in

4 Fakta Bus ‘Tayo’ Sukoharjo yang Lagi Viral di Medsos, Terinspirasi Kartun?

“Hei Tayo, Hei Tayo, Dia bis kecil ramah”, rasanya nyanyian tersebut lekat dan terngiang-ngiang terus di kepala. Bahkan belakangan, banyak orang yang membuat prank dan lelucon dengan nyanyian Tayo tersebut. Ternyata, popularitas Tayo cukup menarik perhatian, sehingga warga Gayam, Sukoharjo, Jawa tengah mendesain sebuah bus yang sangat mirip sekali dengan Tayo.

Bus ini dijadikan sebagai salah satu wahana pendukung pariwisata. Karena kemiripan tersebutlah, ia mendadak booming di medsos dan membuat banyak kalangan gemas. Nah, Sahabat semua mau tau enggak seperti apa bentuk si Tayo ini? Berikut Boombastis.com rangkum beberapa faktanya.

Terinspirasi dari kartun Tayo: The Little Bus

Bus Tayo [Sumber gambar]
Kartun Tayo asal Korea Selatan ini ternyata tak hanya membuat senang anak kecil, tetapi menjadi ladang uang untuk warga gayam. Sang lurah, Havid Danang,mengatakan bahwa pembuatan bus ini memang terinspirasi dari kartun Tayo. Seperti dilansir melalui laman gridoto.com, “Sebelumnya saya  sudah memiliki ide membuat kereta wisata di Taman Pakujoyo. Kebetulan saat ini lagi booming bus Tayo. Makanya kemudian saya arahkan untuk membuat bus Tayo saja,” ucapnya.

Tayo yang berarti Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo [Sumber gambar]
Tayo sendiri merupakan singkatan dari Taman Pakujoyo (baca: TAman pakujoYO). Nama itu tentunya bertujuan agar warga mudah mengingatnya. Dilansir dari Kompas.com, dalam membuat Tayo, Havid menggandeng seorang pengusaha bidang pariwisata dan perbengkelan. Hasilnya, tercipta bus tingkat dua lantai yang dimodifikasi khusus untuk wisatawan.

beroperasi khusus di lokasi wisata Taman Pakujoyo

Beroperasi di jalur khusus [Sumber gambar]
Si merah bernama TaYo ini hanya difungsikan untuk kepentingan wisata di di Taman Pakujoyo, Kelurahan Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sukoharjo. Bus ini bisa menampung sekitar 30 orang pengunjung, 20 menempati lantai satu, sisanya di lantai 2. Tujuannya memang agar yang menaiki bus bisa melihat pemandangan Taman Pakujoyo melalui bagian atas yang terbuka. Lebih lengkapnya, bus ini tidak akan bersinggungan dengan kendaraan lain karena ia memiliki jalur khusus. Dengan adanya jalan sendiri, Tayo tidak akan turun ke jalan raya, kendaraan lain juga tidak bisa masuk jalur yang Tayo lalui.

Ongkos naik Tayo yang murah meriah

Taman lalu lintas Pakujoyo [Sumber gambar]
Jika di kartun The Little Bus, Tayo mengangkut penumpang dengan sukarela, di Sukoharjo penumpang harus merogoh kocek terlebih dahulu. Tapi, jangan khawatir karena naik Tayo tarifnya sangat murah meriah loh Sahabat. Dengan 5 ribu rupiah, penumpang akan diajak berkeliling menikmati pemandangan Taman Pakujoyo dan telaga sepanjang satu kilometer. Tak hanya itu, areal persawahan hijau dan lapangan luas juga akan memanjakan mata wisatawan. Soal kelayakan? Tenang, Tayo yang ini sudah melakukan uji lapangan sehingga layak naik dan bisa membuat hati senang.

BACA JUGA: 5 Mobil Nasional Buatan Indonesia yang Kini Hanya Tinggal Kenangan, Esemka Harus Berkaca

Karena bentuknya yang sangat mirip dengan karakter kartun Tayo tersebutlah, warganet ramai memperbincangkan bus ini. Bahkan, ada yang rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat si merah yang menggemaskan ini. Kalau kamu tertarik ingin melihat, bus ini beroperasi dari jam 08.00-19.00 di Taman Pakujoyo, Gayam, Sukoharjo.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Seperti Bumi dan Langit, Beginilah Beda Nasib Timnas Malaysia dengan Indonesia di Piala AFF

Pemotor Tak Pakai Helm Dilarang Isi Bensin di SPBU, Setuju atau Enggak?