. Sehingga, dapat dikatakan kalau nomor lot ini merupakan bagian paling mudah untuk menentukan apakah busi yang akan kalian beli itu asli atau palsu.

Ketahanan gasket yang jadi penentu keaslian busi

Gasket mudah dilepas [Sumber Gambar]
Tanda selanjutnya adalah dari ketahanan gasketnya. Bagi yang belum tahu, gasket merupakan pelindung dari komponen penting dari motor tersebut Sahabat Boombastis. Jadi cara memeriksanya adalah dengan mencoba melepas gasketnya. Kalau gasketnya susah dilepas dan juga dipasang kembali, maka bisa dipastikan itu adalah busi asli. Tapi jika gasket malah mudah untuk dilepas ataupun dipasang, dapat disimpulkan kalau itu merupakan busi yang palsu.

Bahan dari metal shell juga perlu diperhatikan

Warna metal shell cepat pudar [Sumber Gambar]
Ciri-ciri terakhir adalah bahan dari metal shell busi. Nah, pada busi yang asli, biasanya bahan dari metal shell-nya sangat bagus. Sehingga, warnanya tidak cepat pudar ataupun berkarat. Hal ini berbeda dengan metal shell pada busi yang palsu Sahabat Boombastis. Metal shell kualitasnya jelek, alhasil warnanya menjadi cepat pudar dalam waktu yang cukup singkat. Selain itu, metal shell akan lebih mudah untuk berkarat lho.

Jika kalian membeli busi yang salah, maka akan berdampak kepada motor kesayangan lho. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau busi bisa mempengaruhi kinerja mesin dan bisa membuat motor kalian mogok secara tiba-tiba. Pasti kalian tidak mau kan hal ini terjadi? Sehingga, sebaiknya kalian tidak lupa untuk memeriksa busi yang hendak dibeli. Nah, supaya tak tertipu, alangkah lebih baiknya membeli di tempat yang sudah terjamin kualitasnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Persik Kediri, Kesebelasan Hebat Indonesia yang Kini Berada di Kubangan Kasta Terbawah

Kenali 5 Strategi yang Bisa Dilakukan Agar Rupiah Indonesia Tak Alami Krisis