Dari dulu tikus jadi hewan yang sangat dibenci oleh semua orang. Alasannya ya karena hewan pengerat tersebut selalu saja mencuri makanan yang ada di dapur. Enggak hanya itu, binatang menjijikkan tersebut juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang dinamakan leptospirosis. Bahkan, penyakit yang berasal dari kencingnya itu sudah banyak memakan korban.

Hewan yang berteman dengan kecoa ini walaupun sudah dibasmi menggunakan racun atau lem tetap saja tak mempan. Mereka tetap bisa melenggang aman melewatinya tanpa ada pengaruh sedikitpun. Namun, tenang saja Saboom, ada cara lain yang bisa digunakan dan pasti ampuh membasmi si tikus. Selain itu caranya alami dan yang pasti tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Menggunakan tanaman putri malu

Pakai putri malu [Sumber Gambar]
Mungkin beberapa di antara kalian masih belum tahu kalau tikus bisa dibasmi menggunakan putri malu. Tanaman ini sangatlah ampuh untuk digunakan karena hewan pengerat satu ini takut dengan durinya. Jadi, untuk mengusir tikus dari rumah kalian, cukup sebarkan tanaman putri malu ini di sudut yang sering dilewati oleh tikus. Tapi, setiap sudut harus diberi lebih dari satu tanaman supaya durinya lebih banyak. Dijamin deh tikus tidak akan lagi singgah ke rumah kalian.

Jangan buang kantung teh celup bekas, bisa untuk usir tikus

Menggunakan teh celup [Sumber Gambar]
Bagi kalian yang hobi banget minum teh celup, jangan buang kantungnya ya. Sebab kantung teh celup bisa dipakai untuk mengusir hama kecil ini. Untuk menggunakannya adalah seduh dulu tehnya, lalu kantung celup tadi diletakkan pada area yang sering dilewati oleh tikus. Niscaya, tikus tidak akan berani kembali lagi ke rumah kalian karena bau dari kantung teh celup tersebut membuat hidung dari hewan pengerat iritasi. Eitss, tapi manfaat dari kantung teh celup bukan hanya untuk mengusir tikus saja lho. Ternyata benda ini dapat dipakai untuk mengusir laba-laba juga.

Punya cuka di rumah? Bisa dimanfaatkan tuh

Memakai cuka [Sumber Gambar]
Cuka yang sering dipakai ibu-ibu untuk masak, ternyata bisa berfungsi untuk mengusir tikus. Dengan kekuatan baunya yang cukup menyengat, membuat indra penciuman dari hama kecil tersebut terganggu. Jadi, pasti tikus tidak akan menginjakkan kaki lagi di rumah kalian. Jangankan menginjakkan kaki, ingin mendekati saja tak mampu karena saking traumanya dengan bau dari cuka tersebut. Cara menerapkannya adalah teteskan cuka di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Namun mengimplementasikannya tak hanya cukup sekali saja ya. Harus dilakukan setiap hari sampai tikus tak terlihat lagi batang hidungnya.

Bawang merah tak hanya bikin mata manusia berair, tikus pun juga

Bawang merah juga bisa usir tikus [Sumber Gambar]
Di rumah pasti kalian punya bumbu dapur yakni bawang merah. Nah, bumbu dapur satu ini bisa lho digunakan untuk mengusir tikus-tikus nakal. Bawang merah yang mempunyai kandungan bernama flavonoid dan fenol itu tidak hanya membuat manusia menangis, tapi tikus juga akan ikut terharu gara-gara dua senyawa tersebut. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, kupas dan potong menjadi kecil-kecil dan tempatkan irisan bawang tersebut di area yang dilewati tikus.

Daun salam juga bisa lho hempaskan tikus dari rumah

Pakai daun salam [Sumber Gambar]
Daun salam sekarang tak hanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan lho, tapi bisa dipakai untuk basmi si hewan kotor tersebut. Ya, ekstrak etanol yang terdapat pada daun salam ini bisa merusak penciuman dari tikus. Sehingga si tikus tak akan bisa melangkahkan kaki ke dalam rumah kalian. Untuk menggunakannya hanya cukup tebarkan daun salam ke tempat yang sekiranya dilewati tikus. Namun, harus diletakkan agak banyak ya supaya hewan pengerat ini benar-benar kapok.

Itulah cara untuk mengusir tikus dari rumah secara alami. Cukup ampuh dan tidak perlu keluarkan banyak uang karena semuanya ada di rumah kalian. Selamat mencoba ya dan semoga para tikus-tikus itu tidak akan lagi kembali ke rumah kalian.