Nabung memang jadi hal yang berat, kayak rindu. Terlebih lagi kalau aktivitas tersebut harus mengorbankan hobi. Nggak cuma berat, tapi godaannya pun bikin tangan gatel. Tapi, ada saat di mana kita harus memikirkan masa depan, bukan kesenangan sesaat. Dan percayalah, sekalinya dilakukan hal ini justru bisa jadi sesuatu yang malah disyukuri banget.

Sahabat Boombastis, ada sebuah cerita epic dari seorang pria bernama Rian Hapidi. Bapak yang ngaku ganteng ini doyan keluar malam cari hiburan (karaoke doang kok). Tapi kemudian ia memutuskan insyaf dan menyisihkan uang yang mestinya bisa habis untuk aktivitas tersebut pada sebuah galon. Sampai suatu ketika si tempat air itu penuh dan Rian pun membukanya. Lalu seberapa hasilnya? Luar biasa banyak! Bisa lah buat kuliah sampai sarjana.

Lalu seperti apa perjuangan Rian dalam melakukan hal berat ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ya.

Insyaf hiburan malam, uang dikumpulkan di galon

Entah apa yang dipikirkan Rian sehingga ia mengubah hobi keluar malamnya jadi nabung. Mungkin karena keluar pagi lebih sehat kali ya. Tapi hal tersebut mungkin jadi keputusan yang paling disyukurinya. Gimana nggak wong hasil uang galonnya segitu banyak.

Ceritanya sebenarnya sederhana kok. Rian hanya memasukkan uang buat modal keluar malamnya ke dalam sebuah galon, yang olehnya diselotip hitam semua biar nggak bisa diintip. Cukup lama ia melakukan ini kurang lebih selama setahun. Ketika merasa galonnya udah nggak cukup lagi dijejalin duit, ia pun berinisiatif membukanya.

Prosesnya sendiri ampun-ampunan pemirsa. Alasannya karena uang yang ditabung nggak melulu kertas tapi koin juga. Ia memvideokan aksi itu dan terlihat Rian kepayahan mengeluarkan uang-uangnya. Ditonton sampai 1,9 juta orang, mungkin pemirsa penasaran juga dengan fenomena ini. Uang ditabung di galon doang duitnya bisa sebanyak itu ya. Aje gile.

Berhasil kumpulkan Rp 48 Juta, netizen: ‘boong ah’

Setelah proses pengeluaran yang dramatis karena saking berat dan banyaknya uang, akhirnya total duit yang ada sekitar Rp 48 juta. Tentu nggak hanya koin, tapi ada cukup banyak lembaran Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu di sana. Rian pun sumringah dan nggak lupa ngasih wejangan, “Lumayan kan, gaes. Selama satu tahun nabung meskipun receh juga bisa menabung sampai empat puluh delapan juta rupiah,” ujarnya.

Video berdurasi 4 menit 19 detik ini memang membuat banyak netizen bertanya-tanya. Bahkan tak jarang dari 1.600 orang yang berkomentar meragukan kebenarannya. Ada yang mengaku pernah melakukan hal yang sama, mentok-mentok dapat 12 juta saja. Ada juga yang menduga kalau dari sononya Rian sudah punya penghasilan yang mumpuni dan video ini hanya trik untuk cepat terkenal layaknya Youtuber jaman sekarang. Namun tidak sedikit juga netizen yang memuji dan terinspirasi. Meski ikutan penasaran bagaimana tekniknya, yang lebih berarti buat mereka adalah semangat menabungnya.

Duit galon menjelma jadi motor Kawasaki

Kamu tentu penasaran kan duit hasil mecah galon itu buat apa? Apakah dibuat keluar malem lagi atau dibalikin ke galon? Ternyata tidak, Sahabat Boombastis. Ia membelanjakan duit tersebut untuk sebuah motor Kawasaki. Nggak nanggung-nanggung harganya mencapai Rp 30 jutaan. Nggak diketahui apakah ia membayarnya pakai recehan bejibun itu juga atau tidak. Padahal seru tuh kalo divideokan.

Keputusan membeli sebuah motor tentu adalah pilihan bagus. Selain sebagai perwujudan usaha, juga bisa jadi inspirasi nih. Bahwa berawal dari recehan yang dilempar ke dalam galon, pada akhirnya bisa berwujud motor mahal. Selain dipakai beli motor, uangnya juga dipakai untuk traktir teman-teman berlibur. Bukan berlagak sultan nih Sahabat Boombastis, tapi dia menulis di videonya bahwa, “Bahagia itu di saat kita berbagi.”

Audit receh tabungan Rian, sobat misqueen sanggup nggak yah?

Bila memang uang yang ditabung hasilnya mencapai Rp 48 juta, maka kalau dirata-rata yang ditabung Rian per bulannya adalah Rp 4 juta. Per harinya sekitar Rp 133 ribu. Buat sobat misqueen yang biasanya makan di warteg terus separuh dibungkus pulang buat makan malam, maka ini menjadi hil yang mustahal untuk dilakukan. Bener apa beneeeerrr?

Tapi jangan sedih, Sahabat Boombastis. Hikmah dari video viral Rian sebenarnya bukan pada jumlah, melainkan adalah meninggalkan kegiatan menghamburkan uang dan menggantinya dengan yang lebih berfaedah. Banyak kan di antara kita yang sebenarnya gaji pas-pasan-tapi gaya hidup ketinggian-tapi ternyata usahanya juga kurang.

Kalau kamu termasuk yang seperti ini, penulis sarankan bergabung dengan komunitas kita di sini. Sahabat Boombastis bakal diajari bagaimana caranya mengelola uang jajan atau penghasilan dengan sehat dan bermanfaat hingga jangka panjang. Sudah ada banyak teman yang ikutan di gelombang pertama lho. Jangan khawatir, tak berbayar dan no MLM kok.

Jadi, enggak bakal ada lagi ceritanya tanggal 1 gajian, tanggal 10 udah tinggal kenangan. Itu cuan lari ke mana pasti ada juntrungannya, bahkan mungkin bisa menghasilkan lebih banyak. Jangan lewatkan kesempatan ini yaaaaa…