Pernikahan memang merupakan impian semua manusia di muka bumi. Mereka percaya bahwa ketika telah melewati fase tersebut, maka mereka sudah dinyatakan lolos dari kehidupan sebagai manusia. Hal tersebut juga banyak dipercaya oleh para public figure Indonesia. Tak ayal jika di tahun ini banyak sekali pasangan selebriti yang akan melangsungkan pernikahan.

Meskipun begitu, pernikahan selebriti tak akan jauh-jauh dari nyinyiran netizen. Banyak dari mereka yang mengkritisi tata rias alias make up sang pengantin. Ada yang disebut mangling, ada juga yang tidak. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com, akan mengungkap siapa saja artis cantik yang disebut tidak mangling oleh netizen, lengkap dengan filosofi yang dipercaya oleh orang Jawa.

1. Raisa Andriana, masih terlihat jelas sosoknya

Pernikahan Raisa-Hamish [sumber gambar]
Akhir tahun 2017 lalu, penyanyi yang banyak digandrungi segala kalangan di Indonesia ini resmi berstatus istri orang. Pernikahan yang digelar pun mengusung ada sunda dengan kebaya putih yang apik. Raisa Andriana dan Hamish Daud pun terlihat bahagia di pelaminan. Namun, netizen berkata bahwa Raisa tidak tampak manglingi, karena sehari-harinya ia kerap mengenakan full make up.

2. Putri Marino, riasan wajahnya seperti tak mengenakan make up

Pernikahan Putri Marino-Chicco Jerikho [sumber gambar]
Seperti yang kita tahu, istri Chicco Jerikho ini pernah menjadi host acara My Trip My Adventure, sehingga seringkali kita melihat wajahnya tanpa polesan make up. Putri Marino pun nyaman tampil di depan publik dengan make up simpel atau bahkan tak menggunakan riasan sama sekali. Sama seperti ketika dirinya menikah kemarin, netizen pun menyatakan meski Putri Marino tak menggunakan full make up, dirinya tetap terlihat cantik. Beda dengan netizen yang akan dikenali sebagai petugas catering ketika menikah tak menggunakan riasan tebal.

3. Sandra Dewi, tetap terlihat seperti biasanya

Pernikahan Sandra-Harvey [sumber gambar]
Meskipun Sandra Dewi tidak menikah dengan menggunakan adat Jawa, netizen pun menyimpulkan riasan wajahnya tampak seperti ia biasanya. Padahal, orang-orang Jawa percaya ketika seorang wanita menikah dan riasan wajahnya membuat pangling semua orang, berarti sang pengantin sedang sangat bahagia sehingga memancarkan aura yang berbeda pada siapapun yang melihatnya.

4. Ardina Rasti, sempat dituding macam-macam menjelang hari pernikahannya

Pernikahan Rasti-Arie Andika [sumber gambar]
Sama seperti 4 rekannya di atas, riasan Ardina Rasti ketika menikah pun dibilang enggak manglingi. Selain kebahagiaan, orang Jawa juga percaya bahwa ketika seorang pengantin tidak membuat para tamu pangling, hal tersebut berarti aura perawannya tidak terpancar. Ardina Rasti pun sempat diterpa kabar miring ketika hari H pernikahannya, sang MC keceplosan mengatakan bahwa dirinya sedang hamil. Namun, setelah dikonfirmasi ternyata sang MC menujukan lontaran tersebut pada kakak Ardina Rasti.

5. Tyas Mirasih, riasannya sama seperti kesehariannya

Pernikahan Tyas Mirasih-Raiden Soedono [sumber gambar]
Bisa dibilang, riasan Tyas Mirasih ketika menikah kala itu benar-benar flawless. Banyak juga yang memuji make up-nya karena ia terlihat sangat cantik. Meskipun begitu, beberapa netizen melihat tak ada beda dalam riasan Tyas Mirasih ketika menikah dan kesehariannya. Mungkin karena kita terbiasa melihat para artis ini dalam balutan make up yang tebal kali, ya.

Menjadi sosok yang manglingi ketika menikah memang diartikan sebagai kebahagiaan serta aura perawan yang terpancar oleh orang Jawa. Namun, bukan berarti mereka yang tidak bikin pangling memiliki arti kebalikannya. Bisa saja mereka salah memilih orang yang dipasrahi untuk merias mereka atau permintaan dari sang pengantin sendiri untuk tidak ingin orang lain pangling padanya.