in

Cara Buat Sushi Mentai Rumahan, Praktis dan Murah Cuma Pakai Bahan yang Mudah Didapatkan

Sushi jadi salah satu makanan yang banyak digemari. Makanan khas Jepang ini sudah dikenal sejak zaman Edo. Tak jarang orang menganggap sushi sebagai kuliner yang mahal, mengingat terdapat bahan ikan salmon, ikan tuna, atau telur ikan pollack di dalam sushi mentai. Maka itu, makin ke sini makin banyak orang yang mencari cara buat sushi mentai rumahan agar bisa menikmati kuliner satu ini dengan lebih murah meriah.

Dengan bahan seadanya, membuat sushi di rumah bukan merupakan hal yang sulit. Kamu hanya perlu bahan-bahan utama, seperti nasi, mentimun, telur, atau sosis. Bagaimana sih cara buatnya? Nih, ikutin caranya!

Jenis sushi mentai yang mudah dibuat

Pembuatan sushi merupakan hal yang mudah, terlebih bahan utamanya adalah nasi. Sebenarnya sebutan mentai dalam sushi bukanlah istilah makanan, namun sebuah istilah untuk saus dengan bahan telur ikan pollack atau ikan kod. Telur ikan ini diselimuti oleh selaput membran tipis yang mirip seperti irisan daging. Pada umumnya, sushi mentai adalah sushi yang disertai dengan saus yang memberikan rasa pedas asin dengan berbagai variasi lauk.

Sushi mentai enak ala rumahan [sumber gambar]
Namun dengan perkembangan zaman, jenis sushi mentai menjadi incaran banyak orang karena rasanya yang lebih mudah diterima banyak kalangan. Saus mentai dapat dibuat sendiri dengan bahan lokal yang ada di Indonesia. Begitu pula dengan bahan-bahan pembuatan sushi, juga bisa ditemukan diberbagai pasar tradisional maupun modern.

Bahan-bahan sushi

  • Nasi secukupnya
  • Cuka 2 sdm
  • Garam secukupnya
  • Udang goreng 3 buah (optional, bisa diganti telur)
  • Sosis 2 buah
  • Timun 1 buah
  • Bayam secukupnya
  • Nori secukupnya

Bahan saus mentai

  • Mayonaise 4 sdm
  • Saus sambal 3 sdm
  • Susu kental manis 2 sdm
  • Cabe bubuk secukupnya

Cara buat sushi mentai rumahan yang mudah

cara buat sushi mentai rumahan [sumber gambar]

  1. Pertama campur nasi dengan cuka dan garam, lalu aduk sampai rata
  2. Siapkan bahan isian, rebus bayam hingga matang lalu tiriskan. Iris timun memanjang dan jangan lupa membuang isinya
  3. Iris tipis sosis dan goreng hingga kecokelatan, goreng udang dengan tepung hingga krispi dan kecokelatan.
  4. Letakkan nori, lalu tumpuk dengan nasi diseluruh permukaannya. Kemudian letakkan sosis, udang goreng, timun dan bayam. Kemudian gulung hingga berbentuk bulat dan memanjang.
  5. Lalu campurkan bahan pembuatan saus mentai (mayonaise, saus sambal, susu kental manis, bubuk cabai) aduk hingga tercampur semua.
  6. Letakkan sushi yang sudah dipotong-potong di atas piring, lalu letakkan saus mentai diatas potongan tersebut. Bisa menambahkan wijen bila suka. Hidangan siap disajikan.

BACA JUGA: Melihat Ikan Termahal di Dunia yang Harganya Mencapai 44 Miliar, Bikin Miskin Langsung Tuh

Pembuatan sushi mentai ala rumahan dengan bahan lokal dapat dimodifikasi sesuai selera dan dapat mencoba menambahkan berbagai variasi saus hingga lauk untuk menggugah selera.

Written by Terry

Harga Mie Naik 3 Kali Lipat Dampak Perang Rusia-Ukraina, Netizen: Apa Kabar Kami Anak Kos?

Ospek Jemur Mahasiswa 10 Jam Tanpa Ampun, Untirta Dikecaman sampai Berujung BEM Minta Maaf