5 Kisah Cinta Romantis Legendaris ini Mampu Mengubah Jalannya Sejarah

oleh Rizal
07:05 AM on Feb 28, 2016

Kalau kata para pujangga, kekuatan cinta mampu untuk melakukan segalanya, membuat hal yang mustahil menjadi nyata, serta hal-hal hebat lainnya. Terdengar agak berlebihan dan ngasal, ya? Lebay kalau kata anak-anak muda sekarang. Ya, bahkan meskipun kisahnya sedahsyat cerita Romeo Juliet, hal-hal hebat yang diungkapkan dalam kalimat puitis tadi takkan pernah benar-benar terjadi. Lebih-lebih bisa mengubah jalannya sejarah. Mustahil.

Tapi, jika kita berkaca ke masa lalu, ada begitu banyak bukti kalau yang namanya kekuatan cinta itu memang dahsyat. Ya, ada banyak kejadian berpengaruh yang akhirnya mengubah jalannya sejarah, terjadi gara-gara kisah cinta dua sejoli.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Cinta memang hanyalah seutas perasaan yang menyambungkan dua hati. Tapi, jika cinta ini dikemas dengan cara-cara yang berbeda, atau dialami oleh tokoh-tokoh berpengaruh, maka sudah pasti akan mampu membawa dampak yang besar. Nah, berikut adalah deretan kisah cinta legendaris yang kiprahnya bisa mengubah sejarah.

1. Kisah Cinta Cleopatra dan Mark Antony yang Mengubah Sejarah Mesir dan Romawi

Seperti yang kamu tahu, kisah cinta Cleopatra dan Mark Antony sedikit banyak mengubah jalannya sejarah, terutama bagi bangsa Mesir dan Romawi. Romawi sebelumnya mengincar Mesir sebagai negara jajahan, lalu kemudian muncul sosok Cleopatra yang akhirnya meluluhkan hati Julius Caesar, pemimpin Romawi saat itu. Hingga terbentuklah aliansi, bukan bangsa yang ditaklukkan.

Mark Antony dan Cleopatra [Image Source]
Mark Antony dan Cleopatra [Image Source]
Bagi Romawi, Cleopatra sebenarnya adalah onak yang menghalangi langkah ekspansi mereka. Penyebabnya tentu saja eksistensi Mark Antony yang dianggap sebagai pengganti Julius justru memilih untuk bersama ratu cantik itu daripada membela bangsanya sendiri. Namun, pada akhirnya Mark berhasil ditumpas oleh orang-orang Romawi sendiri. Akhir cerita, Mark yang salah info tentang kematian Cleo, akhirnya memilih untuk bunuh diri. Dan Cleopatra yang tahu bahwa suami Romawi-nya mati, pun ikut bunuh diri dengan menenggak racun.

2. Henry VII dan Anne Boleyn, Kisah Cinta Tragis di Negeri Inggris

Kisah cinta Anne Boleyn dan Henry VII bisa dibilang bagian gelap dari jejak sejarah Inggris. Meskipun begitu, cerita cinta ini mampu membuat Inggris menjadi negara besar seperti sekarang. Anne, wanita sopan ini pernah memikat banyak pria, termasuk sang raja di masa itu, Henry VII. Sayangnya, Anne sudah lebih dulu jatuh cinta kepada seorang pria. Tak senang dengan ini, Henry pun memutuskan hubungan keduanya dengan paksa.

Henry VII dan Anne Boleyn [Image Source]
Henry VII dan Anne Boleyn [Image Source]
Henry berusaha menikahi Anne walaupun ditentang oleh gereja setempat. Dari pernikahan ini lahirlah calon ratu Inggris masa depan, Elizabeth I. Henry yang menginginkan anak laki-laki, tak kunjung mendapatkannya dari Anne. Hingga akhirnya sang raja pun selingkuh dengan pendamping Anne bernama Jane Seymour. Ngerinya, untuk menyingkirkan Anne dibuatlah semacam skenario yang membuat ratu Inggris ini bersalah. Bualan itu berhasil dan akhirnya membuat Anne dieksekusi di depan umum.

