in

Tak Perlu Beli HP Baru, Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mempercepat Pengisian Baterai

Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika kita ingin bepergian tapi ponsel kita dalam keadaan habis baterai. Ingin membawa power bank tapi dayanya juga lupa belum diisi. Kalau udah seperti itu rasanya ingin beli ponsel yang bisa mengisi baterai dalam waktu singkat. Tapi sayangnya, ponsel yang seperti itu pasti harganya mahal.

Sebenarnya, walaupun kita tidak dalam kondisi yang terburu-buru, pengisian baterai dalam waktu singkat memang dibutuhkan sekali. Ya, supaya enggak ada lagi kebiasaan mengoperasikan ponsel di dekat colokan listrik. Namun hal ini enggak perlu khawatir lagi Sahabat Boom karena ada beberapa cara untuk mempercepat pengisian baterai.

1. Harus pintar-pintar pilih kabel USB

Gunakan charger original [Sumber Gambar]
Kabel USB yang kita pakai untuk mengisi baterai ternyata memiliki pengaruh cukup besar lho Sahabat Boom. Jika kabel yang digunakan kualitasnya semakin bagus, maka pengisian daya akan menjadi lebih cepat. Berbeda dengan kabel yang punya kualitas kurang baik, ia akan mengisi baterai tapi waktunya sangat lama. Oleh karena itu, usahakan mengecas baterai menggunakan charger bawaan dari ponsel atau membeli kabel USB dari merek yang ternama. Dengan begitu, waktu mengecas baterai akan terasa lebih cepat dari biasanya.

2. Matikan ponsel adalah cara paling ampuh

Ponsel sebaiknya dimatikan waktu mengecas [Sumber Gambar]

Cara kedua untuk mempercepat pengisian baterai adalah dengan matikan ponsel. Mematikan handphone selama mengecas bisa membuat pengisian daya menjadi lebih optimal. Ia akan lebih berkonsentrasi mengisi baterai tanpa gangguan dari aplikasi manapun. Hal ini sangat berbeda ketika kita mengisi baterai dalam kondisi ponsel yang menyala. Aplikasi yang berjalan di background secara otomatis akan membuat daya tersedot sehingga pengisian akan terasa lebih lama. Jadi, alangkah lebih baik ponsel dimatikan saat mengecas ya Sahabat Boom.

3. Bisa banget memanfaatkan mode pesawat

Aktifkan mode pesawat [Sumber Gambar]
Jangan dikira kalau mode pesawat hanya berguna pada saat di kapal terbang saja. Mode pesawat bisa lho dimanfaatkan pada kondisi tertentu. Misalnya adalah untuk mempercepat waktu pengecasan baterai. Hal ini dikarenakan mode pesawat menutup semua akses sosial media dan notifikasi dari aplikasi sehingga membuat baterai terisi lebih cepat. Walaupun ponsel dalam keadaan menyala, itu tak pengaruh ke kecepatan pengecasan lho. Malah, mode ini akan memberikan kecepatan maksimal sebesar 12% dari pengisian baterai normal. Wah, keren kan? Ayo gunakan mode pesawat mulai dari sekarang.

4. Hindari tempat yang panas waktu mengecas

Hindari tempat panas ketika mengecas [Sumber Gambar]
Ternyata kondisi tempat untuk mengecas baterai memiliki pengaruh besar lho Sahabat Boom. Itu karena baterai akan memiliki kinerja yang lebih baik pada saat berada di suhu dingin. Maka dari itu, hindari mengecas di tempat yang bersuhu panas ya. Selain itu jangan lupa pada saat mengisi baterai, pelindung handphone harus dilepas dahulu. Supaya tidak menimbulkan efek pada pada ponsel.

5. Jangan sentuh ponsel ketika diisi baterai

Main ponsel ketika sedang mengisi baterai [Sumber Gambar]
Hal yang satu ini sering banget dilakukan oleh para pengguna ponsel. Apalagi kalau bukan mengoperasikan handphone ketika mengisi baterai. Belum lagi jika kita sambil bermain game ataupun menonton video, semakin membuat pengisian ponsel lebih lama lagi. Jadi, mulai sekarang hilangkan kebiasaan buruk itu ya Sahabat Boom. Agar pengisian baterai bisa lebih cepat.

Nah, bagaimana Sahabat Boom mudah kan cara untuk mempercepat pengisian baterai? Dengan menerapkan kelima aturan di atas, bisa memperpanjang umur baterai juga. Selain itu kita juga tidak galau lagi menunggu pengisisan baterai yang tergolong lama.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Artis Cantik Ini Enggak Manglingi Waktu Menikah, Kata Orang Jawa Ada Filosofinya!

Layaknya Kandang Tikus, Stadion Asal Indonesia Ini Nasibnya Memprihatinkan