Kabar Reza “Arap” Oktovian hapus kanal YouTube-nya sedang heboh dibahas di media sosial. Pasalnya, YouTuber yang fokus dengan menyajikan konten-konten game ini telah memiliki 2 juta subscribers dan terjun ke dunia ini bukan baru-baru ini saja. Hal tersebut sangat disayangkan oleh para fans Reza Arap yang menyebut dirinya Rapstronaut.

Telisik demi telisik, akhirnya Boombastis.com menghimpun beberapa komentar netizen yang menyebutkan bahwa terjadi pertikaian antara Reza Arap dan YouTuber gaming bernama Ericko Lim. Hal tersebut yang akhirnya memacu Reza Arap untuk menghapus kanal YouTube-nya. Bagi kalian yang doyan banget mengakses YouTube, enggak usah khawatir dengan menghilangnya Reza Arap dari dunia per-YouTube-an, masih ada (sekian) kanal ini kok! Lebih berfaedah pula.

Fathia Izzati, mau belajar apa saja bisa dari kanal ini

Mungkin beberapa dari Sahabat Boombastis mengetahui Fathia Izzati sebagai vokalis band atau sebatas selebgram. Namun, jika kalian pergi ke platform YouTube dan mengetikkan namanya, banyak sekali bahan untuk belajar dalam video yang diunggahnya. Mulai dari enggak takut bicara bahasa Inggris, hingga kehidupan di luar sana yang tak pernah kalian bayangkan. Bagi sebagian orang, konten Fathia Izzati mungkin tergolong berat, tetapi jika kalian terus mengikuti diskusi-diskusi dalam video tersebut, lama-lama akan terbiasa, kok. Bisa jadi cerdas juga seperti Chia.

Gita Savitri Devi, tips and trick belajar di luar negeri hingga ilmu agama semua ada

Tak jauh beda dari Fathia Izzati, Gita Savitri Devi atau Gitasav juga terkenal di kalangan netizen wanita. Bukan hanya karena wajahnya mirip dengan artis Korea Selatan, Kim Jiwon, tetapi juga konten yang disajikannya bikin kita pintar. Enggak hanya sekedar nongkrong sana-sini dan bikin feeds untuk instagram. Gitasav yang sudah pengalaman berkuliah di Jerman—negara minoritas muslim dan ia memilih untuk berhijab, hingga akhirnya memiliki seorang suami yang mualaf gara-gara terinspirasi olehnya merangkum perjalanan hidupnya lewat sebuah vlog dan video diskusi. Cus, deh klik video di atas kalau kalian penasaran.

Bayu Skak, konten gaming dikemas ala Jawa

Siapa sih yang enggak kenal Bayu Skak? Seorang mahasiswa Malang yang iseng-iseng bikin akun YouTube untuk menyalurkan ide humornya, dan akhirnya bisa menghasilkan uang dari sana, sempat menjadi goals bagi banyak remaja 7 tahun lalu. Ia bahkan telah menyutradarai film yang ia bintangi sendiri tahun lalu. Kangen dengan konten gaming Reza Arap? Kanal Bayu Skak juga memiliki konten serupa meski tak sama. Selain konten gaming, ada banyak konten mendidik yang enggak bikin kalian keranjingan terus main game. Kocak pula dikemas dengan bahasa Jawa penuh.

Skinnyindonesian24, humor berkelas

Sama seperti Bayu Skak, Skinnyindonesian24 juga merupakan “penghuni lama” di YouTube Indonesia. Video-video pertamanya merupakan celetukan-celetukan kecil yang membuat penontonnya berfikir “iya juga ya,” hingga akhirnya nama mereka bisa sebesar sekarang. Subscribers-nya pun tak kalah dari Bayu Skak, sebanyak 1,2 juta orang. Tak hanya mengunggah konten-konten lucu, terkadang mereka juga menyisipkan sindiran berkelas yang mengedukasi penontonnya pelan-pelan dan tak terasa sedang menghujat mereka. Kelas deh, pokoknya!

Raditya Dika, tak perlu diragukan

Mengawali karier bukan sebagai YouTuber, Raditya Dika merupakan sosok entertainer yang dipercaya oleh banyak netizen. Mulai dari humornya yang berkelas, hingga materi dalam setiap bukunya yang berbobot tapi dikemas dengan ringan sehingga bisa dinikmati siapa saja. Merambah ke dunia stand up comedy hingga akhirnya juga membuka kanal YouTube, Raditya Dika telah memiliki 4,6 juta subscribers. Tak diragukan lagi, kan konten buatannya? Tak pernah luput dari sapuan trending, loh.

Arief Muhammad, panutan remaja intelek

Bisnis bercabang di mana-mana, membuat Arief Muhammad menjadi panutan para remaja hingga pekerja kantoran. Bermula dari twitter @poconggg yang heboh di tengah tahun 2000an, Arief Muhammad kini juga merambah menjadi YouTuber. Konten yang disajikan memang berdasar kehidupan nyata alias vlog, sehingga para pengikut yang menonton juga merasa ikut bersama keseharian Arief. Tak hanya berbagi aktivitasnya sehari-hari, Arief juga kerap berinteraksi dengan followers-nya, enggak heran kalau sampai sekarang ia banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Ria SW, dijamin ikutan kenyang!

Jika 6 YouTubers di atas memiliki konten serius sekaligus menghibur, Ria SW bakal membuat kalian semua kenyang, geng. Ia merupakan YouTuber yang menyajikan konten kuliner, terutama makanan pedas. Ia telah mencoba beberapa makanan pedas di tanah air hingga ke Singapura dan Korea Selatan. Cara ia menyantap kudapannya tentu membuat kita ngiler, tetapi di akhir video saat ia merasa sudah kekenyangan, secara ajaib kita juga akan merasakannya, geng. Mahasiswa di tanggal tua? Mending beli kuota untuk tonton video dia saja, deh~

Boombastis, apa yang kalian pengin bakal terpenuhi~

Last but not least, karena kalian pembaca Boombastis yang setia, pastikan sudah subscribe kanal YouTube kita, ya. Ketik saja kata kunci BOOMBASTIS dan YouTube akan langsung mengarahkan kalian ke kanal kita. Meski konten videonya belum banyak, tapi semuanya patut ditonton sampai habis, loh. Terutama video yang kita sematkan di atas, dijamin pada ngakak dan berfaedah, deh. Bisa kalian coba pula di rumah bareng teman-teman kalian.

Dunia per-YouTube-an bukan tentang Reza Arap, kan? Masih banyak kanal-kanal yang lebih pantas untuk di-subscribe daripada menangisi hilangnya akun YouTube Reza Arap. Dengar-dengar, drama ini sengaja dibuat untuk menyukseskan Youtube Rewind Indonesia 2018, sih, tapi kita tunggu saja tanggal mainnya!