3. Pierre dan Marie Curie, Pasangan Ilmuwan Paling Berpengaruh

Apa yang akan terjadi jika ada pria dan wanita saling berkutat asyik di satu ketertarikan yang sama? Cinta. Ya, hal ini lah yang dialami oleh wanita cerdas bernama Marie Curie yang jatuh cinta kepada seorang pria bernama Pierre gara-gara keduanya tertarik dalam sebuah penelitian keilmuan. Singkat cerita, dari pendekatan ini keduanya pun akhirnya menikah.

Pierre dan Marie Curie [Image Source]
Pierre dan Marie Curie [Image Source]
Setelah menikah, geliat keduanya makin sangar. Makin banyak penelitian yang dibuat termasuk salah satunya adalah tentang uranium. Penelitian ini bisa dibilang sangat sukses dengan bukti piagam Nobel yang mereka dapatkan. Sayangnya, kisah cinta ini berjalan pincang ketika Pierre meninggal dalam sebuah kecelakaan. Cinta yang besar membuat Marie pun bertekad bulat menyelesaikan semua penelitian yang pernah digarap bersama suami. Pada akhirnya Marie pun meninggal karena leukemia.

4. Czar Nicholas II dan Alix of Hesse, Kisah Cintanya Menghancurkan Dinasti Romanov

Cerita Kedua orang ini cukup berliku bak film-film romansa anak muda. Namun, setelah melewati jalan-jalan yang susah akhirnya keduanya pun menikah. Nicholas II dan istrinya adalah orang tertinggi di kekaisaran Romanov, kerajaan sebelum terciptanya Uni Soviet. Namun, eksistensi mereka rupanya membawa perubahan besar terhadap bangsa ini.

Czar Nicholas II dan Alix of Hesse [Image Source]
Czar Nicholas II dan Alix of Hesse [Image Source]
Singkat cerita, dalam kisah cinta ini nantinya akan muncul sosok bernama Grigori Rasputin yang keberadaannya mengancam kerajaan. Dan benar saja, di tahun 1918, dinasti ini mengalami semacam kudeta. Semua anggota keluarga kerajaan termasuk Nicholas, istri, dan anaknya dieksekusi. Cerita ini melengkapi babak paling berdarah dalam sejarah masa lalu Soviet.

5. Mildred dan Richard Loving, Kisah Cinta Tak Pandang Ras yang Melegenda

Harmonisnya hubungan antar ras di Amerika hari ini adalah sebuah kemajuan yang sangat bagus. Pasalnya, dulu sebelum negara-negara bagian di sana bersatu, hubungan antar ras sangatlah buruk. Orang-orang kulit putih merasa jumawa, dan yang selain dari ras ini, mereka berposisi di bawah. Namun, hal-hal semacam ini mulai pudar ketika seorang pria bernama Richard Loving jatuh cinta kepada Mildred.

Mildred dan Richard Loving [Image Source]
Mildred dan Richard Loving [Image Source]
Loving adalah pria kulit putih, sedangkan Mildred wanita keturunan Afrika. Hubungan keduanya adalah ilegal di masa lalu, namun berkat cinta mereka menerjang ini. Loving pun menikahi Mildred. Namun, pada akhirnya keduanya pun dihukum karena dianggap melanggar peraturan. Lepas menjalani hukuman keduanya tetap mempertahankan cinta. Hingga akhirnya ada seorang pengacara yang ingin menuntaskan masalah ini. Pada akhirnya sang pengacara sedikit banyak berhasil membuat aturan pernikahan antar ras ini sedikit melunak. Kisah cinta tanpa pandang ras ini akhirnya mampu membuat seluruh negeri bisa memahami perbedaan.

Kekuatan cinta memang tak bisa diremehkan. Ketika ia hinggap di situasi atau pun kepada tokoh-tokoh tertentu, terbukti kalau kekuatan cinta bisa mengubah jalannya sejarah. Ya, cinta sendiri sifatnya unlogic alias tidak logis, makanya cinta pun dapat menciptakan hal-hal mustahil yang sebelumnya tak pernah terjadi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA