in

Bung Karno dan Para Tokoh Dunia yang Tersihir oleh Kharismanya

Bung Karno dan Tokoh dunia [Sumber gambar]

Soekarno, sosok legenda hidup yang akan terus dikenang oleh seluruh rakyat meski dirinya sudah tidak lagi ada di dunia. Presiden pertama Indonesia yang disapa Bung Karno ini memang selalu membawa gebarakan, yang bahkan sampai sekarang masih terus dijadikan sebagai contoh untuk tokoh muda Indonesia.

Berkat Soekarno, Indonesia bisa dikenal luas oleh dunia. Faktanya, Bung Karno punya banyak relasi di seluruh penjuru dunia karena sifatnya yang luwes dan mudah bergaul. Bahkan, banyak tokoh dunia yang tersihir kharismanya dan menjadi sahabat dekat. Keakraban yang terjalin pastinya melampaui batas ras, suku, agama, serta ideologi.

Bung Karno dikagumi Nelson Mandela [Sumber gambar]
Mari kita mulai dengan sosok pertama. Adalah Nelson Mandela yang menaruh kekaguman besar pada Bung Karno. Mantan Presiden Afrika Selatan tersebut mengaku bahwa pidato Soekarno di KTT Asia-Afrika pada tahun 1955 yang menggebu-gebu membuat ia mau terus memperjuangkan rakyat Afrika Selatan.

Mandela sendiri pernah datang ke Bandung pada tahun 1990. Ia juga berkesempatan mengunjungi Gedung Asia-Afrika Bandung. Sayang, Mandela sempat kecewa karena tak menemukan potret Soekarno di sana. Menurutnya, semua leader negara besar mengapresiasi Soekarno ketika ia berbicara di KTT 1995. Mandela berulang menyebutkan bahwa ‘I was inspired by Soekarno’ kepada mantan ajudan sang presiden, Sidarto, seperti dilansir dari detik.com.

Sang Singa Podium ini jelas dikenal sebagai sosok yang pintar dan genius. Ada banyak sekali literatur yang membahas tentang dirinya, salah satunya adalah buku berjudul ‘Dunia dalam Genggaman Bung Karno’ yang ditulis oleh Sigit Aris Prasetyo. Buku ini memang mengulik pribadi seorang Soekarno sebagai manusia yang memiliki kharisma dan dikagumi banyak tokoh besar.

Bung Karno dan Charless de Guille [Sumber gambar]
“Datanglah dan bertanyalah kepada Pamanmu, Soekarno, jika memiliki pertanyaan-pertanyaan sulit”, hal ini dikatakan Jawaharlal Nehru kepada putrinya Indira Gandhi. Yang lebih sangar adalah pernyataan seorang pemimpin Prancis, Charless de Guille yang bilang bahwa “Saya baru saja bertemu dengan orang yang paling cerdas di muka bumi ini. Orang tersebut adalah Soekarno”.

Sosok lain dunia yang juga takluk kepada Soekarno adalah John.F. Kenndy. Bung Karno pastinya pernah kesal pada mantan presiden Amerika Serikat ini. Bagaimana tidak, John Kenndy pernah mendukung pemberontakan di beberapa wilayah Indonesia. Namun, pada tahun 1961, saat berkunjung ke Amerika, Soekarno membujuk John Kennedy agar mau memberikan helicopter guna merebut Irian Barat dari tangan Belanda. Misi ini pada akhirnya berhasil dan Kenndy akan melakukan kunjungan balik ke Indonesia. Sayang, ia lebih dahulu tewas karena tertembak.

Bung Karno dan Tokoh dunia [Sumber gambar]
Kekaguman para pemimpin dunia terhadap Soekarno ini diabadikan dalam berbagai macam hal, seperti Pohon Soekarno di Saudi Arabia, jalan-jalan yang dibuat atas namanya, masjid dengan nama Soekarno, atau prangko dengan seri foto diri seperti yang pernah ada di Prancis tahun 2008 silam.

BACA JUGA: Kisah-Kisah Persahabatan Bung Karno dan Tokoh Dunia yang Menggetarkan

Apa yang membuat orang-orang dengan nama besar respect terhadap Bung Karno? Tentu tak hanya pribadinya yang ramah, luwes saja, tertapi berpikiran terbuka dan berani juga merupakan kunci yang ada dalam diri Bung Karno. Jika Sahabat semua ingin tau lebih jauh tokoh lain yang ternyata bersahabat dengan pria bernama asli Koesno ini, bisa cek di artikel Boombastis ini.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kiprah Paman Dolit untuk Mencerdaskan Generasi 90an di Jagat Hiburan

Inilah Kebaikan-kebaikan yang Bisa Didapatkan Edy Rahmayadi Saat Mundur dari Ketua PSSI