Dari dulu bule memang kerap menjadi sesuatu yang diagung-agungkan oleh orang Indonesia. Yap, buktinya saja jika ada bule lewat di sekitar, pasti deh orang-orang yang dilaluinya seperti terpesona dengan kegantengan atau kecantikannya. Maka dari itu, enggak jarang orang tampak senang kalau daerahnya didatangi oleh turis mancanegara. Ya meskipun ia bukan aktor atau aktris ternama.

Mereka memang punya fisik yang indah, namun tak semuanya memiliki karakter baik. Seperti dilansir dari akun instagram @punapibali, beberapa waktu lalu ada sekelompok bule yang menceburkan motor-motor ke dalam kolam penginapan. Kalau motornya milik sendiri sih tak masalah. Tapi kenyataannya kendaraan bermotor tersebut merupakan kepunyaan dari rental. Waduh, macam mana pula nih bule.

Dari video yang diunggah, terlihat para wisatawan itu sedang bersenang-senang. Tak ada keraguan dalam diri mereka untuk menjatuhkan motor yang notabene milik orang lain itu ke dalam kolam. Parahnya lagi, motor juga dimain-mainkan secara kasar. Sehingga kemungkinan besar si kuda besi bisa habis bahan bakar atau hal terburuknya adalah innalillahi.

Fenomena ini pun mendapat beragam kecaman dari para netizen yang kebanyakan merupakan warga Bali sendiri. Mereka berpendapat jika peristiwa ini sudah keterlaluan. Ini dikarenakan para pemilik rental terlalu memberikan harga murah kepada si bule. Akibatnya, si turis memakai kendaraan tersebut dengan semena-mena.

Kejadian serupa di Bali [Sumber Gambar]
Hal tersebut sangat berbeda dengan penyewa yang berasal dari Indonesia sendiri. Menurut keterangan para warganet, kalau turis lokal yang meminjam, kebanyakan ditolak oleh pemilik rental. Bahkan, ada juga pemilik persewaan motor yang tak segan memberikan tarif mahal untuk turis lokal.

Kembali lagi ke masalah awal, kejadian penceburan motor ini ternyata dilakukan bukan tanpa sebab Sahabat Boombastis. Salah satu netizen @adammlna berpendapat jika itu adalah cara para bule untuk bersenang-senang. Sudah sejak lama turis asing tersebut merayakan kegembiraannya dengan cara satu ini. Bahkan di negara asalnya, kendaraan yang ditenggelamkan dalam air adalah motor gede.

Sebagai pendatang wajib ikuti aturan [Sumber Gambar]
Sebenarnya, sah-sah saja mereka merayakan kegembiraan dengan cara apapun. Tapi, lihat dulu posisi mereka di mana sekarang. Jika di Indonesia, tradisi tersebut tidak cocok dilakukan di negara kita. Bisa dibilang itu terlalu berlebihan dan tidak pantas untuk dilakukan. Sebab, motor tersebut adalah milik orang lain yang akan dikembalikan sesuai dengan tenggat waktu. Lalu, kebisingan-kebisingan yang diakibatkan oleh tarikan motor tadi dapat mengganggu ketenangan warga sekitar.

Memang selama ini warga Pulau Bali hanya bisa diam melihat tingkah laku para bule. Tapi alangkah baiknya kalau para warga mulai untuk lebih tegas kepada mereka. Iya sih, tamu adalah raja, namun kalau kelakuannya begini sepertinya kita harus mulai berani untuk menegurnya. Tak perlu dengan cara kasar, cobalah untuk berbicara dengan baik. Jangan takut melakukannya, karena ini adalah negara kita, bukan daerah mereka.

BACA JUGA : 4 Kelakuan Ngawur Bule Saat Liburan di Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Sesuai dengan peribahasa tersebut, kita harus mengikuti atau menghormati adat istiadat dari tempat yang dikunjungi. Tak peduli aturan tersebut cocok atau tidak untuk kita, adat tersebut haram untuk dilanggar. Untuk itu, bagi warga Bali yang kemungkinan besar sering melihat sendiri kejadian seperti ini, ada baiknya tidak segan menindak tegas para bule. Jangan biarkan turis-turis tersebut bersikap seenaknya di tanah kelahiran kita.