in

Klaim Batik Hingga Sengketa Natuna, 5 Hal Ini Dinilai Picu Amarah Rakyat Indonesia Pada Cina

Sebuah cuitan yang diunggah oleh media Cina, China Xinhua News, di akun Twitter resminya membuat geger netizen Indonesia. Pasalnya, unggahan tersebut mengklaim bahwa kerajinan tradisional batik adalah hal yang umum di kalangan kelompok etnis Cina sejak lama. Postingan yang diunggah pada Minggu, (12/07/2020) itu banjir komentar dari netizen Indonesia.

Di tanah air, persoalan yang berhubungan dengan Cina memang kerap mengundang sorotan masyarakat. Tak hanya soal batik di atas, Indonesia dan negeri Tirai Bambu itu juga sempat bersitegang soal sengketa wilayah perbatasan di Laut Natuna. Selain dua hal tadi ada beberapa hal lain terkait Cina yang kerap bikin masyarakat Indonesia terpicu.

Soal masuknya TKA asing asal Cina di Indonesia

Ilustrasi TKA Cina [sumber gambar]
Masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina di Indonesia memang bukanlah hal yang baru. Banyaknya investasi dari perusahaan negeri Tirai bambu itu menjadi salah satu faktor utamanya. Protes pun sempat bermunculan dari masyarakat lokal yang tidak menerima kehadiran mereka.

Sejarah masa lalu hubungan antara Cina dan Indonesia di masa Presiden Sukarno

Bung Karno dan Perdana Menteri Cina Zhou En Lai [sumber gambar]
Nama Cina juga sempat tercoreng di era Sukarno lantaran dituduh terlibat dalam peristiwa G30S. Saat pemerintahan diambil alih oleh Presiden Soeharto lewat Orde Barunya, Indonesia juga memutuskan hubungan diplomatiknya hingga beberapa puluh tahun ke depan. Salah satu pemicunya saat itu adalah adanya isu Cina mengirimkan ribuan senapan Chung untuk mempersenjatai kaum buruh dan tani.

Klaim sepihak atas wilayah perairan Natuna lewat Nine Dash Line

Kapal Coast Guard Cina yang sempat menerobos wilayah RI di Natuna [sumber gambar]
Cina juga memantik amarah masyarakat Indonesia atas klaim sepihaknya di wilayah perairan Natuna. Dengan menggunakan Nine Dash Line atau Sembilan garis putus-putus, Cina dianggap telah menginjak-injak kedaulatan Indonesia atas Natuna yang telah ditetapkan melalui Konvensi PBB Tentang Hukum Laut (United Nations Convention for the Law of the Sea/UNCLOS) 1982.

Batik juga diklaim sebagai warisan budayanya

Tak hanya soal perairan Natuna, Cina juga baru-baru ini menghebohkan netizen Indonesia lantaran mengklaim batik sebagai kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di Cina. Unggahan itu pun langsung diserbu oleh netizen Indonesia yang mengingatkan postingan tersebut lewat kolom komentar.

Kelakuan TKA Cina yang bikin ngelus dada

Ilustrasi TKA Cina buang air di area proyek [sumber gambar]
Kembali soal TKA Cina di Indonesia, masyarakat terkadang kesal sekaligus ngelus dada karena melihat kelakuan para pekerja tersebut. Dilansir dari Merdeka (28/11/2016), mereka yang dipekerjakan di sektor manufaktur diketahui pernah membuang air sembarangan, tak memiliki identitas maupun paspor, mengibarkan bendera Cina, hingga tak sengaja masuk ke dalam wilayah yang masih menjadi markas TNI AU.

BACA JUGA: Panas Soal Klaim Wilayah Natuna, Begini Perbandingan Militer Indonesia dan China Saat Ini

Segala hal yang berhubungan dengan Cina memang kerap mengundang pendapat yang pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut biasanya disangkut pautkan dengan banyak hal, seperti politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Mejeng di Times Square AS, Inilah Alasan Weird Genius dan Lathi Dikenal hingga Mancanegara

4 Sepak Terjang Hana Hanifah yang Baru Jajaki Dunia Hiburan Sebelum Terseret Kasus Prostitusi